Comscore Tracker

8 Wisata Air Terjun di Lampung dan Sekitarnya, Panoramanya Juara!

Semua penat dan stres mendadak hilang

Lampung merupakan salah satu provinsi di Sumatra yang dianugerahi banyak potensi wisata alam memesona. Salah satu wisata alam yang populer di Lampung adalah air terjun eksotis, yang tersebar di hampir setiap wilayah, mulai dari utara hingga ke timur.

Nah, berikut ini deretan air terjun yang wajib dikunjungi saat kamu traveling ke Lampung!

1. Air Terjun Way Lalaan

8 Wisata Air Terjun di Lampung dan Sekitarnya, Panoramanya Juara!instagram.com/afzanio_akyildizleandra

Air Terjun Way Lalaan berada di kaki Gunung Tanggamus atau tepatnya di Kampung Baru, Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus. Surga tersembunyi ini merupakan air terjun bertingkat dengan jarak kurang lebih 200 meter.

Terdapat kolam alami menuju sungai kecil yang bisa digunakan untuk berenang. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, karena telah dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Tanggamus.

2. Air Terjun Ciupang

8 Wisata Air Terjun di Lampung dan Sekitarnya, Panoramanya Juara!instagram.com/azizahfkhrtnn

Air Terjun Ciupang beralamat di Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Spot Air Terjun Ciupang menawarkan suasana yang memesona dan masih asri. Berjajar pula bebatuan yang bisa digunakan untuk memanjat dan berfoto. Ingat, harus tetap hati-hati ya, karena bebatuan ditumbuhi lumut, sehingga cukup licin!

3. Curup Gangsa

8 Wisata Air Terjun di Lampung dan Sekitarnya, Panoramanya Juara!instagram.com/deprijr95

Curup Gangsa merupakan air terjun yang menyuguhkan panorama yang sangat menakjubkan. Air terjun yang berlokasi di Kota Way, Kasui, Kabupaten Way Kanan, ini punya ketinggian sekitar 50 meter, lebar sekitar 20 meter, dan dihiasi bebatuan besar yang berserakan di sekitar air terjun.

Nama Curup Gangsa ini konon diambil dari bunyi gemerincing airnya yang bagaikan suara seruling bambu (gangsa).

4. Air Terjun Putri Malu

8 Wisata Air Terjun di Lampung dan Sekitarnya, Panoramanya Juara!instagram.com/duniaindra

Masih di Kabupaten Way Kanan, ada juga Air terjun Putri Malu yang tak kalah memesona. Air terjun ini berada di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter, Air terjun Putri Malu benar-benar menyuguhkan panorama yang menawan. Tak hanya itu, suasana sekitar yang masih asri dan tenang pun membuat spot ini cocok untuk melepas penat.

5. Air Terjun Batu Putu

8 Wisata Air Terjun di Lampung dan Sekitarnya, Panoramanya Juara!ksmtour.com

Air Terjun Batu Putu berlokasi di Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Utara, Bandar Lampung. Lokasinya tak begitu jauh dari pusat kota, kurang lebih sekitar 45 menit. Meski dekat dengan pusat kota, air terjun ini tetap menyuguhkan pemandangan yang cantik dengan nuansa khas pegunungan.

Baca Juga: 6 Air Terjun di Semarang yang Bakal Bikin Kamu Terpesona

6. Air Terjun Talang Ogan

8 Wisata Air Terjun di Lampung dan Sekitarnya, Panoramanya Juara!ksmtour.com

Sesuai namanya, air terjun ini berada di Dusun Talang Ogan, Desa Talang Beringin, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus. Pemandangannya begitu indah dengan ketinggian air mencapai sekitar 30 meter.

Airnya mengalir jernih, meski musim hujan sekali pun. Air terjun ini juga memiliki kolam alami yang bisa digunakan untuk bermain air atau berenang.

7. Air Terjun Batu Lapis

8 Wisata Air Terjun di Lampung dan Sekitarnya, Panoramanya Juara!instagram.com/avisenasyafieq

Selain Air Terjun Talang Ogan, Kecamatan Pulau Panggung juga memiliki air terjun lainnya yang gak kalah indah. Air Terjun Batu Lapis namanya.

Air Terjun Batu Lapis memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Air terjun ini juga bisa menjadi spot foto yang keren, karena terdapat jembatan tepat di bawah air terjun.

8. Curup Tujuh

8 Wisata Air Terjun di Lampung dan Sekitarnya, Panoramanya Juara!ihategreenjello.com

Curup Tujuh berlokasi di Marga Jaya, Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah. Sesuai namanya, air terjun ini memiliki tujuh tingkat dengan total ketinggian mencapai 75 meter di aliran Sungai Way Seputih.

Curup Tujuh juga dilengkapi oleh fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari MCK, musala, hingga penginapan yang nyaman.

Nah, itulah beberapa air terjun di Lampung yang bisa kamu jadikan jujugan wisata menyenangkan. Mana yang paling membuatmu kebelet liburan?

Baca Juga: 7 Air Terjun Unik yang Bisa Kamu Jelajahi di Geopark Ciletuh Sukabumi

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya