Comscore Tracker

9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!

Olahan tempe dari Jatim mulai dari berkuah hingga yang kriuk

Orang Indonesia pasti familiar dengan tempe, kan? Tempe merupakan bahan makanan berbentuk kotak  yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Tempe dapat diolah menjadi berbagai makanan mulai dari tempe goreng, tempe mendoan, tempe orek, sayur lodeh tempe, dan lainnya.

Di setiap daerah di Indonesia pastinya memiliki kuliner tempe andalan, tak terkecuali Jawa Timur. Di Jawa Timur, terdapat berbagai kuliner berbahan tempe yang bisa dimakan sebagai kudapan atau sebagai lauk-pauk.

Nah, penasaran kuliner olahan tempe apa yang banyak ditemui di Jawa Timur? Simak artikel berikut, ya!

1. Orem-orem tempe adalah hidangan khas Malang yang berupa tempe kuah kuning bersantan dengan rasa gurih. Makanan ini disantap dengan ketupat dan taburan bawang goreng

9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!Orem-orem tempe khas Malang (instagram.com/dapoersikoko)

2. Keripik tempe khas Ngawi terbuat dari tempe yang diiris tipis lalu diberi aneka bumbu dan digoreng hingga garing. Cocok banget buat jadi camilan  

9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!Keripik tempe khas Ngawi (instagram.com/seleramode)

3. Mendol terbuat dari tempe yang sudah dihaluskan lalu dicampur bumbu-bumbu, dibentuk lonjong, dan digoreng. Mendol biasanya disajikan sebagai lauk rawon, nasi pecel, atau lodeh

9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!Mendol khas Malang (instagram.com/_melskitchen)

4. Tempe menjes adalah gorengan yang terbuat dari tempe gembus yang diberi tepung dan berbagai bumbu lalu digoreng garing. Gurih dan renyah!

9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!Tempe menjes dari Kota Surabaya (instagram.com/yuliafoods)

Baca Juga: Biar Gak Cuma Digoreng, Ini 5 Olahan Tempe yang Bisa Kamu Coba

5. Sambal tumpang khas Kediri terbuat dari tempe semangit yang dihancurkan kemudian dimasak dengan aneka bumbu. Sambal tumpang biasanya menjadi pelengkap dari nasi pecel. Pedas menggoda! 

9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!Sambal tumpang khas Kediri (instagram.com/isenisen.sgt)

6. Godo tempe khas Gresik terbuat dari tempe goreng tepung yang disajikan dengan sambal petis khas Jawa Timur. Kudapan ini memiliki cita rasa manis, gurih, dan pedas yang lezat

9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!Godo tempe khas Gresik (instagram.com/nonimasak)

7. Tempe penyet adalah makanan yang terbuat dari tempe goreng yang dilumat bersama dengan sambal penyet yang pedas. Tempe penyet disantap bersama nasi dan lalapan segar

9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!instagram.com/nietawidya

8. Tempe kepleh; tempe goreng khas Ponorogo ini biasanya menjadi lauk nasi pecel. Tempe dibalut dengan tepung dan aneka rempah-rempah kemudian digoreng hingga kecokelatan

9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!Tempe kepleh khas Ponorogo (instagram.com/jamilil.arkhaminingrum)

9. Botok tempe khas Gresik terbuat dari parutan kelapa, tempe yang dihaluskan, dan berbagai bumbu kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Lebih mantap bila disantap dengan nasi panas

9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!ilustrasi botok tempe (instagram.com/amelia_home_kitchen)

Olahan tempe khas Jawa Timur tersebut tak hanya disantap sebagai lauk pauk tapi juga bisa sebagai camilan. Rasa tempe yang gurih berpadu dengan aneka bumbu tentunya lezat dan bikin nagih. Dari sembilan kuliner tempe di atas, mana yang paling kalian suka?

Baca Juga: 9 Makanan Khas Jawa Timur Berbahan Petis, Aromanya Menggugah Selera

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya