TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Destinasi Wisata Paling Seru buat Liburan Weekend, Dekat Jakarta Lho

Semuanya ada di sini

reservasi.com

Bagi yang tinggal di Jakarta, apa kamu masih sering bingung mau ke mana saat akhir pekan? Bosan gak sih kalau destinasi itu-itu saja, seperti ke Bogor, Bandung, atau Pulau Seribu.

Kalau sedikit mau mengulik, ternyata Sukabumi, Jawa Barat, memiliki destinasi wisata yang gak kalah menarik lho. Perjalanan yang ditempuh kurang dari lima jam menjadikannya sebagai alternatif liburan akhir pekan yang menyenangkan. Bahkan berpotensi jadi Bandung baru nih. Mana saja ya?

1. Pasir Datar

youtube.com/agam apandy

Lokasinya berada di Kecamatan Caringin. Daerah dataran tinggi itu menawarkan panorama yang amat menarik. Ada hutan pinus, kebun teh, dan perkebunan luas membentang. Pasir Datar masuk kawasan Gunung Gede.

Di sana banyak tersedia penginapan atau vila yang cocok dimanfaatkan untuk bermalam bersama keluarga. Lokasinya pun hanya 111 kilometer dari Jakarta dengan waktu tempuh tiga jam.

2. Kasepuhan Ciptagelar (Cisolok Traditional Village)

travelingsukabumi.com

Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar dulunya disebut Kampung Ciptarasa. Sejak 2001, penyebutannya diganti. Kampung ini tak kalah cantik dengan kampung adat di pulau-pulau lain. Bila berkunjung ke sana, kamu bisa melakukan banyak hal. Di antaranya belajar sejarah atau sekadar memotret kehidupan yang masih mempertahankan nilai-nilai tradisional.

Ada beberapa jalur untuk menuju kampung tersebut. Salah satunya melalui Sukabumi ke arah Pelabuhanratu. Yang perlu disiapkan, kamu harus dalam kondisi fit karena jalur yang ditempuh cukup berat. Sebab, Kasepuhan ini terletak di lereng Gunung Salak.

3. Curug Sodong

ksmtour.com

Tempat ini memiliki air terjun kembar yang amat mempesona. Ketinggiannya lebih dari 19 meter. Di balik air terjun, ada cekungan yang mirip gua. Panoramanya sangat alami dan indah. Belum lagi tumbuhan yang hidup di sekitarnya.

Meski sangat alami, fasilitas umum yang tersedia sudah cukup lengkap. Ada tempat parkir, toilet, musala, dan warung-warung kecil. Untuk mencapainya, arah perjalanan sama dengan jalur menuju kawasan Ciletuh Geopark.

Baca Juga: 17 Potret Liburan Seru di Resorts World Genting, Bikin Lupa Waktu Deh!

4. Situ Cipiit

sukabumizone.com

Kamu bakal menemui banyak burung pipit di sini. Itulah kenapa tempat ini dinamakan Curug Cipiit. Perlu perjuangan untuk menuju lokasi indah ini. Pertama, kamu harus menyusuri jalur setapak di antara bentangan kebun teh dan perkampungan. Jalurnya cukup sulit, tapi lansekap yang ditawarkan sangat berharga.

Kita bisa menyaksikan air terjun membentang dengan ketinggian 30 meter. Sementara itu, di bagian muaranya ada kolam yang cukup lebar. Cocok banget dikunjungi saat butuh relaksasi dan menenangkan diri. Suara air menghantam peraduannya menimbulkan sensasi yang melegakan pikiran.

5. Curug Sentral Jayanegara

inisukabumi.com

Sukabumi rasanya seperti tanah seribu curug. Kalau mau dikulik lebih jauh, tak akan ada habisnya deh. Curug Sentral Jaya Negara jadi lokasi yang paling wajib disambangi. Selain sensasi dinginnya pegunungan, panoramanya menawarkan gambaran yang menyegarkan mata.

Lokasinya di Kampung Pondok Beureum, Jalan Jayanegara Indah Kabandungan. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi untuk ke sini, karena angkutan umum cukup sulit ditemukan. Kamu bisa menyewa mobil atau motor dari Terminal Cibadak.

6. Danau Situ Gunung

wisatapriangan.co.id

Danau yang tampak sangat Instagramable ini terletak tepat di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Di sekitarnya, terdapat hutan-hutan alami yang menorehkan kesan misterius. Bila sampai di tempat wisata itu, jangan hanya berdiam di pinggir danau. Kamu bisa mengitarinya menggunakan perahu sampan yang disewakan.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Dieng Ini Cocok Jadi Destinasi Liburan Akhir Pekanmu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya