Comscore Tracker

Bertemu Local Heroes Medan di Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Grab

Event ini berlangsung di Medan pada 26-28 Februari 2020

Medan, IDN Times - Teknologi digital bisa membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang. Hal ini pula yang disadari oleh Grab. Melalui acara bertajuk "Perjalanan Penuh Inspirasi ke Medan bersama Grab" yang berlangsung pada 26-28 Februari 2020, kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi local heroes di Medan sekaligus menunjukkan dampak positif teknologi digital yang merata di seluruh Indonesia, tidak hanya di Pulau Jawa.

Tidak hanya itu, kami pun diajak berpartisipasi aktif untuk menjajal bagaimana rasanya sehari menjadi mitra GrabFood dan merchant GrabFood. Terdengar menyenangkan, bukan?

1. Bertemu Anita Tanotho, pemilik Zeribowl

Bertemu Local Heroes Medan di Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama GrabIDN Times/Nena Zakiah

Perjalanan dibuka dengan bertemu Anita Tanotho, founder Zeribowl sekaligus salah satu merchant GrabFood pada Rabu (26/2). Bisnis Taiwanese dessert dan street food yang didirikan pada tahun 2014 ini sekarang telah memiliki 8 outlet di Medan, Sumatera Utara dan Batam, Kepulauan Riau.

Menu yang dijual beragam, mulai dari dessert bowl, Taiwan crispy chicken, chicken pok-pok, hingga milk tea cheese dan brown sugar bubble milk. Saat awal berdiri, Anita mengakui kendala utamanya adalah pesanan yang banyak berdatangan, tetapi ia hanya memiliki satu orang tenaga kurir pada waktu itu.

Lalu, saat Grab mulai masuk Medan di akhir tahun 2017, Zeribowl bergabung menjadi mitra merchant GrabFood. Menurutnya, ia mengalami peningkatan omzet hingga 50 persen. Dari yang awalnya hanya memiliki 2 karyawan, kini Anita telah mempekerjakan sekitar 120 orang karyawan saat ini. What a good story to hear!

Bertemu Local Heroes Medan di Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama GrabIDN Times/Nena Zakiah

2. Tidak hanya itu, kami pun belajar membuat bubble milk tea berukuran 2 liter!

Bertemu Local Heroes Medan di Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama GrabIDN Times/Nena Zakiah

Tidak hanya mengetahui kisah sukses Zeribowl, Anita pun mengajak kami untuk membuat bubble milk tea berukuran 2 liter secara langsung. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah teh hitam, bubuk susu full cream, brown sugar boba yang sudah jadi, gula cair, air panas dan es batu.

Pertama-tama, seduh teh hitam dalam satu liter air panas, lalu diaduk dan didiamkan hingga 10 menit. Setelahnya, tuang brown sugar boba yang telah jadi dan gula cair pada botol plastik berukuran 2 liter. Masukkan bubuk susu full cream ke gelas lain, lalu tuang teh yang sudah jadi dan aduk merata hingga menjadi milk tea.

And then, tuang milk tea ke dalam botol plastik yang berisi brown sugar boba dan tambahkan es batu. Taraaa! Bubble milk tea berukuran 2 liter pun siap disajikan. Bubble milk tea ini bisa diminum oleh 5-8 orang sekaligus dan dijual dengan harga Rp89.090 (sebelum pajak). Bisa diminum bareng teman-teman, nih!

Bertemu Local Heroes Medan di Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama GrabIDN Times/Nena Zakiah

3. Selanjutnya, menjajal jadi mitra pengantar GrabFood

Bertemu Local Heroes Medan di Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama GrabIDN Times/Nena Zakiah

Tantangan tidak berhenti sampai di situ. Kami ditantang untuk menjadi mitra pengemudi GrabFood dan harus mendapatkan pesanan sebanyak-banyaknya dalam waktu 75 menit saja. Bersama dengan driver bernama Moris Aris Tarkus Tampubolon, kami mengitari Kota Medan untuk mendapatkan pesanan GrabFood.

Moris mengaku telah menjadi mitra Grab sejak tahun 2017. Biasanya, ia sering mencari orderan di jam 10.00-22.00. Menurutnya, orderan paling banyak berdatangan di jam makan siang atau makan malam. Tempat yang paling ramai orderan GrabFood adalah di sekitar Sun Plaza atau di Jalan S. Parman yang di sekitarnya ada banyak restoran chinese food, seperti Kwetiau Ateng dan Mie Asiong.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Fitur Good Doctor by Grab, Penyelamat Keluarga Kecilmu

4. Tujuannya adalah meningkatkan empati dan mengapresiasi mitra Grab

Bertemu Local Heroes Medan di Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama GrabDok. Grab Indonesia

Menurut Satrya Pinandita, public relation Grab Indonesia, acara ini bertujuan untuk memberikan pengalaman sehari menjadi mitra pengemudi GrabFood. Mungkin, orang lain berpikir kalau mengantar orang atau pesanan makanan adalah hal yang mudah. Padahal, di baliknya ada banyak tantangan yang dihadapi.

"Kami ingin membangun empati. Mungkin terkadang ada kesulitan, tetapi mereka tidak menyerah dan tetap memberikan yang terbaik. Dan kami ingin memberikan apresiasi karena mereka semua adalah local heroes yang berkontribusi besar untuk sekitarnya," ujar Dito, sapaannya.

5. Grab berkontribusi menghasilkan Rp2,66 triliun untuk Kota Medan

Bertemu Local Heroes Medan di Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama GrabDok. Grab Indonesia

Berdasarkan riset dari Tenggara Institute dan CSIS di tahun 2019, Grab meningkatkan pendapatan mitra pengemudi GrabBike sebesar 72 persen dan mitra GrabCar sebesar 86 persen. Sementara, penjualan mingguan mitra merchant GrabFood meningkat sebesar 19 persen.

Grab juga berkontribusi menciptakan lapangan kerja mitra pengemudi GrabBike dan agen GrabKios sebesar 31 persen. Selain itu, 29 persen mitra pengemudi GrabCar tidak memiliki sumber penghasilan tetap sebelum bergabung dengan Grab. Di sisi lain, di tahun 2018, Grab berkontribusi sebesar Rp2,66 triliun pada perekonomian Kota Medan
melalui penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan.

Baca Juga: Grab Promosikan Kuliner Khas Medan Lewat Menu Khusus Grab Food

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya