Comscore Tracker

Google Search Ulang Tahun ke-20, Yuk Coba 7 Fitur Keren Terbarunya!

Fitur-fitur ini membuat Google search semakin fungsional

Berumur tepat 20 tahun, Google Search sudah berkontribusi bagi dunia internet. Sebagai salah satu mesin pencari utama, Google Search sudah menjadi tempat mencari segala jawaban. Untuk merayakan ulang tahunnya ini, Google terus mengembangkan dirinya. Ini 7 fitur terbaru yang ada di Google Search!

1. Activity Card

Google Search Ulang Tahun ke-20, Yuk Coba 7 Fitur Keren Terbarunya!thenextweb.com

Activity Card memiliki fungsi agar kamu bisa lebih mudah mencari informasi terkait seperti yang sudah kamu cari sebelumnya. Activity Card akan menampilkan hasil pencarian terkait dan semua halaman yang kamu kunjungi sebelumnya yang terkait dengan topik tersebut. Merasa terganggu dengan Activity Card? Bisa kamu matikan kok.

2. Search Collection

Google Search Ulang Tahun ke-20, Yuk Coba 7 Fitur Keren Terbarunya!thenextweb.com

Fitur Search Collection, seperti namanya memungkinkan kamu mengumpulkan hasil pencarianmu ke dalam satu koleksi. Fitur ini juga akan merekomendasikan kepadamu beberapa link relevan yang mungkin akan kamu butuhkan. Fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang melakukan penelitian atau mungkin mencari info-info traveling, tinggal kamu save hasil-hasil pencarianmu itu di satu koleksi.

3. AMP Stories

Google Search Ulang Tahun ke-20, Yuk Coba 7 Fitur Keren Terbarunya!theverge.com

Dimulai dari stori di snapchat hingga semakin booming di Instagram, Google juga tidak mau kalah. Namun, stori ini belum bisa dibuat oleh semua pengguna. Google menggunakan Artificial Intelligent untuk membuat AMP Stories tentang baik selebriti maupun athlete. Saat kita mencari tentang sosok publik tersebut, stories tentangnya akan muncul pada hasil pencarian kita. Lebih jelasnya langsung lihat di video diatas yah.

Baca Juga: Tipe Pengguna Google Search Seperti Apakah Kamu?

4. Featured Videos

Google Search Ulang Tahun ke-20, Yuk Coba 7 Fitur Keren Terbarunya!aolcdn.com

Google sekarang akan menampilkan video pilihan yang terkait dengan topik yang kamu cari, serta subtopik terkait. Misalnya, kalau kamu menelusuri Zion National Park, kamu akan melihat video yang terkait dengan setiap atraksi di taman nasional itu. Sangat mempermudah pencarian kan?

5. Google Lens di pencarian Google Images

Google Search Ulang Tahun ke-20, Yuk Coba 7 Fitur Keren Terbarunya!engadget.com

Pada hasil Google Images, sebuah tombol Lens baru akan muncul di bagian bawah setiap gambar. Kalau disentuh, lens itu akan menunjukkan kepadamu apa yang dianggapnya sebagai bagian menarik dari setiap foto, dan menunjukkan kepadamu produk serupa.

Dalam gambar ruang tidur bayi misalnya, Lens akan menyorot boks tidur dan memunculkan opsi lain yang mungkin kamu sukai. Itu seperti yang dilakukan Google Lens pada kamera smartphoneSayangnya, Lens for Google Images hanya tersedia di perangkat seluler untuk saat ini, tetapi semoga itu akan segera hadir di peramban desktop ya.

6. Discover

Google Search Ulang Tahun ke-20, Yuk Coba 7 Fitur Keren Terbarunya!thenextweb.com

Google memperkenalkan tab baru yang disebut Discover di aplikasi pencariannya di mana semua rekomendasi berdasarkan minatmu akan muncul. Google mengatakan kalau kamu akan melihat lebih banyak video dan artikel yang sudah tidak baru di internet, tetapi mungkin baru bagimu.

7. Pathways

Google Search Ulang Tahun ke-20, Yuk Coba 7 Fitur Keren Terbarunya!theverge.com

Fitur Pathways bekerja sama dengan Goodwill membantu para pencari kerja untuk lebih mudah menemukan lowongan pekerjaan idamannya. Bukan hanya membantu memberi lowongan,  Pathways juga bisa memberi rekomendasi job training yang bisa diambil berkaitan dengan pekerjaan itu sehingga para calon pelamar bisa semakin siap sebelum melamar di posisi yang diinginkan.

Tambah menarik kan sekarang? Google Search yang sudah sangat membantu kehidupan bahkan semakin fungsional dengan fitur-fitur terbarunya. Yuk langsung dicoba-coba.

Baca Juga: 11 Tips untuk Pakai Google Search Secara Maksimal, Efektif dan Efisien

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya