Comscore Tracker

4 Fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan & Jarang Digunakan

Jangan anggap remeh ya guys!

Kamera DSLR merupakan jenis kamera yang sangat digunakan pada kalangan fotografer baik yang profesional maupun pemula. Kehadirannya yang cukup canggih dengan adanya berbagai fitur yang cukup mendukung aktivitas fotografi, maka jenis kamera DSLR ini cukup banyak digemari oleh para fotografer.

Namun dibalik itu semua, terdapat berbagai fitur yang nampaknya dianggap remeh atau jarang digunakan oleh para kalangan fotografer. Sehingga, menjadikan hal ini sebagai suatu hal yang jarang atau bahkan sama sekali tidak digunakan, adapun fitur tersebut diantaranya.

1. Framing Grid pada viewfinder

4 Fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan & Jarang Digunakanhdesigntutorials.com

Fitur yang memudahkan kita untuk melihat beberapa garis horizontal dan vertikal pada viewfinder yang digunakan untuk menentukan garis lurus atau mencari patokan garis lurus pada objek yang sedang di foto. Fitur ini sangat direkomendasikan untuk berbagai jenis genre fotografi dengan garis-garis sebagai patokan.

2. Dioptri viewfinder

4 Fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan & Jarang Digunakanrevellphotography.com

Jendela bidik yang dinamai dengan Dioptri ini memiliki fungsi untuk mengatur pandangan viewfinder menjauh atau mendekat sama seperti zooming. Namun fitur ini lebih direkomendasikan kepada fotografer yang mempunyai permasalahan dalam segi pandangan mata seperti minus atau plus.

Baca Juga: 5 Smartphone Kekinian dengan Kamera Utama Lebih dari Dua

3. Light meter

4 Fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan & Jarang Digunakanphotonlab.com

Salah satu fitur yang juga tidak bisa disepelekan, dimana fitur ini digunakan untuk mengukur berapa besarnya pencahayaan yang masuk kedalam sensor. Dimana fitur ini terletak di viewfinder atau pada live view dengan indikasi jika petunjuk poin semakin ke kanan berarti pencahayaan kurang dan bila point semakin ke kiri berarti mengalami kelebihan.

4. Continous shoot

4 Fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan & Jarang Digunakanyoutube.com/ Canon Europe

Salah satu fitur yang sangat direkomendasikan sekali jika digunakan untuk melakukan pemotretan objek yang memiliki pergerakan cukup cepat. Dimana dalam setiap DSLR mempunyai kemampuannya masing-masing bisa 3 frame per detik, 4 frame per detik, 5 frame per detik dan seterusnya.

Demikian dari 4 fitur diatas semoga dapat menambah wawasan kita semua terkait penggunaan kamera DSLR yang nampaknya memiliki fitur yang jarang digunakan. Namun sangat berguna jika diaplikasikan pada kegiatan pemotretan.

Baca Juga: Cocok Buat Youtuber, 5 Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Videografi

Noto Photo Verified Writer Noto

Writing is art

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Siantita Novaya

Just For You