Comscore Tracker

6 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta, Cukup Bayar Parkir Doang!

Karena liburan gak selalu mahal kan? #LokalIDN

Seperti yang diketahui, di mana-mana pun kalau berwisata tentu kamu harus mengeluarkan bujet baik untuk tiket masuk maupun biaya untuk mencoba beragam fasilitas tambahan.

Namun, kata-kata itu hanyalah bualan semata karena ternyata masih ada lho destinasi wisata gratis yang dapat kamu dijadikan jujukan. Kali ini tempat wisatanya berada di Yogyakarta. Kota yang terkenal akan keramahannya itu ternyata masih terdapat destinasi gratis yang bisa kamu jelajahi untuk merasakan nuansa dan nuansa melekat bikin rindu.

Dengan menyiapkan biaya parkir, kamu pun sudah bisa menikmati sajian wisata kota Yogyakarta yang terkenal mengagumkan itu. Dijamin gak kalah seru, kira-kira mana saja ya wisata gratis yang bisa kamu telusuri di Kota Pelajar ini?

1. Alun-Alun Kidul

6 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta, Cukup Bayar Parkir Doang!Alun-Alun Kidul (instagram.com/imanwahyudi)

Wisata gratis pertama yang layak kamu telusuri ialah Alun-Alun Kidul. Terletak tidak jauh dari wilayah keraton, tentu Alun-Alun Kidul berdiri lekat dengan sejarah keraton.

Dulu, Alun-Alun Kidul didirikan sebagai tempat berlatih prajurit keraton oleh Pangeran Mangkubumi. Namun seiring berjalannya waktu, kini Alun-Alun Kidul menjadi salah satu tempat wisata dengan suasana tempat yang adem. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan sekitar sembari mencicipi kulineran di sekitar.

2. Museum Benteng Vredeburg

6 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta, Cukup Bayar Parkir Doang!Museum Benteng Vredeburg (instagram.com/awank142)

Berhubung sedang berada di Yogyakarta, sempatkanlah untuk berwisata sejarah di Museum Benteng Vredeburg. Letaknya berada di sekitar titik nol kilometer, kamu bisa menyaksikan berbagai macam diorama yang dapat memperkaya wawasan.

Sementara itu, bangunan museum yang memiliki arsitektur kuno juga menjadi daya tarik sendiri untuk spot foto instagramable. Kapan lagi bisa wisata gratis tapi keunikannya gak receh? Wajib masuk listmu nih.

3. Tugu Jogja

6 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta, Cukup Bayar Parkir Doang!Tugu Jogja (instagram.com/firman.sujono)

Kalau yang satu ini menjadi salah satu landmark dari Kota Yogyakarta, apa lagi kalau bukan Tugu Jogja. Maka dari itu, belum sah deh kalau berwisata ke Jogja tanpa menapakkan kaki di tugu ini.

Berdiri kokoh di tengah jalan raya, gak heran kalau Tugu Jogja jadi salah satu spot foto terpopuler para pengendara yang melintas maupun wisatawan yang sengaja untuk datang ke bangunan terpopuler sekaligus legendaris khas kota pelajar.

Baca Juga: 5 Wisata Malam Yogyakarta yang Sayang Dilewatkan, Cocok untuk Malming

4. Bukit Bintang

6 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta, Cukup Bayar Parkir Doang!Bukit Bintang (instagram.com/jogjaimages)

Bukit Bintang jadi salah satu destinasi paling favorit karena menawarkan keindahan alam yang gak perlu diragukan. Bagaimana tidak, di sini kamu akan disuguhi hijaunya pepohonan sekitar, air mancur, sunset, hingga gemerlapnya lampu malam yang tampak seperti kerlap-kerlip bintang.

Maka dari itu, amat disayangkan deh kalau kamu melewatkan Bukit Bintang kala berlibur ke Yogyakarta. Dijamin, panorama keindahan yang ditawarkan bikin betah berlama-lama di sini.

5. Gumuk Pasir Parangkusumo

6 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta, Cukup Bayar Parkir Doang!Gumuk Pasir Parangkusumo (instagram.com/akbar.priam)

Buat kamu yang sedang berada di Jogja dan kebetulan ingin merasakan seperti apa nuansa indahnya gurun pasir ala Timur Tengah, Gumuk Pasir Parangkusumo bisa jadi jujukanmu nih.

Berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Yogyakarta; kamu bisa mengunjungi tempat ini tanpa dipungut biaya dan tentu saja bisa menikmati keindahan sembari bermain sandboarding hingga berfoto ria dengan latar belakang terciamik ini.

6. Candi Sambisari

6 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta, Cukup Bayar Parkir Doang!Candi Sambisari (instagram.com/ikinphotography)

Seperti yang diketahui, di Yogyakarta terdapat banyak sekali candi yang dijadikan sebagai destinasi wisata. Tidak selalu dipungut biaya, kamu bisa menelusuri Candi Sambisari.

Dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya kota Yogyakarta, bangunan candi satu ini memberikan desain arsitektur nan megah dari kuil Hindu pada abad ke-9 yang terkubur pada masa lampau.

Bagaimana, untuk menikmati keindahan sudut kota Yogyakarta ternyata tidak melulu harus menggelontorkan banyak biaya kan? Meski demikian, sederet wisata terbilang gratis ini mampu memberikan panorama yang tak kalah memukau. Hati-hati, bikin rindu lho!

Baca Juga: Info Wisata Puncak Kleco Yogyakarta: Lokasi, Rute, dan Harga

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya