TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daya Tarik 5 Pulau di Morotai, Wisata Bahari yang Wajib Kamu Kunjungi!

Morotai juga menyimpan wisata sejarah juga lho!

Dermaga di Pulai Matita, Morotai. (Dok. Kemenparekraf)

Pulau Morotai yang terletak di Maluku Utara memiliki segudang daya tarik wisata alam. Salah satu pulau terluar Indonesia ini menyajikan pemandangan menawan dari jajaran kepulauan berpasir putih, pantai yang landai, serta laut biru dengan beragam biota alam. Tak hanya wisata alam, Morotai juga menyimpan wisata sejarah.

Untuk mencapai ke destinasi-destinasi wisata yang memiliki pesona luar biasa, para wisatawan bisa menggunakan kapal dari Dermaga Daruba. Dari Daruba, Ibu Kota Morotai, inilah titik awal para wisatawan bisa berkunjung ke pulau-pulau di Morotai yang memesona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, pun mengajak seluruh wisatawan Nusantara untuk liburan #DiIndonesiaAja, salah satunya ke Pulau Morotai. Pemerintah terus berupaya melakukan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pariwisata di Morotai

“Jangan lewatkan kesempatan untuk mengenal keindahan Indonesia yang tersembunyi di Morotai. Ke depan, akan dibangun juga jalur-jalur wisata di Morotai terutama untuk wisata minat khusus yang berkaitan dengan wisata bahari,” tutur Sandiaga.

Nah, sudah siap menjelajahi pulau-pulau di Morotai? Sambil merencanakan liburan, jangan lupa saksikan NGANTRI atau Ngobrol Bareng Mas Menteri setiap akhir pekan dengan bintang tamu dan obrolan seru secara live di akun Instagram @pesona.indonesia

Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 temanmu untuk ikutan, ya! Raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia. Inilah 5 pulau yang wajib kamu singgahi saat berkunjung ke Morotai! Check it out!

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata di Lampung Tengah, Banyak Wisata Hidden Gem

1. Pulau Dodola seru banget nih!

Dodola Besar di Pulau Dodola, Morotai. (Dok. Kemenparekraf)

Keindahan Pulau Dodola membuat pemerintah setempat menjulukinya sebagai ‘Mutiara di Bibir Pasifik’. Pulau Dodola terdiri atas dua pulau, yakni Dodola Besar dan Dodola Kecil. Uniknya, kedua pulau ini terlihat menyatu saat air laut pasang dan terpisah saat air laut surut. Wisatawan bisa berjalan menyeberangi lautan melalui gumukan pasir yang timbul di antara Dodola Besar dan Dodola Kecil saat air laut surut. Kondisi ini biasanya terjadi pada siang hari, yakni mulai pukul 12.00 hingga 14.00 WIT.

Pulau Dodola Kecil tidak berpenghuni dan hanya berisi pepohonan tinggi. Sementara di Pulau Dodola Besar tersedia beberapa buah vila kayu dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti air bersih serta makanan dan minuman. Aktivitas olahraga air bisa dilakukan di Pulau Dodola Besar, seperti berkendara dengan speed boat, banana boat atau sekadar berenang dan bersantai. Di sekitar pantai terdapat pula para pedagang yang menawarkan air kelapa segar untuk dinikmati sembari berwisata air.

2. Pulau Matita nan instagenic

Dermaga di Pulai Matita, Morotai. (Dok. Kemenparekraf)

Pulau Matita merupakan pulau tak berpenghuni yang dipenuhi tanaman liar. Keindahan Pulau Matita dan laut sekelilingnya bisa dinikmati melalui sudut cantik dermaga pulau yang berbentuk huruf T.

Kepala dermaga beratap kecil dan terbuat dari kayu. Deretan kayu-kayu kokoh tersusun rapi menghubungkan kepala dermaga ke daratan pulau, menjadi tempat instagenic untuk merekam momen dengan kamera. 

Tak kalah menakjubkan adalah pemandangan bawah laut Pulau Matita. Salah satunya, Matita Shark Point yang merupakan rumah berbagai jenis ikan hiu. Pulau ini pun menjadi pilihan yang tepat bagi para penyelam.

3. Pulau Pasir Timbul punya daya tarik tersendiri nih!

Pulau Pasir Timbul di Morotai. (Dok. Kemenparekraf)

Pulau ini sebenarnya belum memiliki nama resmi. Namun, masyarakat Morotai mengenalnya sebagai Pulau Pasir Timbul. Sesuai namanya, pulau ini hanya bisa dijejaki saat air laut sekelilingnya surut dan membentuk jalan setapak seperti jalur penghubung antara Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil.

Lantaran sering tertutup air laut, Pulau Pasir Timbul akan membawa banyak jenis kerang, patahan biota laut, hingga potongan kayu besar maupun ranting kecil di atasnya. Karena itu, jangan lupa mengenakan alas kaki saat menapaki Pulau Pasir Timbul.

4. Nikmati indahnya lautan di Pulau Kokoya

Pulau Kokoya (instagram.com/humanitycitra)

Pulau Kokoya merupakan salah satu pulau terluas di perairan Morotai. Pulau tak berpenghuni ini memiliki pantai pasir putih yang bersih dan tenang. Dermaga Pulau Kokoya terbuat dari kayu-kayu kokoh dengan pijakan kuat, cocok sebagai tempat untuk mengambil foto atau duduk menikmati indahnya lautan Morotai yang membentang luas.

Bila ingin berteduh dari teriknya matahari, Pulau Kokoya juga dihiasi pohon-pohon rimbun yang menutupi sebagian pasir. Rasanya sayang jika hanya menikmati suasana pantai di Pulau Kokoya. Jangan lupa untuk mencoba aktivitas snorkeling di sekitar pulau. Lautnya yang bersih diwarnai berbagai jenis ikan, termasuk ikan dugong, terumbu karang, dan spesies laut lainnya.

Baca Juga: 10 Potret Pulau Kokoya di Morotai, Keindahan Biota Lautnya Eksotis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya