Comscore Tracker

8 Potret The Onsen Hot Spring, Tempat Wisata Ala Jepang di Batu Malang

Nggak perlu jauh-jauh liburan ke Jepang, di Indonesia juga ada

Kota Batu Malang, selalu populer dengan objek wisatanya yang menarik dan antimainstream. Malang menjadi salah satu tempat yang tepat dijadikan sebagai destinasi wisata. Jika di Jawa Barat memiliki Kyotoku Floating Market, Kota Batu tak mau kalah. Baru-baru ini, Malang memiliki resort bernuansa Jepang, bernama The Onsen Hot Spring.

Sebelumnya Songgoroti terkenal dengan tempat wisata taman, pusat perbelanjaan oleh-oleh dan pemandian air panas. Kehadiran The Onsen Hot Spring mengajak wisatawan untuk merasakan sensasi di Negeri Sakura baik dari desain interior, taman, eksterior penginapan hingga kulinernya. The Onsen Resort merupakan satu-satunya resort di Batu yang bernuansa Jepang. Obyek wisata ini resmi dibuka pada Desember 2017 lalu. Lokasinya yang berada di Jl. Arumdalu, Songgokerto, Batu menyuguhkan hawa sejuk dengan landscape pegunungan dan sawah yang menawan dan menyejukkan mata. Yuk simak ulasan berikut:

1. The Onsen Hot Spring menyediakan 25 cottages yang menyerupai rumah tradisional Jepang

8 Potret The Onsen Hot Spring, Tempat Wisata Ala Jepang di Batu Malangikasukma57.blogspot.co.id

Hampir semua desain interior di sini menggunakan bahan kayu dan dibentuk model panggung. Setiap jajaran pondok (cottage) dinamai kota-kota yang ada di Jepang seperti Tokyo, Osaka, Kyoto dsb.

2. Pengunjung dapat merasakan sensasi menginap di Ryokan layaknya penduduk asli Jepang

8 Potret The Onsen Hot Spring, Tempat Wisata Ala Jepang di Batu Malangtheonsenresort.com

Ryokan adalah sebuah kamar dengan lantai tatami (bantal duduk), kasur futon (kasur tipis seperti bedcover) dengan ruangan dari kayu yang khas. Sejarah ryokan di Jepang dulunya menjadi pemberhentian para wisatawan. Hal ini terus berlanjut hingga sekarang. Kamar yang ditawarkan adalah tipe 2 dan tipe 3.

3. Menikmati berendam air panas (onsen) alami asli Songgoroti

8 Potret The Onsen Hot Spring, Tempat Wisata Ala Jepang di Batu Malangtraveloka.com

Di Jepang, onsen merupakan istilah tempat pemandian air panas yang terpisah untuk pria dan wanita. Tradisi berendam air panas ini, sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu. Pengunjung yang tidak menginap bisa merasakan sensasi berendam di onsen publik dengan membayar Rp 100.000.

4. Taman dengan jembatan merah dan gerbang kuil mirip dengan aslinya

8 Potret The Onsen Hot Spring, Tempat Wisata Ala Jepang di Batu Malangbooking.com

Torii di Kyoto merupakan gerbang tradisional Jepang yang umumnya dapat dijumpai di jalan masuk ke Kuil Shinto, kuil Buddha di Jepang. Di resort ini, jembatan merah menjadi tempat instagramable, sehingga cocok untuk berswafoto dengan latar belakang pegunungan layaknya di Jepang.

5. Merasakan ritual minum teh ala Jepang di Chaya Venue

8 Potret The Onsen Hot Spring, Tempat Wisata Ala Jepang di Batu Malangindonesia.tripcanvas.co

Ritual minum teh ala Jepang sudah ada sejak zaman dulu. Tradisi ini disebut chatō. Sedangkan upacara minum teh yang dilakukan di luar ruangan disebut nodate. Pengunjung dapat menikmati ritual minum teh yang berbeda.

6. Berdandan ala Jepang dengan mengenakan Yukata

8 Potret The Onsen Hot Spring, Tempat Wisata Ala Jepang di Batu Malangmalangtoday.net

Ingin berdandan ala wanita Jepang? The Onsen Hot Spring menyediakan sewa yukata (kimono) lengkap dengan bakiak, aksesoris rambut, obi, pita dll seharga Rp 150.000/orang selama 2 jam. Sedangkan biaya sewa untuk pria dan anak-anak dikenakan harga Rp 100.000.

7. Menikmati suguhan berbagai hidangan khas Jepang di Fushimi Japanese Restauran

8 Potret The Onsen Hot Spring, Tempat Wisata Ala Jepang di Batu Malangtheonsenresort.com

Pengunjung bisa masuk ke area restauran (restoran Fushimi) dan mencicipi aneka hidangan khas Jepang seperti, ramen, sushi, sashimi, dsb. Jika tidak suka masakan Jepang, Fushimi juga menyediakan hidangan barat/internasional dan masakan Indonesia.

8. Belajar kerajinan tangan khas Jepang: Ikebana dan Origami

8 Potret The Onsen Hot Spring, Tempat Wisata Ala Jepang di Batu Malanginstagram.com/Akihimediane

Di The Onsen Hot Spring, pengunjung akan diperkenalkan beberapa budaya yang memiliki nilai seni yang tinggi, seperti: ikebana yaitu seni merangkai bunga dan origami yaitu seni melipat kertas untuk membentuk berbagai karakter unik.

Untuk bisa masuk ke resort ini, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 50.000. Belum termasuk biaya sewa penginapan, kostum, dan onsen. Nah bagaimana, tertarik liburan ke sini?

Afifah Khoirunnisa Photo Verified Writer Afifah Khoirunnisa

Suka menulis prosa dan puisi. Boleh mampir lho ke instagramku @afififah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya