Comscore Tracker

5 Bangunan Bersejarah Ini Kembali Dibangun Setelah Sempat Hancur

Ada tempat lokasi syuting Game of Thrones juga lho!

Dahulu bangunan-bangunan bersejarah seperti kastil, benteng, istana, merupakan tempat dimana terciptanya sejarah besar. Namun peradaban yang belum stabil dahulu kala membuat bangunan cantik nan kokoh itu hancur dilanda perang ataupun bencana alam. 

Karena nilai sejarah yang tersimpan di dalamnya sangat bernilai penting bagi kemajuan negara, setelah sempat hancur berikut 5 bangunan bersejarah yang kembali dibangun.

1. St. Mark Campanile: Venesia, Italia

5 Bangunan Bersejarah Ini Kembali Dibangun Setelah Sempat Hancurflickr.com

Venesia terletak di pinggir laut dan membuat risiko terjadinya bencana alam lebih besar. Ini terbukti pada tahun 1902 terjadi retakan besar yang muncul di bagian menara St. Mark Campanile hingga hancur. St. Mark Campanile yang menjadi pusat daya tarik kota Venesia ini kemudian dibangun tepat pada 10 tahun terjadinya retakan parah dan hingga kini berdiri kokoh mempercantik keindahan kota Venesia.

2. Menara Yellow Crane: Wuhan, Cina

5 Bangunan Bersejarah Ini Kembali Dibangun Setelah Sempat Hancurchinatouradvisors.com

Menara Yellow Crane mengalami kehancuran akibat perang bukan satu atau dua kali, namun berulang-ulang hingga proses perbaikan dan pembangunan ulangnya dilakukan sebanyak 12 kali. Oleh sebab itu menara yang terkini dibangun sedikit berjarak dari tempat asli bangunan tersebut berada.

Meskipun begitu Menara Yellow Crane menjadi salah satu destinasi yang paling diincar wisatawan lho karena pemandangannya yang indah dan cocok sebagai wisata religi.

3. Benteng Manoel: Valetta, Malta

5 Bangunan Bersejarah Ini Kembali Dibangun Setelah Sempat Hancurflicr.com

Para pecinta serial Game of Thrones pasti sudah tidak asing dengan tempat bersejarah bernama  Benteng Manoel di Valetta tepatnya di negara Malta. Malta adalah sebuah negara di dekat Laut Tengah yang menyimpan banyak situs sejarah.

Benteng Manoel sendiri sempat dinonaktifkan tahun 1964 karena mengalami kehancuran akibat Perang Dunia II. Tetapi sejak saat itu akhirnya benteng kembali direnovasi dan bisa berdiri tegak hingga sekarang ramai dikunjungi turis mancanegara.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Sejarah di Nova Scotia, Kanada yang Wajib Disinggahi

4. Istana Ribeira: Lisbon, Portugal

5 Bangunan Bersejarah Ini Kembali Dibangun Setelah Sempat Hancurdiscoverwalks.com

Setelah kota Lisbon hampir mati karena diguncang gempa dahsyat tahun 1755, pemerintah kota kembali bangkit untuk membangun fasilitas yang hancur karena bencana alam. Salah satu yang paling ikonik adalah Istana Ribeira yang kembali berbentuk meskipun hanya bagian depannya saja.

Pasalnya istana yang menyimpan lukisan, sejarah dan histori kejayaan Lisbon tersebut bisa memakan banyak biaya dan waktu lama untuk dibangun ulang secara menyeluruh. Bekas Istana Ribeira akhirnya digunakan sebagai alun-alun kota dan berganti nama menjadi Square of Commerce.

5. Kastil Hiroshima: Hiroshima, Jepang

5 Bangunan Bersejarah Ini Kembali Dibangun Setelah Sempat Hancurtsunagujapan.com

Mendapat serangan besar pada akhir Perang Dunia II berdampak pada situs kekayaan budaya Kastil Hiroshima. Pondasi kastil tersebut hancur setelah berdiri selama 500 tahun akibat bom yang dijatuhkan pasukan Amerika Serikat. Namun pada tahun 1957 kastil utama berhasil dibangun ulang dan kini menjadi museum yang mengabadikan cerita sejarah lengkap tentang Hiroshima. 

Bangunan yang kaya akan cerita lampau di zaman dahulu kala memang patut dijaga sebagai bentuk rasa bangga terhadap perjuangan para pejuang di masa lampau. Kalau berkesempatan untuk berkunjung ke salah satu bangunan di atas, kira-kira kalian tertarik untuk mengunjungi tempat nomor berapa nih?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah yang Seru di Kota Santiago, Chile

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You