Comscore Tracker

7 Trik Fotografi Makro untuk Pemula, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Supaya hasil fotomu jadi luar biasa!

Apa genre fotografi favoritmu? Di antara semua genre, bisa dibilang fotografi makro adalah salah satu cabang fotografi yang tergolong sulit. Memotret objek kecil seperti serangga, detail tanaman dan hewan-hewan berukuran kecil memang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelum mulai memotret makro.

Lantas, apa saja tip dan trik yang bisa diterapkan dalam fotografi makro? Simak selengkapnya di bawah ini! Happy reading!

1. Perhatikan lensa yang dipakai

7 Trik Fotografi Makro untuk Pemula, Ini Hal yang Harus Diperhatikanborrowlenses.com

Kamu tidak harus membeli lensa khusus fotografi makro karena ada opsi lain yang bisa dicoba. Misalnya, menggunakan tabung ekstensi yang dikombinasikan dengan lensa normal atau membalikkan lensa normal dengan tabung ekstensi untuk memberi pembesaran, saran laman Peta Pixel.

Sementara, jika ingin membeli lensa khusus makro, maka panjang focal length terbaik adalah antara 90-105 mm dengan perbesaran 1:1. Lensa panjang lebih digemari karena kita bisa memotret objek dari jauh tanpa menakuti objek. Hal ini berlaku jika objek foto kita adalah binatang yang akan menjauh apabila melihat adanya gerakan atau ancaman.

2. Gunakan flash dan beri diffuser apabila minim cahaya

7 Trik Fotografi Makro untuk Pemula, Ini Hal yang Harus Diperhatikanphotographylife.com

Saat memotret objek yang sangat kecil, kita perlu memperkecil aperture untuk membuat objek menjadi lebih fokus. Dengan aperture sekecil itu, kita perlu shutter speed yang cepat untuk menjaga agar tidak terjadi guncangan. Konsekuensinya adalah gambar menjadi gelap akibat aperture kecil dan shutter speed cepat.

Mau tidak mau, kita membutuhkan flash untuk memberi tambahan cahaya. Kita bisa memakai flash eksternal dan menambahkan diffuser agar cahaya flash yang keluar tidak keras. Diffuser ini bisa dibuat dari kertas putih yang ditaruh di depan flash yang fungsinya untuk melembutkan cahaya.

3. Perhatikan angka di shutter speed

7 Trik Fotografi Makro untuk Pemula, Ini Hal yang Harus Diperhatikanyoutube.com

Dalam memotret makro, shutter speed cepat adalah hal yang mutlak diperlukan. Terlebih, jika tidak menggunakan pencahayaan tambahan seperti memakai flash. Jika shutter speed lambat, gambar akan rentan bergoncang dan menjadi blur. Laman Peta Pixel menyarankan agar memakai shutter speed di atas 1/250 detik.

Jika kamu memakai flash, maka kurangi shutter speed menjadi lebih lambat. Cahaya yang dipancarkan oleh flash akan membekukan objek secara otomatis. Apabila memakai flash, disarankan menggunakan shutter speed 1/100 detik atau di bawahnya. Namun, kekurangan memakai flash adalah bagian belakang objek akan menjadi hitam dan gelap.

4. Perhatikan depth of field

7 Trik Fotografi Makro untuk Pemula, Ini Hal yang Harus Diperhatikandpreview.com

Foto di atas adalah contoh penerapan depth of field yang sempit. Artinya, hanya titik tertentu yang tajam, sementara sisanya akan blur atau tidak fokus. Untuk mendapatkan foto seperti yang di atas, gunakan aperture besar (dengan angka yang kecil). Misalnya, memakai aperture f/1.8 atau lebih besar.

Namun, jika kamu ingin keseluruhan objek tajam, maka gunakan aperture kecil (dengan angka yang besar). Memilih depth of field sempit atau lebar bergantung pada kebutuhan dan selera masing-masing. Jika kamu ingin objek lebih detail, pakai aperture kecil, namun jika ingin foto lebih dramatis, pakai aperture besar.

Baca Juga: Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!

5. Memakai tripod akan sangat membantu

7 Trik Fotografi Makro untuk Pemula, Ini Hal yang Harus Diperhatikanmytraveltripod.com

Coba bayangkan, betapa sulitnya memotret makro tanpa tripod. Pasti hasil gambar akan shaking, kurang fokus dan blur nantinya. Goncangan juga bisa terjadi ketika kamu memencet tombol shutter atau memakai lensa dengan focal length yang panjang. Untuk mencegahnya, kamu perlu memakai tripod.

Carilah tripod yang kokoh, kuat dan fleksibel, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Selain itu, pakai tripod yang bisa diputar ke segala arah sehingga bisa memudahkanmu untuk memotret. Beberapa merek tripod yang disarankan oleh laman Architecture Lab adalah Vanguard Alta Pro 263AB 100 atau Benro SystemGo Plus FGP18A.

6. Perhatikan lokasi dan cuaca jika ingin memotret di luar ruangan

7 Trik Fotografi Makro untuk Pemula, Ini Hal yang Harus Diperhatikanexpertphotography.com

Lokasi favorit untuk memotret makro adalah di taman di mana banyak bunga, serangga atau hewan-hewan kecil berkeliaran. Namun, beberapa orang kurang memahami kapan waktu dan cuaca yang tepat untuk memotret makro. Laman Peta Pixel menyarankan untuk memotret dengan suhu 17°C atau lebih hangat dari itu.

Mengapa? Semakin hangat suhu, serangga akan semakin aktif berkeliaran. Waktu yang tepat adalah di pagi hari, mulai pukul 5-8 pagi. Jadi, kamu harus rajin bangun pagi untuk berburu foto makro, ya! Untuk cuaca, mendung akan menghasilkan cahaya yang lebih lembut dibanding kala matahari menyengat. 

7. Biasakan memotret dengan fokus manual

7 Trik Fotografi Makro untuk Pemula, Ini Hal yang Harus Diperhatikannaturettl.com

Terakhir, dalam memotret makro, biasakan diri untuk memotret dengan fokus manual. Fokus otomatis biasanya akan kurang presisi dalam menempatkan fokus dan cenderung melenceng dari keinginan kita. Maka dari itu, biasakan diri untuk memakai fokus manual dan tidak mengandalkan fokus otomatis.

Nah, itulah 7 tip dalam fotografi makro yang perlu kamu terapkan dan ketahui. Siapkan kamera dan mulai memotret, ya!

Baca Juga: 11 Perubahan Cara Memotret Sebelum vs Setelah Belajar Teknik Fotografi

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You