Comscore Tracker

5 Aplikasi File Manager Terbaik untuk Android

Mengelola file di smartphone jadi semakin mudah

Aplikasi file manager yang baik sangat penting untuk perangkat Android apa pun. Ini membantumu dalam menemukan folder maupun unduhan, mengelola penyimpanan perangkatmu, mentransfer file, membuat perubahan pada file internal dan banyak lagi. Dengan kata lain, file manager yang kompeten memungkinkan kamu mengambil alih perintah perangkatmu sepenuhnya.

Namun, karena beberapa alasan yang tidak jelas, itu bukan standar untuk setiap perangkat berbasis Android. Meskipun sebagian besar smartphone muncul dengan file manager pabrik, mereka masih kekurangan kecepatan dan fitur lain yang diperlukan sehingga membuat pengguna hanya memiliki satu pilihan: aplikasi pihak ketiga. Maka, berikut ini lima aplikasi file manager terbaru dan paling berguna untuk Android yang bisa kamu gunakan.

1. File Expert

5 Aplikasi File Manager Terbaik untuk Androidshriramproperties.com

Dengan File Expert, kamu dapat mengambil alih kendali penuh perangkatmu dalam arti sebenarnya. Ini memungkinkan kamu mengelola folder dan file yang terletak secara internal, di SD card atau di penyimpanan cloud. Kamu memiliki opsi untuk melihat file berdasarkan kategori atau tanggal modifikasi.

Aplikasi ini menampilkan recycle bin, tempatmu dapat memulihkan file yang dihapus, kotak pengaman untuk menjaga file sensitif tetap terkunci. Pengguna perangkat juga dapat memanipulasi izin file dan memodifikasi file sistem. Salah satu fitur yang sangat keren dari File Expert adalah kamu dapat membuat penyimpanan cloud  pribadi dan mengaksesnya di mana saja maupun kapan saja.

2. Ghost Commander File Manager

5 Aplikasi File Manager Terbaik untuk Androidseleqt.net

Ghost Commander File Manager adalah aplikasi sumber terbuka yang dirancang khusus untuk mengatasi semua kebutuhan manajemen file milikmu. Ini menggunakan sistem panel ganda yang memudahkan manajemen file, baik kamu mengontrol file secara lokal atau jarak jauh dari perangkat lain.

Aplikasi ini juga mendukung server FTP dan SFTP serta layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox (melalui plugin). Fitur lain termasuk, editor built-in-text dan dukungan arsip ZIP. Terakhir namun tidak kalah pentingnya, aplikasi ini sangat dapat disesuaikan, artinya kamu dapat mengubah penampilannya sesuai keinginanmu.

3. MiXplorer

5 Aplikasi File Manager Terbaik untuk Androidnovahax.com

MiXplorer adalah aplikasi manajemen file lengkap untuk perangkatmu. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengelola semua file dan folder dengan mudah tanpa kesulitan. Tidak hanya menawarkan fitur manajemen file dasar seperti menyalin dan memindahkan file, menyesuaikan folder individual, serangkaian fitur canggih juga tersedia. Kamu dapat membuat dan mengekstrak file terkompresi di hampir setiap format file arsip populer, termasuk ZIP, 7z, TAR, RAR dan ISO. Selain itu, dapat dengan mudah dihubungkan ke akun penyimpanan cloud milikmu.

Baca Juga: Cara Menggabungkan File PDF dengan 7 Software Sederhana Ini

4. X-plore File Manager

5 Aplikasi File Manager Terbaik untuk Androidtechtippr.com

Apakah kamu mencari aplikasi manajemen file yang kuat dengan antarmuka yang bersih dan klasik? Jika ya, maka X-plore File Manager adalah yang kamu inginkan. Aplikasi ini memiliki penjelajah file ganda dan tampilan cabang folder untuk memudahkan peralihan maupun transfer file.

Semua fitur file manager dasar seperti menyalin, menempel, dan mencopot aplikasi lain ada di sana. Kamu dapat mengakses file dari browser Desktop. Aplikasi ini juga mendukung server FTP dan FTPS. Pengguna juga dapat menjelajahi dan membuat perubahan pada data perangkat yang sensitif. Kamu juga dapat memilih pembelian dalam aplikasi untuk mendapatkan fitur seperti transfer file SSH, berbagi file melalui WI-Fi dan pemutar media untuk musik maupun video.

5. Total Commander

5 Aplikasi File Manager Terbaik untuk Androidapkpure.com

Akhirnya, Total Commander adalah file manager yang ideal untuk setiap smartphone Android. Aplikasi ini memiliki sistem manajemen file komprehensif, yang memungkinkan kamu untuk menyalin, menempel, menghapus dan membuat file atau folder baru. Kamu juga dapat membuat file terkompresi dan memanipulasi izin.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini sebagai klien FTP dan SFTP serta memiliki akses LAN dengan bantuan plugin terpisah. Ini juga dilengkapi dengan editor teks dan pemutar media bawaan yang memungkinkan kamu memutar video favoritmu langsung dari LAN. Selain itu, aplikasi ini mendukung lebih dari 30 bahasa dan dialek internasional.

Baca Juga: Sangat Berguna! Ini 7 Fitur Unik Google Files Go yang Perlu Kamu Tahu

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You