TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Wisata Alam di Pacitan, Tujuan Self Healing Terbaik di Jawa Timur

Pemandangan hijau bisa jadi pelepas penat

Pantai Kasap (instagram.com/afief_ilham)

Pacitan terkenal unggul dalam wisata alamnya, terutama pantai-pantainya yang terkenal mempunyai pemandangan elok. Tak hanya pantai, wilayahnya juga mempunyai banyak wisata alam berupa air terjun dan pegunungan, lho.

Panorama yang disuguhkan pun tak kalah menawan jika dibandingkan dengan wisata alam di Bali atau Raja Ampat. Wisata alam di Pacitan, Jawa Timur, bakal menjadi tujuan wisata pelepas penat terbaikmu, deh.

1. Jurug Gringsing

Jurug Gringsing (instagram.com/dhanzsity)

Jurug Gringsing terletak di Ploso, Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Wisata ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Tiket masuknya pun tergolong murah, cuma Rp5.000 per orang.

Air terjun ini mempunyai daya tarik berupa bentuknya yang berundak dengan debit air tidak cukup deras. Namun, suasana akan berbeda selama musim hujan. Panoramanya yang mengesankan sungguh tak tertandingi.

Air terjun ini juga mempunyai pemandangan yang masih asri dengan kealamian yang terjaga. Terdapat spot khusus dengan background air terjun dan gundukan dengan bentuk hati yang banyak dijadikan latar foto para wisatawan. 

2. Grojogan Dhuwur

Grojogan Dhuwur (instagram.com/pacitan_paradise)

Terdapat tiga fenomena alam di Grojogan Dhuwur. Wisata ini terletak di Dusun Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Pengunjung akan disuguhkan aliran sungai yang jernih dan tenang.

Pengunjung juga dapat bermain air atau berenang. Namun, disarankan untuk berhati-hati ketika melewati bebatuan karena cukup licin. Air terjun yang berjatuhan mengalir di antara bebatuan. Terdapat pula gua yang tersembunyi di balik air terjun dengan panorama mengesankan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Alam di Banjarnegara dengan Panorama Indah

3. Gunung Limo

Gunung Limo (instagram.com/zidfahmy)

Bagi pengunjung yang mencintai kegiatan mendaki, maka bisa mencoba berkunjung ke Gunung Limo. Lokasinya berada di Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Wisatawan tak perlu terlalu membuang tenaga untuk menuju ke puncak Gunung Limo. Sebab, ketinggian gunung ini hanya sekitar 668 meter. Jalur pendakiannya juga tak terlalu sulit.

Tujuan akhir mendaki Gunung Limo adalah Batu Pongaan. Di area ini, pengunjung dapat menikmati alam di sekitar gunung, mulai dari perbukitan, perkebunan, hingga persawahan.

4. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul (instagram.com/marchelinas)

Pantai Ngandul terletak di Widoro, Donorojo, Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Meskipun pantai ini tersembunyi, tapi pesonanya tak kalah memukau dengan pantai lainnya. Sekilas, pantai ini tampak seperti tebing yang menghadap ke laut.

Pantai ini mempunyai aliran sungai yang langsung bermuara ke laut. Hal ini menciptakan fenomena air terjun mini yang menambah keindahan pantai. Tempat ini tampak begitu indah, tapi untuk bisa menyaksikannya, pengunjung harus sangat berhati-hati, terutama saat ombak pasang. 

Baca Juga: 7 Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi ketika di Pacitan

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya