Comscore Tracker

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin Bermakna

Belajar seni sambil berburu spot foto terunik

Karya seni mungkin hanya dapat dinikimati segelintir orang. Namun, seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, seni berkembang menjadi beragam konsep dan bentuk, sehingga penikmat seni bermunculan dari berbagai macam kalangan. Adapun seni yang sedang digandrungi generasi muda saat ini adalah seni kontemporer, karena konsepnya yang modern. 

Saat ini, pameran kesenian mudah dijumpai di sekitar kita. Contohnya, karya seni dapat dinikmati di museum atau galeri yang dibangun lebih kekinian agar meningkatkan pengunjung dari generasi muda. Selain sebagai sarana edukasi dan mengenal sejarah, museum-museum ini telah menyajikan spot foto yang unik dan pastinya instagramable! 

Museum dan galeri seni pun bisa dijadikan pilihan wisata bagi masyarakat. Di Jakarta, sepuluh rekomendasi museum seni ini dapat dikunjungi untuk melengkapi weekend bucket list-mu. Check the list below!

1. Hadiprana Gallery

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaHadiprana Gallery (instagram.com/hadipranagallery)

Hadiprana Gallery merupakan galeri seni pertama di Indonesia yang dibangun sejak tahun 1962. Galeri ini didirikan oleh Hendra Hadiprana, seorang desainer dan juga arsitek senior Indonesia.

Hadiprana Gallery memamerkan karya seni yang terinspirasi dari budaya Indonesia. Hasil karyanya juga banyak dirancang oleh seniman-seniman ternama di Indonesia, lho. Galeri ini cocok untuk belajar mengenal budaya Indonesia. Ajak keluarga kalian kesini, ya!

Alamat: Mitra Hadiprana Ground Floor, Jalan Kemang Raya No. 30, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin-Sabtu, pukul 10.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Kontak galeri untuk informasi tiket

2. Museum MACAN

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaInfinity Room - Museum MACAN (instagram.com/museummacan)

Siapa yang belum tahu Museum MACAN? Museum of Modern and Contemporary Art atau Museum MACAN adalah museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta internasional. Museum ini digagas oleh Haryanto Adikoesoemo, seorang pengusaha dan kolektor seni.

Bukan hanya lukisan, Museum MACAN dikenal kerap mempertunjukkan seni instalasi dan pertunjukkan. Salah satu yang terkenal adalah Infinity Mirrored Room karya seniman Jepang, Yayoi Kusama.

Alamat: AKR Tower, Jalan Perjuangan No. 5, RT. 11/RW. 10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Jam operasional: Selasa - Minggu pukul 10.00—16.00 WIB.

Harga tiket: Rp90 ribu (dewasa), Rp80 ribu (pelajar atau lansia), dan Rp70 ribu (anak-anak)

3. Art:1 New Museum

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaArt:1 New Museum (instagram.com/art1newmuseum)

Satu lagi museum kontemporer yang populer di Jakarta, yaitu Art:1 New Museum. Pada awalnya, museum ini hanya berupa galeri seni pribadi yang bernama Mon Décor yang didirikan oleh Martha Gunawan. Galeri yang dibangun pada tahun 1983 ini berganti nama menjadi Art: 1 New Museum pada tahun 2009.

Pada tahun 2011, Art:1 New Museum baru diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, yaitu Fauzi Bowo. Setidaknya ada lebih dari 2.500 koleksi karya seni di museum ini.

Alamat: Jalan Rajawali Selatan Raya No. 3, Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat

Jam operasional: Selasa-Minggu pukul 10.00-18.00 WIB.

Harga tiket: Rp75 ribu (dewasa), Rp50 ribu (pelajar atau lansia), dan Rp35 ribu (anak-anak).

4. Dia.Lo.Gue Art Space

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaDia.Lo.Gue Art Space (instagram.com/dialogue_arts)

Selain memamerkan karya seni, Dia.Lo.Gue art space juga memiliki kafe yang menjadi daya tarik tersendiri. Jadi, pengunjung dapat makan dan minum sambil menikmati ragam karya seni.

Dia.Lo.Gue atau Dialog merupakan ruang seni publik. Seniman dari seluruh Indonesia bisa turut memamerkan karya seni di art space ini. Mulai dari desain grafis, desain produk, arsitektur, hingga semua karya seni berbagai tipe bisa dilihat disini. Selain itu,

Dia.Lo.Gue juga menyediakan souvenir shop. Dengan membeli produk karya seninya, kalian turut mendukung para seniman, lho. Untuk masuk ke Dia.Lo.Gue tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Alamat: Jalan Kemang Sel. No. 99A, RT. 1/RW. 2, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 11.00-20.00 WIB.

5. Taman Ismail Marzuki

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaGaleri Seni Taman Ismail Marzuki (instagram.com/wajahbaru_tim)

Siapa yang tidak kenal Taman Ismail Marzuki? Ya, pusat kesenian dan kebudayaan yang biasa disebut TIM ini dibangun sejak tahun 1968.

Diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pertama, Ali Sadikin, TIM telah menjadi ruang eskpresi para seniman. Salah satu tempat wisata populer di TIM adalah Planetarium, yaitu wahana simulasi langit tertua di Indonesia. 

Setelah dilakukan revitalisasi pada tahun 2019, TIM kembali dibuka secara bertahap pada tahun 2022 dengan konsep dan arsitektur yang lebih modern serta estetik. TIM tentu saja memiliki fasilitas baru, seperti galeri seni, perpustakaan, co-working space, wisma, dan masjid. Gedung TIM baru yang modern estetik ini dirancang oleh arsitek Andra Martin.

Alamat: Jl. Cikini Raya No. 73, RT. 8/RW. 2, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional: Setiap hari

Baca Juga: 7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum Virtual

6.Galeri Salihara

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaGaleri Salihara (instagram.com/artspacehumanika)

Galeri Salihara merupakan galeri seni yang berada di gedung Komunitas Salihara. Komunitas Salihara sendiri adalah sebuah tempat berkumpulnya para seniman dan penikmat seni yang berdiri sejak tahun 2008.

Komunitas ini merupakan pusat kesenian multidisiplin milik swasta pertama di Indonesia yang didirikan oleh Goenawan Mohamad. Ia merupakan sastrawan dan mantan pemimpin redaksi Majalah Tempo. Selain aktif mengadakan pameran dan pentas seni, saat ini Komunitas Salihara juga menyewakan tempatnya untuk kegiatan-kegiatan seni serta co-working space.

Alamat: Jalan Salihara No. 16, RT. 1/RW. 3, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan

Jam operasional: Setiap hari

Harga tiket: Gratis

7. CAN's Gallery

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaCAN's Gallery (instagram.com/cansgallery)

CAN'S Gallery adalah salah satu lokasi pameran seni yang berperan aktif mengembangkan seni rupa Indonesia. Galeri ini juga sering mengadakan pameran untuk mempromosikan, memediasi, dan mengembangkan karir seniman secara lebih luas.

Beberapa karya yang ditampilkan di CAN's Gallery berasal dari seniman ternama, salah satunya adalah Entang Wiharso. Tenang saja, untuk mengunjungi galeri seni ini pengunuung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, kok.

Alamat: Jalan Tanah Abang II No. 25, RT. 1/RW. 3, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat

Jam operasional: Senin-Sabtu, pukul 10.00-17.00 WIB

8. MoJA Museum

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaRoller Skate Rink, MoJA Museum (instagram.com/mojamuseum)

MoJA Museum atau Museum of Jakarta hadir dengan konsep museum interaktif yang dibuka untuk umum pada Oktober 2018 lalu. Museum ini didirikan oleh anak muda, yakni Jennifer Sharon, Sharon Lam, Aswin Lim, Giorgi Rusli, dan Keziah Lam. Mereka berasal dari latar belakang yang berbeda, seperti seni, sejarah, dan bisnis. 

MoJA Museum terdiri dari 14 ruang foto dengan tema yang berbeda. Terdapat juga tiga wahana yang ditawarkan seperti roller skate rink (RoJA by MoJA), MoPAINT, dan Golf by MoJA. MoJA Museum bisa jadi tempat wisata pilihan akhir pekan untuk mengisi feed instagram kalian, nih.

Alamat: Komplek Gelora Bung Karno Main Stadium, Jalan Gerbang Pemuda No. 1, RT. 1/RW. 3, Gelora, Jakarta Pusat

Jam operasional: Setiap hari, pukul 11.00-19.30 WIB.

Harga tiket: Rp125 ribu (weekdays), Rp135 ribu (weekend)

9. RUCI Artspace

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaRUCI Artspace (instagram.com/ruci.art)

RUCI yang berarti sumber cahaya dalam Sanskrit adalah sebuah art space yang berdedikasi untuk memberikan platform berekspresi terhadap seniman muda Indonesia. Art space ini terdiri dari dua lantai, dimana lantai satu ditempati untuk kafe, sedangkan lantai dua ditempati untuk pameran karya seni.

RUCI artspace biasa menjadi tempat untuk menampilkan berbagai macam seni kontemporer. Seni yang ditampilkan bisa dari berbagai media rupa, antara lain lukisan, fotografi, sculpture, video, dan lain-lain. Jika ingin berkunjung, pastikan untuk melakukan reservasi dulu, ya.

Alamat: Jl. Melawai VIII No.2A, RT.3/RW.1, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Selasa-Minggu, pukul 11.00-19.00 WIB

Harga tiket: Gratis

10. Galeri Nasional Indonesia

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaGaleri Nasional Indonesia (instagram.com/galerinasional)

Galeri Nasional Indonesia atau Galnas merupakan sebuah museum seni rupa modern dan kontemporer. Di sini terdapat gedung yang berfungsi antara lain sebagai tempat pameran, dan perhelatan seni rupa Indonesia dan mancanegara. Gedung ini merupakan institusi milik pemerintah di bawah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Fungsi Galnas adalah melindungi, pengembangan, dan pemanfaatan asset kesenian (seni rupa) sebagai fasilitas pendidikan dan kebudayaan. Saat ini, di Galnas sedang berlangsung banyak pameran seni, lho. Jadi, bisa menjadi pilihan untuk mengisi hari libur, nih!

Alamat: Jalan Medan Merdeka Tim. No. 14, RT. 6/RW. 1, Gambir, Jakarta Pusat

Jam operasional: Selasa-Minggu, pukul 09.00-15.30 WIB.

Harga tiket: Gratis

11. Distrik Seni X Sarinah

10 Museum Seni di Jakarta untuk Bikin Weekend Kamu Makin BermaknaCandramawa - Distrik Seni Sarinah (instagram.com/distrik.seni)

Distrik Seni adalah sebuah art project platform yang menjadi jawaban akan kebutuhan ruang untuk melakukan pemberdayaan, inovasi, dan perkembangan marketplace serta ekosistem seni rupa di Jakarta. Di mana selama ini keberadaan ruang tersebut sangatlah minim, baik itu di Jakarta maupun Indonesia.

Saat ini, distrik seni berkolaborasi dengan gedung Sarinah, sejalan dengan revitalisasi gedung tersebut. Lantai 6 gedung Sarinah melalui Program Distrik Seni X Sarinah menjadi ruang presentasi olah artistik yang mewakili perkembangan seni rupa Indonesia.  

Bagi kalian yang ingin menikmati karya seni di distrik seni, pameran dibuka untuk umum mulai tanggal 2 Juni-22 Agustus 2022. Jangan sampai kelewatan, ya!

Alamat: Gedung Sarinah Lantai 6, Jalan M.H. Thamrin No. 11, RT. 8/RW. 4, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat

Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB.

Harga tiket: Rp50 ribu (dewasa), Rp35 ribu (pelajar, mahasiswa, dan anak-anak).

Nah, itu dia berbagai macam museum seni dan galeri yang dapat dimasukan ke dalam weekend bucket list kalian. Jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan jika ingin berkunjung, ya. Kalian sudah pernah ke museum yang mana, nih?

Baca Juga: Buka Galeri Seni, Anies Minta TIM Jangan Jadi Tempat Cari Untung

Aliya Photo Writer Aliya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya