TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Blitar Wajib Masuk dalam Itinerary, Indah dan Seru!

Kota kecil yang terkenal #IDNTimesTravel

potret Taman Pecut Kota Blitar (instagram.com/jelajahblitar)

"Blitar kutho cilik sing kawentar" sepenggal lirik lagu berjudul Blitar Kawentar yang berarti "Kota kecil yang terkenal". Ya, meskipun kecil, nyatanya Blitar tak jarang menjadi tujuan bagi para wisatawan dari seluruh nusantara maupun dunia.

Para wisatawan tersebut memiliki berbagai alasan tersendiri untuk menjadikan Jawa Timur, khususnya Blitar, sebagai tujuan liburan mereka. Nah, kamu juga bisa memasukkan Blitar ke dalam jadwal liburanmu karena berbagai alasan berikut.

1. Tempat dimakamkannya Presiden pertama RI

potret Makam Bung Karno (instagram.com/blitarasyik)

Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno atau yang akrab di sapa Bung Karno, dimakamkan di Blitar tepat di samping makam Ibunya setelah adanya perintah dari Presiden Soeharto kala itu yang beranggapan bahwa Soekarno memiliki kedekatan dengan Ibunya semasa hidup.

Kini, setiap harinya, Makam Bung Karno selalu dikunjungi peziarah dari berbagai penjuru nusantara, apalagi jika musim pemilu datang, makam tersebut dipastikan ramai dengan peziarah atau khususnya politisi yang akan mencalonkan diri dalam pemilu.

Baca Juga: 9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!

2. Penuh dengan sejarah

potret Candi Penataran (instagram.com/jelajahblitar)

Blitar dikenal sebagai daerah yang penuh akan sejarahnya, berbagai situs masa klasik hingga sejarah nasional ada di Blitar. Berbagai bangunan bersejarah tersebut juga memiliki latar belakang tersendiri yang membuat kita lebih penasaran untuk mengunjunginya.

Salah satu tempat bersejarah yang terkenal di Blitar adalah Candi Penataran, yang terletak di Kecamatan Nglegok, sebelah utara Kota Blitar. Memiliki nama asli Candi Palah, situs ini diperkirakan sudah dibangung sejak tahun 1200 M oleh Raja Srengga, dari Kerajaan Kadiri.

3. Banyak tempat wisata edukasi

potret Kampung Coklat (instagram.com/shareblitar)

Selain memiliki berbagai macam destinasi wisata sejarah, Blitar juga memiliki berbagai tempat wisata edukasi yang cukup terkenal di kalangan anak-anak muda karena memiliki berbagai spot foto yang Instagramable, seperti Kampung Coklat, Kebun Kopi Karanganyar, Blitar Green Park, dan masih banyak lagi.

Salah satunya contohnya ialah Kampung Coklat. Selain dijadikan tujuan untuk berburu foto, kamu juga bisa belajar banyak macam informasi tentang coklat, mulai dari pembibitannya, pengolahan, hingga siap untuk dinikmati dalam berbagai macam produk yang ada. Bisa dibilang kalau Kampung Coklat merupakan surga bagi para pecinta coklat.

4. Keindahan alamnya luar biasa

potret Pantai Peh Pulo (instagram.com/hendrik_ograd)

Blitar juga terkenal akan panorama alamnya yang luar biasa, terletak di sisi selatan Pulau Jawa, Blitar berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang membuatnya memiliki berbagai Pantai yang cukup cantik dan keren.

Beberapa pantai terkenal di Blitar adalah Pantai Jolosutro, Pantai Pangi, Pantai Tambakrejo, Pantai Serang, serta Pantai Peh Pulo yang terletak di Kecamatan Panggungrejo serta dikenal sebagai Raja Ampatnya Blitar, karena pulau-pulau kecil yang dimilikinya.

Baca Juga: 7 Aneka Kuliner Lontong Khas Jawa Timur, Dijamin Uenak Pol!

Verified Writer

Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya