Comscore Tracker

Wisata Edukasi, Rekomendasi 5 Galeri Seni Instagramable di Bandung

Wisata edukasi seni sambil mengunjungi spot foto ikonik

Bagi wisatawan yang sudah bosan dengan destinasi wisata alam maupun kafe yang banyak ditemukan di Bandung, galeri seni bisa dijadikan alternatif dalam itinerary liburan. Selain bisa belajar dan menikmati seni, lokasi galeri seni ini penuh dengan spot yang instagramable.

Saat ini sudah banyak galeri seni yang dapat dikunjungi dengan harga terjangkau bagi para pecinta seni. Biasanya juga galeri seni tersebut sudah dilengkapi dengan ruang berkumpul maupun kafe yang cocok untuk berdiskusi tentang seni. Buat kamu yang akan liburan ke Bandung, bisa mengunjungi lima rekomendasi galeri seni berikut.

1. NuArt Sculpture Park

Wisata Edukasi, Rekomendasi 5 Galeri Seni Instagramable di Bandungbagian dalam NuArt Park (instagram.com/ m_azriansyah)

Taman Patung NuArt adalah galeri milik seniman terkenal di Bandung bernama Nyoman Nuarta. Lahir di Tabanan Bali, Nyoman Nuarta akhirnya menetap di Bandung. Saat mengunjungi situs ini, pengunjung tidak hanya akan melihat karya seni di dalam ruangan, tapi juga di luar ruang. Ada juga taman dengan karya seni di sana.

Gedung galeri ini terdiri atas dua lantai. Di lantai pertama pengunjung dapat menikmati koleksi seni pahat karya Nyoman Nuarta. Lalu di lantai kedua merupakan tempat pameran bagi seniman lain. Terdapat pula kafe yang menyajikan beragam hidangan khas Bali, lho.

Lokasi: Jalan Setra Duta Raya nomor L6, Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Waktu operasional: Buka setiap hari, pukul 09.00–17.00 WIB

2. Selasar Sunaryo Art Space

Wisata Edukasi, Rekomendasi 5 Galeri Seni Instagramable di BandungSelasar Sunaryo Art Space (instagram.com/ fathln__)

Salah satu galeri seni yang paling populer sebagai objek wisata, SSAS (Selasar Sunaryo Art Space) layak untuk dipilih jika hanya memiliki waktu singkat di Bandung. Sesuai dengan namanya, tempat ini didirikan oleh Sunaryo, seorang seniman kelahiran Banyumas.

Fasilitas termasuk perpustakaan, kafe, toko suvenir, pondok residensi, dan amfiteater yang dikelilingi oleh alam. Salah satu program bergengsinya adalah Bandung New Emergence yang memetakan talenta muda.

Lokasi: Jalan Bukit Pakar Timur nomor 100, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Waktu operasional: Buka setiap Selasa–Minggu, pukul 10.00–17.00 WIB

Baca Juga: 5 Museum dan Galeri Seni yang Instagramable di Jogja, Kece Abis! 

3. Galeri Soemardja

Wisata Edukasi, Rekomendasi 5 Galeri Seni Instagramable di BandungGaleri Soemardja (instagram.com/ isnainisna)

Galeri Soemardja, salah satu galeri tertua ini dibentuk pada tahun 1974. Nama galeri diambil dari salah satu perancang sistem pendidikan seni rupa di Indonesia, Syafe’i Soemardja. Galeri seni ini berada di dalam gedung kampus Institut Teknologi Bandung sejak tahun 1993.

Galeri Soemardja sebagian besar dikunjungi oleh mahasiswa dan masyarakat umum. Sebagian besar karya di sini dibuat oleh mahasiswa seni lokal. Galeri ini juga mempunyai ruang untuk diskusi dan seminar seni. Galeri Soemardja mengadakan praktik seni rupa lainnya, termasuk desain industri, arsitektur, kriya, fotografi, dan budaya visual pada umumnya.

Lokasi: Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha nomor 10, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Waktu operasional: Buka setiap Senin–Jumat, pukul 09.00–16.00 WIB

4. Roemah Seni Sarasvati

Wisata Edukasi, Rekomendasi 5 Galeri Seni Instagramable di Bandungkoleksi seni Roemah Seni Sarasvati (instagram.com/ sylvietanaga)

Roemah Seni Sarasvati diciptakan untuk memperkenalkan karya-karya pelukis ternama Indonesia. Tempat dengan bangunan berdesain kolonial ini merupakan proyek dari Sarasvati Art Management.

Galeri seni sering digunakan untuk pameran kontemporer, diskusi, serta lokakarya oleh seniman lokal dan asing. Bagi yang ingin bersantai setelah menikmati sebuah karya seni, di Roemah Seni Sarasvati terdapat sebuah kafe kecil yang dilengkapi dengan taman.

Lokasi: Jalan Jendral Sudirman nomor 137, Karanganyar, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung.

Waktu operasional: Buka setiap hari, pukul 10.00–21.00 WIB

5. Griya Seni Popo Iskandar

Wisata Edukasi, Rekomendasi 5 Galeri Seni Instagramable di BandungGriya Seni Popo Iskandar (.instagram.com/ griyasenipopoiskandar)

Galeri seni ini menyimpan koleksi berbagai karya seniman sunda terkenal Popo Iskandar. Popo Iskandar merupakan seorang pelukis ternama yang karyanya banyak digemari hingga mancanegara. Popo Iskandar juga merupakan seorang tokoh pengajar, kritikus seni, dan penulis esai.

Kecintaan sang seniman pada kucing pun bisa dilihat dalam karya-karyanya yang menjadikan kucing sebagai objek. Selain itu juga ada hewan lain, seperti ayam dan macan. Galeri ini terbuka bagi masyarakat umum dan terkadang pengunjung dapat melihat pameran yang diadakan oleh seniman lain di sini.

Lokasi: Jalan Dr. Setiabudi No. 235B, Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

Waktu operrasional: Buka setiap Senin–Jumat, pukul 12.00–17.00 WIB

Galeri seni di Bandung tidak hanya digunakan untuk pameran, kebanyakan memiliki area outdoor dengan spot-spot ikonik dan mengadakan berbagai kelas seni. Sangat cocok bagi wisatawan yang masih pemula dan ingin mempelajari seni.

Baca Juga: Bukan Sekadar Objek Wisata, Ini 5 Makna Galeri Seni Wot Batu

Anisa Destya Photo Verified Writer Anisa Destya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya