Comscore Tracker

Kenali Fungsi Exhaust Fan untuk Ruangan yang Anti Pengap

Cocok untuk ruangan yang lembab!

Salah satu elemen penting untuk mendapatkan kenyamanan di dalam ruangan adalah melalui sistem sirkulasi udara yang baik. Selain diwujudkan dengan keberadaan ventilasi yang mumpuni,  kita bisa mengupayakan kualitas udara yang baik dengan menggunakan alat elektronik yang mempunyai fungsi terkait. 

Fungsi exhaust fan berkaitan dengan menjaga sirkulasi udara dan menghindarkan dari efek buruk rendahnya kualitas udara. Dengan menempatkan exhaust fan di lokasi-lokasi strategis, kita bisa memperoleh berbagai manfaat. 

Lalu mengenai apa itu exhaust fan, dan bagaimana saja fungsi exhaust fan, akan kita pelajari bersama lewat artikel berikut ini.

1. Mengenal exhaust fan

Kenali Fungsi Exhaust Fan untuk Ruangan yang Anti Pengapilustrasi exhaust fan (pexels.com/Min An)

Exhaust fan adalah jenis kipas yang digunakan untuk mengendalikan lingkungan interior dengan menghilangkan bau, asap, kelembapan, dan kontaminan lain di udara yang tidak diinginkan. Exhaust fan juga dapat diintergrasikan ke dalam sistem pemanas dan pendingin ruangan. 

Dengan fungsi exhaust fan yang telah disebutkan, lokasi penempatan jenis kipas tersebut cenderung berada di ruangan tertentu yang rentan terhadap masalah akibat kelembapan lokal. Misalnya ruang dapur, kamar mandi,  tempat mencuci pakaian, atau bahkan sauna. 

Pada umumnya exhaust fan mudah untuk dipasang, sehingga dapat ditempatkan di banyak lokasi lainnya. Pemasangannya sendiri membutuhkan beberapa alat dan menggunakan listrik sebagai sumber energi. 

2. Cara kerja exhaust fan

Kenali Fungsi Exhaust Fan untuk Ruangan yang Anti Pengapilustrasi exhaust fan di dinding (pexels.com/Nothing Ahead)

Exhaust fan bekerja dengan cara menyedot udara yang panas atau lembab dari area kecil yang terlokalisasi, lalu memungkinkan udara segar masuk dari ventilasi lain untuk menggantikan udara tersebut. 

Exhaust fan menggunakan motor untuk memutar bilahnya, yang berfungsi untuk menarik udara keluar dari ruangan. Lalu udara yang pengap, lembab, atau terkontaminasi didorong melalui ventilasi pembuangan agar keluar dari ruangan. 

Karena exhaust fan beroperasi menggunakan listrik, itu dapat dikontrol oleh sakelar dinding. Beberapa model bahkan dilengkapi dengan termostat yang memberi sinyal pada unit untuk menyala, ketika suhu tertentu tercapai di area pemasangan.

Melansir Build, kipas ini hanya efektif di ruangan kecil. Kipas yang mampu bergerak sekitar 2 meter kubik per detik biasanya menyediakan ventilasi yang cukup. Untuk area yang lebih luas, dibutuhkan sistem ventilasi yang lebih besar. 

Baca Juga: 9 Tips Merawat Kipas Angin Agar Bisa Digunakan Jangka Panjang

3. Fungsi exhaust fan secara umum

Kenali Fungsi Exhaust Fan untuk Ruangan yang Anti Pengapilustrasi exhaust fan di jendela (pexels,com/Esmihel Muhammad)

Keunggulan exhaust fan dibanding jenis kipas biasa atau AC adalah pada fungsi sirkulasinya. Di mana melalui peran ventilasi yang diberikan, penggunaan exhaust fan sangat bermanfaat bagi rumah, kualitas udara dalam ruangan, dan kenyamanan penghuni, mengutip HVAC.

Dari penjebaran sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa fungsi-fungsi exhaust fan yaitu: 

  • Menurunkan suhu ruangan: Exhaust fan dapat dengan cepat mendinginkan area yang menjadi terlalu panas akibat aktivitas seperti memasak atau mandi. Dengan membuang udara panas ke luar ruangan, exhaust fan bisa mengurangi suhu ruangan tanpa menggunakan sistem pendingin udara.
  • Mengurangi kelembapan: Exhaust fan menghilangkan kelembapan berlebih yang dapat merusak rumah. Kondensasi dari penggunaan air panas dapat terbentuk di dinding, langit-langit, dan permukaan lainnya dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. 
  • Mengurangi kontaminan di udara: Exhaust fan bisa mengurangi penumpukan zat kimia dan kontaminan lain yang terdapat dalam kandungan bahan pembersih ruangan. Bahan kimia yang dibiarkan mengendap akan berbahaya bila dihirup. 
  • Menghilangan bau: Exhaust fan juga berguna di garasi dan bengkel untuk ventliasi ruangan. Kedua area tersebut dapat menghasilkan bau kuat yang memungkin pekerja berinteraksi dengan bahan-bahan kimia. Kipas ini dapat dimanfaat untuk menghasilkan udara yang lebih segar, sehingga bau dan asap dari cat atau pernis dapat hilang. 
  • Meningkatkan kualitas udara:  Pada akhirnya exhaust fan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan cara menghilangkan bau, kelembapan,  dan kontaminan. Proses ventilasi yang memadai memungkinkan udara stagnan dikeluarkan dari rumah, diganti dengan udara baru untuk mengisi ruang. 

4. Fungsi exhaust fan di dapur

Kenali Fungsi Exhaust Fan untuk Ruangan yang Anti Pengapilustrasi exhaust fan di dapur (pexels.com/Dmitry Zvolskiy)

Menurut Home Question Answer, pada umumnya fungsi exhaust fan dimanfaatkan untuk lingkungan seperti dapur. Lokasi tersebut cenderung dipenuhi uap yang dapat mendorong perkembangan jamur. Sehingga exhaust fan digunakan untuk melepaskan udara hangat dan lembab ke luar, dengan cara yang tidak membahayakan.   

Exhaust fan juga dapat mengeluarkan bau masakan ke luar sehingga tidak berlama-lama di dalam ruangan. Misal saat orang memasak makanan berasap, exhaust fan dapat membantu menjaga udara di dalam dan sekitar dapur tetap bersih.

Tudung asap di atas kompor tanam di dapur adalah salah satu jenis exhaust fan. Rancangan tersebut dimaksudkan untuk menyedot asap yang keluar dari atas kompor agar tidak menyebar ke ruangan. 

5. Fungsi exhaust fan di kamar mandi

Kenali Fungsi Exhaust Fan untuk Ruangan yang Anti Pengapilustrasi exhaust fan (pexels.com/Medeiros)

Karakteristik yang identik dengan kamar mandi adalah tempat yang lembab dan memiliki bau khas. Meski kelembapan adalah aspek penting dari kamar mandi agar berfungsi dengan baik, tapi kelembapan berlebihan dapat menyebabkan cat dinding kamar mandi mengelupas dan rusak. 

Salah satu keuntungan terbaik dari penggunaan exhaust fan adalah alat itu bisa mengatur tingkat kelembapan menjadi lebih rendah. Mengurangi kelembapan bisa mencegah penumpukan jamur, yang lebih sulit lagi dihilangkan. 

Lalu bila ada bau-bau tak sedap di kamar mandi, exhaust fan juga bisa bekerja optimal untuk membuang aroma tersebut. Sistem ventilasi pada exhaust fan dapat membantu menjaga kamar mandi terpelihara dengan baik, serta menawarkan suasana yang lebih segar bagi orang yang akan menggunakan selanjutnya. 

Keutamaan fungsi exhaust fan sebagai pengatur sirkulasi udara memungkinkan suatu ruangan memiliki kualitas udara yang baik, sekalipun dalam keadaan tertutup. Harap diingat bahwa efektivitas exhaust fan sangat bergantung pada ukuran ruangan, dan laju aliran udara yang diperlukan untuk area tersebut. Jadi, untuk setiap ruangan membutuhkan pengukuran tertentu agar bisa mengoptimalkan fungsi exhaust fan.

 

Penulis:  Dian Rahm Fika Alnina

Baca Juga: Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar, Dijamin Efektif!

Topic:

  • Bella Manoban
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya