Comscore Tracker

8 Bangunan Terkenal di Australia Selain Opera Sydney, Wajib Dikunjungi

Pasti bikin kamu tertarik untuk mengunjunginya!

Australia merupakan negara tetangga dari Indonesia. Australia mempunyai banyak wisata terkenal seperti Gunung Kozciuszka, Gurun Pasir di Australia, pantai Bondi, dan masih banyak destinasi lain di negara Australia.

Negara ini juga mempunyai bangunan yang mempunyai model arsitektur yang unik dan terkenal yang harus dikunjungi untuk berfoto. Berikut daftar bangunan yang ada di Australia.

1. Stasiun Kereta Api Flinders Street

8 Bangunan Terkenal di Australia Selain Opera Sydney, Wajib Dikunjungitheculturetrip.com

Stasiun kereta Flinders Street ini berada di kota Melbourne. Stasiun ini sudah ada sejak 1854 dan menjadi stasiun pertama di Australia. Bangunan ini dihiasi oleh kubah yang indah dan arsitektur yang sangat klasik sehingga menjadikannya bangunan yang ikonik di Australia khususnya kota Melbourne.

Bangunan yang sekarang merupakan model yang dibangun tahun 1901. Dulu tahun 1926 stasiun ini merupakan stasiun tersibuk di dunia.

2. Q1

8 Bangunan Terkenal di Australia Selain Opera Sydney, Wajib Dikunjungiarchitectureanddesign.com.au

Q1 (Queensland Number One) merupakan bangunan tertinggi yang ada di Australia. Bangunan pencakar langit ini bertinggi 322,5 meter dan mempunyai 78 lantai dengan ketinggian tersebut bangunan ini menjadi yang tertinggi di Australia dan .

Letak bangunan ini ada di Surfers Paradise, Queensland, Australia. Bangunan ini juga menjadi ikon Queensland.

3. Royal Exhibition Building

8 Bangunan Terkenal di Australia Selain Opera Sydney, Wajib Dikunjungivisitmelbourne.com

Bangunan ini terdaftar sebagai warisan dunia yang berlokasi di Melbourne, Victoria, Australia. Bangunan ini dibangun 1979 dan selesai di tahun 1980.

Saat selesai dibangun, Royal Exhibition Building dijadikan acara pameran internasional pertama di Melbourne yang dihadiri oleh 1.800.000 orang. Bangunan ini mempunyai luas sekitar 64 hektar. 

Setelah menjadi pameran internasional Melbourne pada tahun 1888 dijadikan tempat pameran yang lebih besar yaitu Pameran Internasional Centennial dan pada tahun 1901 dijadikan tempat pembukaan parlemen Australia, Royal Exhibition Building menjadi bangunan warisan budaya UNESCO pada tanggal 1 Juli 2004.

4. Queen Victoria Building

8 Bangunan Terkenal di Australia Selain Opera Sydney, Wajib Dikunjungitheaustralian.com.au

Dari luar, Queen Victoria Building nampak seperti sebuah museum atau bangunan parlemen namun sebenarnya bangunan ini merupakan pusat perbelanjaan di Australia. Bangunan ini dibuka pertama kali tahun 1898 dan dirancang oleh George Mcrae dengan arsitektur bergaya Romawi. Di dalam bangunan ini terdapat toko dari brand-brand terkenal, kafe, dan restoran.

Hal bersejarah yang ada di bangunan ini adalah surat yang ditulis oleh Ratu Elizabeth 2 yang ditulis pada tanggal 18 November 1986 yang akan dibuka pada tahun 2085.

Lokasi bangunan ini ada di 429 – 481 George Street di distrik bisnis pusat Sydney, di negara bagian Australia, New South Wales.

Baca Juga: 5 Pantai Terbaik di Australia, Pilihan Destinasi buat Liburanmu Nanti!

5. Australia Square Tower

8 Bangunan Terkenal di Australia Selain Opera Sydney, Wajib Dikunjungiwikipedia.org

Bangunan ini dibangun pada tahun 1961 dan selesai di tahun 1967. Australia Square Tower bukanlah bangunan tertinggi atau yang bersejarah di Australia, namun hal yang menarik adalah tempat ini menjadi ikon arsitektur Australia dan bangunan ini pernah menjadi bangunan tertinggi di Sydney dan di dunia pada tahun 1967.

Bangunan ini berada di pusat bisnis Sydney yang tepatnya di 264 George Street.

6. Museum of Australian Democracy / Old Parlianment House

8 Bangunan Terkenal di Australia Selain Opera Sydney, Wajib Dikunjungimoadoph.gov.au

Bangunan ini dirancang oleh John Smith Murdoch yang merupakan arsitek pemerintah persemakmuran pertama. Pada tahun 1927-1988 bangunan ini dijadikan tempat parlemen berkumpul. Saat tahun 1980-an para anggota parlemen yang masuk sudah melebihi kapasitas dan akhirnya dibangun New Parlianment House yang selesai di bulan Juni tahun 1988.

Setelah Museum of Australian Democracy tidak terpakai, lalu bangunan ini dijadikan sebagai museum demokrasi Australia. Museum of Australian Democracy ini berlokasi di 18 King George Terrace, Parkes, ACT 2600, Australia.

7. New Parlianment House

8 Bangunan Terkenal di Australia Selain Opera Sydney, Wajib Dikunjungiwikipedia.org

Desain New Parlianment House ini didapatkan dari hasil kompetisi desain arsitektur yang terdiri dari 2 tahap kompetisi yang diumumkan pertama kali pada bulan April 1979. Kompetisi desain arsitektur ini selesai pada tanggal 26 Juni 1980 yang dimenangkan oleh Mitchell/Giurgola dan Thorp yang merupakan perusahaan arsitektur asal New York.

New Parlianment House mulai dibangun pada tahun 1981 dan selesai tanggal 9 Mei 1988. Di dalam bangunan ini terdapat 4500 ruangan, dan bangunan ini setiap tahunnya menerima pengunjung sampai 1 juta pengunjung setiap tahunnya.

Lokasi New Parlianment House ini ada di Parlianment Dr, Canberra ACT 2600, Australia.

8. Rialto Tower

8 Bangunan Terkenal di Australia Selain Opera Sydney, Wajib Dikunjungiphorio.com

Rialto Tower merupakan bangunan perkantoran yang dibangun pada tahun 1982 dan selesai pada 1986. Saat selesai dibangun, Rialto Tower menjadi bangunan tertinggi di Australia dan menjadi yang ketiga di dunia pada tahun 1986.

Bangunan yang mempunyai ketinggian hingga 251 meter dan mempunyai 63 lantai ini menjadi tempat pertama untuk acara Melbourne's Tower Running.

Rialto Tower berlokasi di kota Melbourne, 525 Collins Street, Australia.

Itulah daftar bangunan yang terkenal di Australia selain Opera Sydney. Jadi jika kamu mau liburan ke Australia kamu punya banyak destinasi lain yang mungkin belum dijelajahi seperti bangunan-bangunan terkenal yang ada di daftar.

Baca Juga: 5 Negara dengan Kepadatan Penduduk Terendah, Australia Salah Satunya

Andian Ramadhan Photo Writer Andian Ramadhan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya