Comscore Tracker

8 Destinasi Wisata di Zagreb, Ibu Kota Kroasia yang Cantik

Ada museum penuh barang kenangan mantan, lho!

Kroasia adalah negara yang terletak di Eropa. Meskipun jarang terdengar, negara ini memiliki kota-kota indah di dalamnya, lho! Salah satunya adalah Zagreb, ibu kota sekaligus kota terbesar di negara berbentuk bulan sabit ini.

Kota ini memiliki segudang destinasi wisata menarik yang dapat kamu kunjungi. Gereja berumur ratusan tahun, gunung dengan lereng berhutan, taman dengan danau buatan, hingga museum yang menyimpan barang kenangan mantan, lho!

Yuk, simak 10 destinasi wisata menarik di Zagreb berikut ini!

1. Zagreb Cathedral

8 Destinasi Wisata di Zagreb, Ibu Kota Kroasia yang CantikZagreb Cathedral di Zagreb, Kroasia (instagram.com/aleksandarlazic_ph)

Telah berdiri sejak abad ke-11, Zagreb Cathedral merupakan destinasi wisata terpopuler di kota ini. Katedral ini memiliki menara kembar setinggi 108 meter yang merupakan bangunan tertinggi di Kroasia, lho! 

Zagreb Cathedral menyimpan koleksi benda bersejarah seperti jubah St. Ladislav, sarkofagus, plenarium, dan lain-lain. Katedral ini pun memiliki salah satu alat musik organ terbaik di dunia, lho! Saking berharganya, organ tersebut dilindungi oleh Kementerian Kebudayaan Republik Kroasia.

2. Maksimir Park

8 Destinasi Wisata di Zagreb, Ibu Kota Kroasia yang CantikMaksimir Park di Zagreb, Kroasia (instagram.com/dsp_photography__)

Ingin rehat sejenak dari keramaian kota Zagreb? Maksimir Park cocok untuk dikunjungi, nih! Taman kota terbesar di Zagreb ini sudah berdiri sejak 220 tahun yang lalu. Pohon rindang, padang rumput, jalan setapak, hingga danau buatan ada di taman ini.

Sebuah menara dua lantai bernama Vidikovac menjadi ikon taman ini. Kamu dapat bersantai sambil menikmati pemandangan dari puncak menara, nih!

3. Medvednica

8 Destinasi Wisata di Zagreb, Ibu Kota Kroasia yang CantikGunung Medvednica di Zagreb, Kroasia (instagram.com/picsolation_)

Medvednica merupakan sebuah gunung yang diselimuti lereng berhutan. Gunung ini memiliki tempat-tempat menarik seperti tambang, gereja, gua sepanjang 7 km, menara, hingga benteng yang ada sejak abad pertengahan. Waktu sehari takkan cukup untuk menyusuri Medvednica dan segala objek wisatanya!

4. Museum of Broken Relationship

8 Destinasi Wisata di Zagreb, Ibu Kota Kroasia yang CantikMuseum of Broken Relationships di Zagreb, Kroasia (instagram.com/brokenships)

Jika kebanyakan museum memamerkan koleksi barang bersejarah suatu negara, Museum of Broken Relationship menyimpan koleksi barang bersejarah dari orang yang patah hati. Inilah tempat di mana mereka memberikan barang penuh kenangan mereka bersama dengan cerita di dalamnya.

Cincin, boneka, buku, jam tangan, dan barang penuh kenangan lainnya dapat kamu temukan di museum ini. Kamu pun dapat membaca cerita di balik tiap barang tersebut, lho!

Baca Juga: 5 Hidangan Seafood Khas Kroasia Paling Terkenal, Bikin Gagal Diet!

5. St. Mark's Church

8 Destinasi Wisata di Zagreb, Ibu Kota Kroasia yang CantikSt. Mark's Church di Zagreb, Kroasia (instagram.com/pm250970)

St. Mark's Church ialah sebuah gereja di Zagreb yang berdiri sejak abad ke-13. Kala mendatangi gereja ini, pandanganmu akan tertuju pada atap gereja yang bermotif warna-warni.

Lambang Kroasia, Slavonia, dan Dalmatia saat abad pertengahan dan Zagreb pun tergambar di atap gereja. St. Mark's Church memiliki gaya bangunan gotik yang keren, lho!

6. Museum of Contemporary Art 

8 Destinasi Wisata di Zagreb, Ibu Kota Kroasia yang CantikMuseum of Contemporary Art di Zagreb, Kroasia (instagram.com/puntdou)

Menghabiskan waktu dengan menjelajahi Museum of Contemporary Art dapat menjadi hal seru untuk dilakukan. Berdiri sejak 1954, museum ini menampilkan aneka karya seni modern yang edukatif dan menghibur. Teater, pameran audio visual, instalasi seni, dan aneka hasil penelitian unik dapat kamu jumpai di sini.

7. Lotrščak Tower

8 Destinasi Wisata di Zagreb, Ibu Kota Kroasia yang CantikLotrščak Tower di Zagreb, Kroasia (instagram.com/enjoytheview_fromcroatia)

Kamu dapat mendengar suara meriam ditembakkan dari menara ini setiap harinya. Lotrščak Tower yang dulunya merupakan benteng utama Zagreb, menembakkan meriam setiap siang hari selama lebih dari 110 tahun. Hal ini dilakukan untuk memeringati peristiwa bersejarah Kroasia saat perang melawan Turki.

8. Ban Jelačić Square

8 Destinasi Wisata di Zagreb, Ibu Kota Kroasia yang CantikBan Jelačić Square di Zagreb, Kroasia (instagram.com/cro.wear)

Ban Jelačić Square adalah alun-alun sekaligus jantung kota Zagreb. Tempat ini termasuk titik pertemuan favorit warga lokal. Alun-alun yang dikelilingi pertokoan ini dilengkapi dengan air mancur dan patung indah.

Katedral, taman, museum, hingga gunung terdapat di Zagreb. Lengkap banget, deh! Jika sedang berlibur ke Eropa, jangan lupa untuk singgah di ibu kota Kroasia ini, ya!

Baca Juga: 5 Sup Ikan khas Kroasia, Sajian Lezat Penghangat Suasana

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya