Comscore Tracker

Wisata Anti Mainstream, 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Labuan Bajo 

Labuan Bajo bukan hanya Taman Nasional Komodo #LokalIDN

Ada berbagai pilihan destinasi wisata yang bisa kamu kamu temukan di Labuan bajo yang sangat menarik untuk kamu kunjungi.

Salah satu yang paling terkenal dan langsung terpikirkan oleh para wisatawan ketika mendengar tentang Labuan Bajo biasanya langsung tertuju pada Taman Nasional Komodo. Padahal tanpa berlayar ke Taman Nasional Komodo, ada juga banyak kegiatan dan tempat-tempat menarik yang bisa kamu temukan di sekitar Labuan Bajo.

Berikut ini 5 hal yang bisa kamu temukan dan lakukan di Labuan Bajo. 

 

1. Menikmati pantai-pantai yang tak kalah indah dari yang ada di Taman Nasional Komodo 

Wisata Anti Mainstream, 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Labuan Bajo instagram.com/dinnylimbong

Tanpa perlu berlayar terlebih dahulu ke pulau-pulau di Taman nasional Komodo, kamu juga bisa menikmati pantai-pantai yang tak kalah indahnya di Labuan Bajo. Sebut saja Pantai Waecicu yang terdapat di bagian utara Labuan Bajo. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air yang cukup tenang sehingga cocok untuk kamu yang datang bersama anak-anak. Karena perairan sekitar sini dangkal dan tenang, kamu dapat melakukan kegiatan berenang dan snorkeling di sini.

Selain kegiatan yang berhubungan dengan air kamu juga mendaki ke perbukitan sekitar pantai atau sekadar menikmati pantai dan senja dari pantai yang satu ini. Selain Pantai Waecicu, kamu juga bisa menemukan Pantai Pede, Pantai Wae Rana, dan lain-lain.

2. Menikmati pemandangan Labuan Bajo dan sekitarnya dari atas bukit

Wisata Anti Mainstream, 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Labuan Bajo instagram.com/gunmapawa_photo

Di sebelah utara Labuan Bajo kamu dapat menemukan deretan perbukitan yang menawarkan pemandangan yang memukau saat kamu mencapai puncaknya. Ada banyak bukit-bukit yang sudah dikenal oleh wisatawan di antaranya adalah Bukit Cinta, Bukit Sylvia, dan Bukit Amelia Sea yang cocok buat kamu yang suka memandang sunrise dan sunset dengan pemandangan pulau-pulau dan kapal-kapal yang berlalu lalang sekitar Labuan Bajo.

Selain itu kamu juga bisa ke Puncak Waringin yang sedang disiapkan pemerintah menjadi Destinasi Super Premium Prioritas, lokasinya sekitar 1 kilometer dari Bandara. Tempat ini sedang dipersiapkan oleh pemerintah menjadi pusat oleh-oleh dan creative hub. Kamu bisa melihat kapal-kapal yang berjejer di pelabuhan dan pemandangan kota Labuan bajo dari Puncak Waringin. 

Baca Juga: Selain Wisata Bahari, Labuan Bajo Juga Punya 5 Bukit Ini untuk Didaki

3. Menyusuri gua yang menyimpan fosil dan sebuah kolam alami

Wisata Anti Mainstream, 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Labuan Bajo instagram.com/iuwwan

Bukan hanya pantai dan bukit, kamu juga menemukan goa di Labuan Bajo. Salah satunya adalah Gua Batu Cermin. Untuk menuju lokasi ini cukup mudah dan hanya berjarak sekitar 15 menit dari Pelabuhan Labuan Bajo dengan menggunakan kendaraan bermotor. 

Kamu bisa menemukan berbagai stalaktit dan stalakmit dan menariknya kamu juga menemukan fosil hewan-hewan laut yang menyerupai ubur-ubur, terumbu karang, hingga kura-kura di gua ini.

Ditemukan oleh Theodor Verhoeven, konon gua ini awalnya berada di dasar laut yang kemudian terangkat ke permukaan. Satu lagu hal yang membuat gua ini istimewa adalah refleksi cahaya yang dihasilkan saat sinar matahari memasuki celah-celah gua yang menyebabkan goa ini disebut Gua Cermin. Dinding gua ini mengandung garam sehingga mampu memantulkan cahaya matahari 

Jika kamu berkendara lebih jauh sedikit keluar dari Labuan Bajo, kamu akan menemukan Goa Rangko yang di dalamnya terdapat kolam alami dan kamu bisa berenang di dalamnya. 

4. Tidak jauh dari Labuan bajo kamu juga bisa menemukan air terjun 

Wisata Anti Mainstream, 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Labuan Bajo instagram.com/fotograferlabuanbajo

Berjarak sekitar 30 kilometer dari Labuan Bajo atau sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor, kamu dapat menemukan sebuah air terjun yang indah bernama Air Terjun Cunca Wulang. Dalam bahasa setempat cunca berarti air terjun dan wulang berarti bulan. Konon ada yang mengatakan air terjun ini terlihat seperti bulan. 

Lokasi air terjun ini berada di Desa Wersawe, Mbeliling. Kamu akan melewati rute hutan dulu sebelum sampai ke air terjun ini. Sesampainya di lokasi, semua lelah akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang mengalir di antara ngarai dan tebing batuan yang tinggi dengan air yang jernih.

5. Selain wisata bahari, kamu juga bisa mendaki gunung habitat burung-burung endemik Flores

Wisata Anti Mainstream, 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Labuan Bajo instagram.com/wonderfulfloresid

Bicara tentang pantai dan wisata bahari Labuan Bajo memang tidak ada duanya. Tapi pernahkak kamu berpikir untuk mendaki gunung saat ke sini? Buat kamu yang suka alam dan mendaki gunung, kamu dapat mendaki Gunung Mbeliling. 

Keluar dari Kota Labuan Bajo, selain air Terjun Cunca Wulang kamu akan menemukan kawasan Hutan Mbeliling yang dinamai berdasarkan nama Gunung Mbeliling. Kawasan hutan ini merupakan tutupan hutan terbesar di Flores dan habitat dari burung-burung endemik khas Flores.

Berdasarkan penelitian BirdLife International, di hutan ini terdapat 29 jenis burung. Empat jenis burung merupakan burung endemik Flores dan tiga diantaranya hanya dapat kamu temukan di hutan ini. Salah satunya adalah burung khas Flores yang bisa mengeluarkan 77 jenis suara yang biasa warga lokal panggil dengan nama kaka ngkiong

Terdapat beberapa pintu masuk untuk mendaki gunung ini, salah satunya melalui Roe, Desa Cunca Lolos. Kamu butuh sekitar 30 menit untuk mendaki gunung ini. Dari puncak gunung ini kamu akan disuguhi pemandangan Labuan Bajo di kejauhan dan Danau Sano Nggoang yang merupakan danau vulkanik terluas dan terdalam di kawasan Indonesia Timur.

Labuan Bajo bukan hanya tempat transit ke Taman Nasional Komodo saja. Kamu juga bisa menemukan tempat-tempat menarik lainnya di sekitar Labuan Bajo yang bisa kamu nikmati. 

Baca Juga: 5 Spot Wisata Bahari yang Bisa Dikunjungi di Labuan Bajo, Yuk Main!

Agithyra Nidiapraja Photo Verified Writer Agithyra Nidiapraja

https://www.instagram.com/nidiapraja/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya