Comscore Tracker

Google Resmi Luncurkan Duo, Aplikasi Video Call untuk Semua Orang

Kamu harus pasang!

Google telah meluncurkan aplikasi video call, Duo, untuk platform Android dan iOS. Aplikasi tersebut kini telah didistribusikan melalui toko aplikasi masing-masing platform sejak hari Selasa 16 Agustus 2016 kemarin.

Google Resmi Luncurkan Duo, Aplikasi Video Call untuk Semua Orangidntimes.com

Aplikasi ini bisa bekerja lintas platform. Artinya, pengguna Duo bisa menelepon dengan ponsel Android ke iPhone, atau sebaliknya. Kendati demikian, pengguna Android dan iOS di Indonesia belum bisa mengunduh aplikasi ini. Akan tetapi, mereka bisa melakukan pendaftaran agar diberitahu bila aplikasi ini sudah tersedia dan bisa diunduh.

Duo dikembangkan berdasarkan teknologi web real-time communication (WebRTC) dan bekerja menggunakan jaringan mobile. Teknologi ini dibuat untuk menyederhanakan panggilan telepon video.

Apa yang beda dari video call Duo ini?

Google Resmi Luncurkan Duo, Aplikasi Video Call untuk Semua Orangidntimes.com

Pembeda Duo dengan aplikasi video call lain adalah fitur berupa “Knock Knock”. Fitur ini mirip preview video satu arah yang hanya bisa dilihat penerima telepon. Pengguna akan melihat video si peneleponnya sebelum memutuskan akan menerima panggilannya atau tidak.

Knock Knock hanya muncul jika si penelepon ada di dalam daftar kontak. Dengan fitur ini, penerima telepon diharapkan bisa tahu penelepon sedang apa dan ingin membicarakan tentang apa.

Duo merupakan satu dari empat aplikasi messaging Google. Aplikasi lain adalah Allo yang juga ditujukan untuk pengguna mobile, selain Messenger dan Hangouts yang juga telah dimiliki sebelumnya.

Kelebihan Duo dibandingkan yang lain.

Melalui keterangan tertulisnya, Google menyatakan bahwa Duo memiliki tiga kelebihan, antara lain sebagai berikut:

1. Mudah digunakan.

Google Resmi Luncurkan Duo, Aplikasi Video Call untuk Semua Orangidntimes.com

Aplikasi Duo didesain untuk memberikan kemudahan saat digunakan. Hanya dengan nomor telepon, kamu bisa langsung menghubungi orang-orang didaftar kontak. Kamu juga gak perlu lagi membuat akun terpisah. Kamu hanya tinggal melakukan sign up dan mulai menelepon.

2. Cepat dan bisa bekerja dalam koneksi yang lambat sekalipun.

Google Resmi Luncurkan Duo, Aplikasi Video Call untuk Semua Orangidntimes.com

Duo dibuat untuk memberikan pengalaman berkomunikasi yang cepat dan tidak merepotkan, jadi video call bisa terhubung dengan cepat dan tetap bekerja meski Anda berada pada koneksi yang lambat. Kualitas panggilan akan mengikuti perubahan jaringan, dan saat bandwidth terbatas, Duo akan secara otomatis mengurangi resolusi gambar agar panggilan tetap mulus.

Duo juga bisa secara otomatis beralih dari Wi-Fi ke jaringan ponsel (dan sebaliknya) tanpa memutus panggilan. Jadi, saat memulai telepon dari rumah dengan koneksi Wi-Fi, kamu tetap bisa berbicara tanpa putus ketika melangkah keluar dan mulai menggunakan jaringan ponsel.

3. Desain yang elegan dan familiar.

Google Resmi Luncurkan Duo, Aplikasi Video Call untuk Semua Orangidntimes.com

Duo didesain untuk memberikan perasaan hangat dan familiar, fokus pada kamu dan orang yang dihubungi. Agar panggilan telepon terasa lebih seperti undangan dan bukan gangguan, Duo menciptakan fitur Knock Knock.

Fitur tersebut mengizinkan kamu melihat penelepon sebelum menjawab panggilan. Kamu pun bisa tahu lebih dulu siapa dan tujuan panggilan yang masuk.

Jadi, apa kamu sudah siap buat pasang?

Topic:

Berita Terkini Lainnya