Comscore Tracker

5 Danau di Indonesia yang Airnya Sebening Kaca, Bikin Ngebet Nyemplung

Jernih airnya beneran sebening kaca, lho!

Berbicara mengenai wisata Indonesia memang gak akan pernah ada habisnya. Mulai dari puncak gunung hingga dasar lautannya, semua menyimpan pemandangan yang begitu menakjubkan.

Termasuk keberadaan danau yang airnya sebening kaca, bikin siapa saja yang melihatnya ngebet pingin nyemplung karena sangking terpukaunya. Bahkan, karena begitu jernih, dasar danaunya samapi bisa dilihat dengan sangat jelas, lho.

Buat kamu yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata yang seru, beberapa danau di Indonesia ini bisa kamu pilih sebagai destinasi kamu selanjutnya. Penasaran danau apa sajakah yang airnya sebening kaca tersebut? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Danau Moko

5 Danau di Indonesia yang Airnya Sebening Kaca, Bikin Ngebet Nyemplungpotret Danau Moko (instagram.com/wahyu_bima01)

Danau Moko terletak di Desa Walengkabola, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Danau Muko memiliki air yang begitu jernih dan bening, ditambah pemandangan di sekitarnya yang ditumbuhi pepohonan menambah keasrian danaunya.

Berenang di danau ini benar-benar akan membuat badanmu terasa segar. Uniknya, ada seekor penyu yang sudah hidup berpuluh-puluh tahun di Danau Muko yang akan menemanimu berenang asalkan jangan disakiti.

Selain berenang, kamu juga bisa bersantai dengan bergelantung di antara pohon di tepian danau menggunakan hammock. Penat yang selama ini mendiami pikiranmu dijamin akan hilang seketika.

2. Danau Kaco

5 Danau di Indonesia yang Airnya Sebening Kaca, Bikin Ngebet Nyemplungpotret Danau Kaco (instagram.com/ptsinargunungtransport)

Danau Kaco termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Kerinci. Dinamakan Danau Kaco karena air danaunya yang sangat bening bagaikan kaca. Kamu pun bisa melihat batang-batang pohon yang tenggelam di dasar danau.

Ada satu hal lagi yang menarik dari Danau Kaco, yaitu dipilihnya danau ini sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Meskipun luasnya hanya 30 m x 30 m, keindahan Danau Kaco tetap bisa membuat siapa saja terpesona di pandangan pertama.

Menurut kabar yang beredar, Danau Kaco sewaktu malam akan mengeluarkan cahaya yang membuatnya kian menawan. Untuk membuktikannya, cobalah untuk camping di danau ini. Terlepas dari benar-tidaknya kabar tersebut, yang pasti kamu akan benar-benar dibuat bahagia oleh keindahan danau ini.

Baca Juga: Selain Danau Toba, Ini 10 Danau Terbesar di Indonesia

3 Danau Paisu Pok

5 Danau di Indonesia yang Airnya Sebening Kaca, Bikin Ngebet Nyemplungpotret Danau Paisupok (instagram.com/whatsnewindonesia_official)

Danau Paisu Pok ini letaknya di Desa Luk Panenteng, Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Sekali berkunjung ke danau ini, dijamin membuat kamu ketagihan untuk mengunjunginya lagi.

Air Danau Paisu Pok benar-benar sangat jernih dan menyegarkan. Terlebih karena danau ini dikelilingi oleh pepohonan yang membuat suasana di sekitar danau menjadi semakin sejuk dan asri.

Cobalah beberapa aktivitas seru ketika berkunjung ke danau ini, seperti berenang atau bermain perahu. Jangan lewatkan juga untuk melakukan snorkling sambil melihat keindahan Danau Paisu Pok dari bawah permukaan airnya.

4. Danau Labuan Cermin

5 Danau di Indonesia yang Airnya Sebening Kaca, Bikin Ngebet Nyemplungpotret Danau Labuan Cermin (instagram.com/ayukurni16)

Danau cantik ini terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Saat pertama kali menyaksikan danau ini, kamu akan langsung dibuat terpana oleh jernihnya air hingga bagian dasarnya yang berupa pasir dapat terlihat dengan jelas.

Danau Labuan Cermin menyimpan keunikan yang jarang ada di danau-danau lain. Danau ini memiliki dua rasa, yaitu rasa asin di permukaan airnya dan rasa tawar di bagian dasar danaunya. Karena itu danau ini disebut sebagai danau dua rasa.

Siapa saja akan betah berenang di Danau Labuan Cermin karena suasananya yang rindang dan sejuk dengan banyaknya pepohonan yang mengitari danau. Oh, iya, jangan lewatkan untuk melakukan snorkling di danau ini, ya!

5. Danau Sole

5 Danau di Indonesia yang Airnya Sebening Kaca, Bikin Ngebet Nyemplungpotret Danau Sole (instagram.com/mystoryline_21)

Di deretan terakhir ada Danau Sole yang terletak di Pulau Gorom, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku. Suasana Danau Sole begitu tenang dan damai sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang suka ketenangan.

Selain itu, danau ini juga memiliki air yang begitu jernih hingga bagian dasarnya terlihat begitu jelas. Keberadaan beragam jenis pepohonan yang mengitari danau juga turut menambah kesan estetik danau ini.

Keindahan Danau Sole bahkan sampai membuat kepincut seroang vokalis grup band terkenal The Rolling Stone, Mick Jagger. Secara terang-terangan, Mick Jagger mengungkapkan kekagumannya atas panorama Danau Sole.

Itulah sederet rekomendasi danau di Indonesia yang airnya sebening kaca. Yuk, segera agendakan liburanmu untuk mengunjungi danau tersebut!

Baca Juga: 5 Danau di Malang yang Menyuguhkan Pemandangan Indah

Hendra Nugroho Photo Verified Writer Hendra Nugroho

Dolaners

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya