Comscore Tracker

Gunakan Kembali HP Lama dengan Cara Kreatif Ini, Yuk Coba

Salah satunya bisa jadi kamera keamanan

Model smartphone selalu berganti nyaris setiap bulan. Tak sedikit pula orang yang senang bergonta-ganti smartphone. Fitur-fitur canggih yang semakin dipoles menjadi salah satu alasan orang kerap mengganti smartphone.

Ada yang menjual HP lama mereka untuk mendapatkan uang tambahan, ada juga yang membiarkan HP lamanya terbengkalai dan tidak digunakan lagi. Faktanya, smartphone lama bisa digunakan kembali dengan berbagai macam cara, lho. 

Baik itu sebagai penyimpanan ekstra atau sebagai kamera keamanan, kamu bisa menggunakan smartphone lamamu dengan cara yang kreatif. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan smartphone lama kamu. 

1. Gunakan sebagai kamera webcam

Gunakan Kembali HP Lama dengan Cara Kreatif Ini, Yuk Cobailustrasi smartphone sebagai webcam (unsplash.com/Jeroen den Otter)

Jika kamu mempunyai smartphone lama yang sudah tidak digunakan tapi masih berfungsi dengan baik, kamu bisa mengubahnya menjadi kamera webcam. Cara ini sangat cocok jika kamera laptopmu mempunyai kualitas yang kurang bagus. 

Kamu bisa menggunakan berbagai cara untuk mengubah smartphone menjadi webcam. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi seperti DroidCam, Camo, atau EpocCam Webcam. 

2. Gunakan sebagai remot universal

Gunakan Kembali HP Lama dengan Cara Kreatif Ini, Yuk Cobailustrasi smartphone sebagai remot universal (unsplash.com/Mika Baumeister)

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna alat elektronik antara lain banyaknya remot yang digunakan untuk perangkat yang berbeda-beda. Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan menjadikan HP lamamu sebagai remot universal.

Download aplikasi remot kontrol seperti iRule untuk menyambungkan HP lamamu dengan perangkat-perangkat elektronik seperti TV, AC, atau lampu. Dengan begini, kamu hanya memerlukan satu remot untuk mengontrol barang elektronik yang ada di rumahmu. 

3. Gunakan sebagai kamera keamanan

Gunakan Kembali HP Lama dengan Cara Kreatif Ini, Yuk Cobailustrasi smartphone sebagai kamera keamanan (unsplash.com/ThisisEngineering RAEng)

Kamu bisa mengubah HP lamamu menjadi kamera keamanan. Salah satu caranya  dengan mengunduh aplikasi kamera keamanan seperti Alfred. Letakkan HPmu di tempat yang strategis untuk mendapatkan gambaran terbaik.

Kamu juga bisa menempatkannya di luar rumah untuk melihat aktivitas mencurigakan atau siapa yang sedang mengetok pintu rumahmu. Pastikan kamu menempatkan HP tersebut di lokasi yang tersembunyi agar tidak diambil orang lain. 

Baca Juga: 5 Shortcut Menarik pada iPhone, Sangat Berguna!

4. Gunakan sebagai monitor bayi

Gunakan Kembali HP Lama dengan Cara Kreatif Ini, Yuk Cobailustrasi monitor bayi (pexels.com/Clarck Cruz)

Menjadikan HP sebagai monitor bayi bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi Skype di HP lama dan HP utamamu. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi monitor bayi seperti Dormi untuk memantau keadaan bayi saat kamu sedang melakukan aktivitas lain.

Dengan begini, kamu tidak perlu mengecek kamar bayi setiap beberapa menit. Cukup dengan melihat layar Hp, kamu bisa memastikan apakah keadaan bayi baik-baik saja. Kamu tentunya bisa menjadi lebih tenang dengan adanya monitor bayi.  

5. Gunakan sebagai pemutar musik

Gunakan Kembali HP Lama dengan Cara Kreatif Ini, Yuk Cobailustrasi pemutar musik smartphone (unsplash.com/Kenny Eliason)

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa memberikan ruang penyimpanan lebih untuk HP baru kamu. Karena HP lamamu sudah tidak digunakan, kamu bisa menambahkan lagu sebanyak-banyak tanpa harus khawatir memori perangkat menjadi penuh.

Kamu bisa menyambungkannya ke speaker di rumah atau di mobil. Hal terbaik dari cara ini adalah kamu tidak perlu khawatir akan pesan atau panggilan masuk yang bisa mengganggu musik yang sedang kamu putar. 

6. Gunakan untuk menyimpang foto dan video

Gunakan Kembali HP Lama dengan Cara Kreatif Ini, Yuk Cobailustrasi kamera iPhone (unsplash.com/Josh Power)

Foto dan video bisa memakan banyak memori perangkat kamu. Kamu bisa menggunakan HP lama kamu sebagai memori tambahan. Kamu bisa mengirim foto dan video secara langsung atau menggunakan komputer jika jumlahnya terlalu banyak.

Kamu juga bisa memindahkan foto dan video untuk keperluan kantor ke HP lama agar tidak tercampur. Contohnya seperti catatan presentasi, desain poster, atau video meeting yang harus disimpan sebagai dokumentasi. 

Sekarang, kamu jadi tahu cara-cara kreatif untuk menggunakan HP lama yang sudah tidak terpakai. Pastikan kondisi HP lama yang ingin digunakan masih dalam keadaan baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikan komentar di bawah ini jika kamu mempunyai tips menggunakan HP lama lainnya. 

Baca Juga: 6 Fitur Menarik Siri yang Jarang Diketahui, Mengagumkan!

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya