Comscore Tracker

6 Danau Terindah di Indonesia, Wajib Masuk Daftar Wisatamu Nih!

Keindahan alamnya bikin mata enggan berkedip

Lokasinya yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Tidak hanya berupa pantai atau gunung, melainkan juga danau yang memukau. Ada dua jenis danau di Indonesia, yakni alami dan buatan.

Namun, keduanya sama-sama menawarkan keindahan yang tiada duanya. Dari sekian beragam danau yang ada, berikut keenam daftar danau terindah di Indonesia yang dapat kamu masukkan ke dalam daftar tujuan wisatamu. Simak, ya!

1. Danau Labuan Cermin

6 Danau Terindah di Indonesia, Wajib Masuk Daftar Wisatamu Nih!Danau Labuan Cermin (instagram.com/uda_kim)

Memiliki air yang sangat jernih bagaikan cermin, menjadi alasan mengapa dinamakan Danau Labuan Cermin. Selain itu, danau ini juga terkenal dengan sebutan danau dua rasa karena air di danau ini menawarkan rasa tawar di bagian permukaan dan asin di bagian dasar danau.

Menariknya lagi, kamu pun bisa berenang, snorkeling, ataupun menyelam dengan ditemani suasana sejuk nan asri di danau yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kalimantan Timur ini. Menarik bukan?

2. Danau Toba

6 Danau Terindah di Indonesia, Wajib Masuk Daftar Wisatamu Nih!Danau Toba (instagram.com/kawendra)

Danau Toba menjadi salah satu destinasi favorit di Sumatera Utara karena memiliki pesona memukau. Danau ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik berupa bekas letusan gunung berapi dengan luasnya yang mencapai 1.300 km.

Danau Toba juga tercatat sebagai danau terbesar di Indonesia serta danau vulkanik terbesar di dunia. Kedalamannya mencapai sekitar 525 m. Jadi, harap berhati-hati saat berada di sini ya!

Baca Juga: Selain Danau Toba, Ini 10 Danau Terbesar di Indonesia

3. Danau Sentani

6 Danau Terindah di Indonesia, Wajib Masuk Daftar Wisatamu Nih!Danau Sentani (instagram.com/antonchandra)

Danau terluas di Papua ini mencapai 9.360 hektar dengan jarak tempuh 50 km dari Kota Jayapura. Menjadi salah satu destinasi favorit oleh masyarakat setempat, paling recommended berkunjung ke Danau Sentani adalah saat pertengahan tahun.

Karena waktu ini, wisatawan akan disuguhkan acara festival Danau Sentani berupa kebudayaan Papua seperti tari perang, upacara adat, hingga sajian kuliner khas Papua. Tentunya akan makin candu berkat ditemani panorama alam indah yang menyejukkan.

4. Danau Maninjau

6 Danau Terindah di Indonesia, Wajib Masuk Daftar Wisatamu Nih!Danau Maninjau (instagram.com/ianpiliang)

Terletak tidak jauh dari Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Danau Maninjau memiliki luas mencapai 99,5 km. Itu menjadikannya sebagai salah satu danau terluas di Indonesia lho. Selain menjadi lokasi obyek wisata, danau ini juga merupakan sumber mata air bagi Sungai Batang Sri Antokan. Untuk bisa mencapai ke sini, kamu harus melewati rintangan berupa jalanan 44 kelok dengan postur jalanan berkelok-kelok yang tentu saja memacu adrenalin.

Namun, tenang saja, nantinya rasa lelahmu akan terbayarkan dengan keindahan alam di sekitar danau dan kamu pun bisa melakukan kegiatan seru seperti memancing serta menikmati kuliner asli daerah sekitar. Gimana, nambah seru kan ya?

5. Danau Ranu Kumbolo

6 Danau Terindah di Indonesia, Wajib Masuk Daftar Wisatamu Nih!Danau Ranu Kumbolo (instagram.com/syawalnesia)

Danau Ranu Kumbolo berlokasi di kawasan kaki Gunung Semeru dengan luasnya mencapai 24 hektar pada ketinggian 2.389 mdpl. Karena letaknya berada di kaki gunung, untuk mengunjunginya diperlukan usaha pendakian yang cukup melelahkan. Namun, lelahnya pendakian akan dibayar dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Sementara itu, buat kamu yang ingin bermalam, kamu juga bisa mendirikan tenda di sini. Dijamin deh, momen berkemahmu bakalan makin berkesan karena bisa menikmati gemerlapnya galaksi bimasakti dengan mata telanjang.

Baca Juga: Tak Hanya Ranu Kumbolo, 7 Ranu di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi!

6. Danau Segara Anak

6 Danau Terindah di Indonesia, Wajib Masuk Daftar Wisatamu Nih!Danau Segara Anak (instagram.com/lintangkhan)

Danau Segara Anak berada di kawasan kawah Gunung Rinjani atau tepatnya di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Danau tersebut menawarkan keindahan paripurna dengan ketinggian 2.000 mdpl diselimuti awan. Untuk bisa sampai ke sini, wisatawan harus melakukan pendakian terlebih dahulu.

Selain dijadikan sebagai spot wisata, Danau Segara Anak juga sering dijadikan arena berkemah oleh para pendaki Gunung Rinjani karena menyimpan beragam keunikan, salah satunya terdapat sumber air panas yang dapat dijajal setelah bersantai di sekitar danau.

Keenam rekomendasi danau di Indonesia ini tidak hanya memiliki keindahan alam yang menajubkan, melainkan juga sederet manfaat bagi kehidupan dan tentunya dapat kita manfaatkan sebagai sarana rekreasi.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Alam di Bojonegoro yang Paling Epik, Mampir yuk! 

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya