Comscore Tracker

Akses Mudah, Rasakan Kesegaran Sungai Cigereuh di Gunung Puntang

Menengok keindahan Bandung Selatan

Saat ini, menemukan sumber air bersih sekaligus tempat untuk menyegarkan tubuh dan pikiran yang masih jernih dan asri di kota besar seperti Bandung mungkin terasa sulit. Beberapa wisatawan yang mengidamkan keindahan seperti itu mungkin terpaksa harus bepergian ke tempat-tempat yang jauh dengan akses yang cukup sulit.

Namun ternyata Bandung masih memiliki destinasi idaman seperti ini lho! Sungai Cigereuh di Gunung Puntang bisa menjadi alternatif bagi para wisatawan yang tidak ingin bepergian terlalu jauh dengan perbekalan yang terlalu banyak. Jarak perjalanan yang harus ditempuh hanya sekitar 38 kilometer dari Alun-Alun Kota Bandung.

Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, akses menuju lokasi Sungai Cigereuh termasuk sebagai akses yang sangat mudah. Berada di kaki gunung dengan ketinggian 1290 mdpl, sungai dengan air yang masih jernih dan segar ini cukup ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 500 meter dari gerbang utama kawasan wisata Gunung Puntang.

1. Air yang masih sangat jernih, jauh dari polusi

Akses Mudah, Rasakan Kesegaran Sungai Cigereuh di Gunung PuntangDokumentasi pribadi/ Ane Hukrisna

Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tentu saja suasana alam masih sangat terasa di Sungai Cigereuh ini. Kamu bisa menikmati kesegaran air gunung yang masih sangat jernih tanpa adanya sampah sedikit pun. Udara yang segar juga membuat lokasi ini semakin tepat untuk dijadikan sebagai destinasi short escape di kala tubuh dan pikiran sedang terasa penat.

2. Lokasi yang cocok untuk berfoto

Akses Mudah, Rasakan Kesegaran Sungai Cigereuh di Gunung PuntangDokumentasi pribadi/ Ane Hukrisna

Karena belum terlalu diketahui oleh banyak orang, Sungai Cigereuh masih terbilang sepi apalagi saat weekday. Tentu saja kondisi seperti ini adalah waktu yang tepat untuk hunting foto-foto cantik yang bisa kamu tunjukan di media sosialmu.

Baca Juga: Dulu Kumuh, 7 Sungai Ini Sekarang Jadi Wisata Kece

3. Akses menuju sungai mudah dan aman

Akses Mudah, Rasakan Kesegaran Sungai Cigereuh di Gunung PuntangDokumentasi pribadi/ Ane Hukrisna

Untuk sebagian orang, mungkin kata gunung terdengar sedikit menakutkan karena dianggap jauh, sulit akses dan rumit. Namun, karena Sungai Cigereuh ini terletak di kaki Gunung Puntang, kamu tidak perlu repot-repot dengan berbagai perbekalan karena jarak dan akses yang harus ditempuh sangat mudah dan aman.

4. Dilengkapi saung tempat beristirahat atau berteduh

Akses Mudah, Rasakan Kesegaran Sungai Cigereuh di Gunung PuntangDokumentasi pribadi/ Ane Hukrisna

Setelah cukup bermain air dan menikmati kesegaran sungai, tentu kita perlu beristirahat sejenak untuk sekadar menikmati makanan ringan yang sudah kita bawa dari rumah. Jangan khawatir karena area Sungai Cigereuh dilengkapi oleh fasilitas saung atau pondokan kecil yang diperuntukan sebagai tempat istirahat para wisatawan.

5. Tiket masuk sangat terjangkau

Akses Mudah, Rasakan Kesegaran Sungai Cigereuh di Gunung PuntangDokumentasi pribadi/ Ane Hukrisna

Untuk memasuki kawasan wisata Gunung Puntang, kita hanya perlu berkontribusi untuk biaya pemeliharaan dan keamanan sebesar, sebagai berikut:

KTM Perorangan Rp. 20.000
KTM Manca Negara Rp. 50.000
KTM Camping Rp. 20.000/ hari
KTM Pendakian Puncak Mega Rp. 27.000
KTM Roda 2 Rp. 5.000
KTM Roda 4 Rp. 10.000
KTM Roda 6 Rp. 25.000
KTM MTB Rp. 25.000

Itulah pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan di Sungai Cigereuh, kawasan wisata Gunung Puntang. Jangan lupa untuk tetap melestarikan keindahan alam dengan cara menghormati peraturan-peraturan yang ada ya!

Waktu terbaik untuk mengunjungi Sungai Cigereuh adalah di pagi hingga siang hari agar tidak khawatir dengan cuaca yang tidak dapat diprediksi.

Selain itu, tetap perhatikan protokol kesehatan di masa pandemi ini karena untuk memasuki kawasan wisata Gunung Puntang kamu wajib mematuhi 3M; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat menikmati keindahan alam!

Lokasi Gunung Puntang:
Desa Puntang, Kecamatan Cimaung, Banjaran Bandung Selatan.

Baca Juga: 9 Deretan Tempat Makan Murah di Bandung untuk Mengisi Akhir Pekan

Ane Hukrisna Photo Writer Ane Hukrisna

Lifestyle and travel writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya