Comscore Tracker

8 Tempat Wisata Paling Populer di Parepare, Kampung Halaman BJ Habibie

Potensi wisata di Parepare gak bisa dipandang sebelah mata

Banyak yang mengenal Kota Parepare, Sulawesi Selatan, sebagai tempat kelahiran Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie. Meski kota kecil dan bukan tujuan wisata utama di Sulawesi Selatan, kampung halaman mendiang Habibie ini punya banyak tempat yang sangat menarik untuk dieksplorasi.

Potensi wisata di Parepare gak bisa dipandang sebelah mata. Kamu bisa menikmati banyak hal di sini, mulai dari wisata bahari hingga dataran tinggi. Di antaranya seperti berikut ini:

1. Pantai Tonrangeng

8 Tempat Wisata Paling Populer di Parepare, Kampung Halaman BJ Habibieinstagram.com/arlannurdin

Salah satu wisata pantai yang cukup populer di Parepare yakni Pantai Tonrangeng. Pantai Tonrangeng menyajikan panorama alam yang menawan.

Air lautnya jernih dan pasirnya berwarna putih. Selain menikmati panorama alam, kamu bisa mencicipi berbagai kuliner yang dijajakan di sekitar pantai ini. Pantai Tonrangeng sendiri berlokasi di Jalan Latassakka, Lumpue, Bacukiki Barat, Kota Parepare.

2. Pantai Mattirotasi

8 Tempat Wisata Paling Populer di Parepare, Kampung Halaman BJ Habibieinstagram.com/alvinliady

Selain Pantai Tonrangeng, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Mattirotasi yang berada tak jauh dari pusat Kota Parepare.

Pantai Mattirotasi juga memiliki panorama alam yang gak kalah ciamik. Selain itu, fasilitas pantai ini juga cukup lengkap. Kamu bisa bersantai di gazebo sembari menikmati suasana pantai yang aduhai.

3. Pantai Bibir

8 Tempat Wisata Paling Populer di Parepare, Kampung Halaman BJ Habibietripadvisor.com

Pantai Bibir berlokasi di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare. Pesona sunset di sini terkenal memesona. Ke sini bareng pasangan jadi makin romantis, deh!

4. Air Terjun Tompangnge

8 Tempat Wisata Paling Populer di Parepare, Kampung Halaman BJ Habibieinstagram.com/syahranisaid

Sesuai namanya, Air Terjun Tompangnge berada di Tompangnge, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare. Suasana alamnya sangat sejuk dan tenang. Selain air terjun, kamu juga bisa mampir ke gua yang indah dengan memiliki ribuan kelelawar.

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Parepare, Kota Indah Kelahiran BJ Habibie

5. Gunung Bulu Nepo

8 Tempat Wisata Paling Populer di Parepare, Kampung Halaman BJ Habibieinstagram.com/ervinrivaldi

Gunung Bulu Nepo merupakan dataran tinggi yang terletak di segitiga emas Parepare, Sidrap, dan Barru. Destinasi ini menawarkan pemandangan perbukitan dengan padang rumput yang luas dan asri.

Dari puncak Nepo, kamu bisa menikmati bentang alam yang luar biasa indah. Kota Parepare, Sidrap, dan Pinrang juga tampak begitu menawan dari ketinggian.

6. Kebun Raya Jompie

8 Tempat Wisata Paling Populer di Parepare, Kampung Halaman BJ Habibietriptrus.com

Kebun Raya Jompie merupakan hutan kota alami yang berlokasi di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Soreang, Kota Parepare. Di Indonesia sendiri, hanya ada dua kota yang memiliki kawasan hutan kota alami yang luas, yakni Bogor dan Parepare.

Kebun raya yang sudah ada sejak 1920 ini menyimpan keanekaragaman hayati sekaligus menjadi objek wisata, serta pusat penelitian tumbuhan tropis, khususnya tanaman endemik Sulawesi.

7. Tonrangeng Riverside

8 Tempat Wisata Paling Populer di Parepare, Kampung Halaman BJ Habibieinstagram.com/disporapar_parepare

Tonrangeng Riverside berada di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare. Ruang terbuka hijau ini jadi tempat yang nyaman untuk bersantai bareng keluarga.

Suasana pinggir sungai yang bersih dan rapi menambah hawa betah. Saat malam hari, kawasan ini dipercantik dengan kehadiran lampu-lampu yang menghiasi sekitar jembatan.

8. Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

8 Tempat Wisata Paling Populer di Parepare, Kampung Halaman BJ Habibieinstagram.com/astriwidiyanti26

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun merupakan spot yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Parepare. Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun dibangun sejak 2015.

Monumen ini digagas Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, untuk mengenang kisah cinta inspiratif B.J. Habibie kepada istrinya, Hasri Ainun Besari. Lokasinya di jantung Kota Parepare, sehingga jadi destinasi wisata paling ikonik yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dan masyarakat lokal.

Itulah beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke Parepare, kota kelahiran Eyang Habibie. Semoga bisa jadi inspirasimu ya.

Baca Juga: Mengenang Makanan Favorit BJ Habibie Sejak Kecil, Ada Kesukaanmu Juga?

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You