TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gunung Bawakaraeng: Info Rute, Tiket, dan Aktivitas Seru

Kibaran bendera merah putih di sini

ilustrasi Gunung Bawakaraeng (Instagram.com/rmbtravelindo)

Panorama alam Indonesia begitu indah dipandang mata. Mulai dari pantai, perbukitan, hingga deretan gunung menawan, semua ada. Sejumlah destinasi pun kerap di-explore untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, seperti halnya Gunung Bawakaraeng

Dari tahun ke tahun, Gunung Bawakaraeng selalu dijadikan tempat pengibaran bendera merah putih oleh para pendaki. Ketinggiannya mencapai 2.700 mdpl, sehingga makin mempercantik kibaran bendera saat tertiup angin.

Jika berencana membentangkan bendera merah putih pada Hari Kemerdekaan, kawasan Gunung Bawakaraeng cocok buat dipilih. Namun, sebelum datang ke sana, simak terlebih dahulu ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Sulawesi Utara Selain Likupang, Alamnya Menawan

Lokasi dan rute Gunung Bawakaraeng

Puncak Talung di kawasan Gunung Bawakaraeng (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Gunung Bawakaraeng berlokasi Betao Riase Gowa, Betao Riase, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Sesampainya di sini, pilihlah jalur pendakian Lembanna yang lebih mudah.

Jalur Lembanna menjadi jalur paling populer. Lokasinya ada di ketinggian 1.400 mdpl, tepatnya di Desa Lembanna, Kecamatan Tinggi Moncong. Dibutuhkan waktu 2-3 hari untuk sampai di puncak dan turun kembali. Trek awalnya berupa perkebunan, dilanjutkan kawasan hutan, lalu bebatuan dengan vegetasi rendah.

Jam operasional dan harga tiket masuk

Gunung Bawakaraeng (google.com/maps/lo asinamura)

Operasional Gunung Bawakaraeng setiap hari selama 24 jam. Saat akan melakukan pendakian, umumnya para pendaki akan bermalam terlebih dahulu di Desa Lembanna. Barulah keesokan paginya pendakian dimulai.

Meski begitu, banyak pula pendaki mengawali hiking saat tengah malam. Biasanya ini dilakukan supaya tak ketinggalan momen sunrise.

Sementara, untuk harga tiket masuk Gunung Bawakaraengdibanderol Rp30 ribu. Ini belum  termasuk biaya parkir jika bawa kendaraan pribadi. Umumnya, pendaki menaiki pete-pete atau angkutan umum dengan tarif mulai Rp3 ribu untuk sampai di Gunung Bawakaraeng.

Baca Juga: Pesona Tanralili, Danau Eksotis di Kaki Gunung Bawakaraeng

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya