Comscore Tracker

Kenapa Virus Seolah Jauhi iPhone? Ternyata Ini yang Dilakukan Apple

Punya trik tersendiri nih

iPhone terkenal dengan sistem operasi nya yang kebal dengan ancaman virus. Kok Bisa? Sebagai orang yang mengikuti trend ponsel pintar, kamu tahu kalau smartphone berbasis Android sangat mudah terkena virus jahat, tapi tidak dengan iPhone.

Entah kenapa baik virus maupun malware seolah menjauhi iPhone dan lebih memilih Android untuk diserang. Tentu ada sesuatu yang terjadi pada iPhone kenapa bisa demikian. Dan ternyata, inilah yang dilakukan Apple.

1. Apple menerapkan sistem Sandboxing

Kenapa Virus Seolah Jauhi iPhone? Ternyata Ini yang Dilakukan Appledigiday.com

Apple menerapkan sistem keamanan yang dikenal dengan Sandboxing. Sistem keamanan ini akan mencegah aplikasi yang pengguna pasang untuk mengakses data dari aplikasi lain.

Selain itu, jika pengguna nekat memasang aplikasi “nakal” dengan cara hacker, aplikasi tersebut tidak akan memiliki akses lengkap ke sistem iOS karena dihalangi oleh Sandboxing. Hal yang sama juga berlaku terhadap virus. Virus yang nekat masuk, bakalan ditendang oleh Sandboxing.

2. Apple juga melakukan pembaruan iOS tepat waktu

Kenapa Virus Seolah Jauhi iPhone? Ternyata Ini yang Dilakukan Appleapple.com

Apple selalu menjaga sistem operasi mereka tetap up to date. Cara ini efektif untuk melindungi perangkat dari virus dan malware. Sebenarnya cara Apple ini merupakan keunggulan mereka ketimbang Android.

Saat Apple merilis sistem operasi iOS terbaru, maka semua perangkat yang kompatibel akan mendapatkan pembaruan itu. Dan inilah jawaban untuk tahu kenapa sebagian besar pengguna iPhone selalu menjalankan sistem operasi versi terbaru.

Sementara Android butuh waktu berbulan-bulan bagi sebagian pengguna untuk mendapatkan pembaruan terbaru.

3. Apple mengontrol dengan sangat ketat Apps Store

Kenapa Virus Seolah Jauhi iPhone? Ternyata Ini yang Dilakukan Applecnet.com

Ibarat rumah yang dikelilingi dengan pagar kokoh, dilengkapi teknologi canggih, dan pengawasan ketat, maka maling akan kesulitan untuk masuk ke dalam. Seperti itulah Apps Store yang dikelola Apple. Jika ada pihak pengembang yang ingin memasukkan aplikasi mereka di sana, maka Apple akan memeriksanya terlebih dahulu.

Saat ditemukan kode-kode berbahaya, pihak Apple akan menolak aplikasi itu. Ini membuat pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS tetap aman. Seperti yang kita ketahui, App Store adalah satu-satunya tempat bagi pengguna iPhone untuk mendownload aplikasi. Ketika tempat itu aman, maka amanlah ponsel pintar pengguna.

Nah, melihat apa yang dilakukan Apple, wajar jika virus seolah menjauhi iPhone dan lebih memilih Android untuk diserang. Pasalnya, sistem keamanan Android belum sebagus milik Apple. Yah, sepertinya pihak Apple tidak ingin mengecewakan konsumennya yang telah rela menghabiskan banyak uang untuk 1 ponsel pintar mereka.

Line Ads

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You

I Want More !