Comscore Tracker

Informasi Wisata Goa Gong Pacitan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 

Gua paling indah se-Asia Tenggara

Berlibur ke wisata alam selalu mengesankan. Salah satu yang jadi favorit adalah mendatangi gua. Melihat stalaktit dan stalagmit yang terbentuk dari endapan tetesan air di dalam gua mampu membuatmu takjub akan keindahan alam di Indonesia.

Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, jadi tempat terbaik untuk kamu datangi apabila ingin melihat eksotisnya gua. Salah satu yang bisa kamu singgahi adalah Goa Gong. Keindahan Goa Gong terlihat dari perpaduan cahaya lampu warna-warni yang menyinari dinding gua.

Sorotan lampu mampu mengecoh matamu seolah warna alami terpancar dari dalam gua. Buat kamu yang berencana datang ke Pacitan, tak ada salahnya memasukkan tempat ini ke dalam agendamu. Sebelum ke sana, simak informasi wisata Goa Gong meliputi lokasi, rute, dan harga tiketnya berikut ini, ya.

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Informasi Wisata Goa Gong Pacitan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Goa Gong Pacitan. (instagram.com/_no.8)

Lokasi: Jalan Salam, Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

Harga:

  • Anak-anak: Rp5.000
  • Dewasa: Rp20.000

2. Rute perjalanan menuju Goa Gong

Informasi Wisata Goa Gong Pacitan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Suasana di dalam Goa Gong. (instagram.com/gepemoto)

Rute tercepat dan paling sering dilalui untuk menuju Goa Gong adalah berawal dari Pacitan. Mulailah dari Kabupaten Pacitan menuju arah barat dengan menggunakan jalan arteri yakni Jalan Nasional III.

Selanjutnya, belok kiri atau arah selatan ke Jalan Punung-Goa Gong. Jarak yang ditempuh sekitar 37 kilometer dengan waktu perjalanan selama 1 jam 30 menit.

3. Aktivitas seru saat liburan di Goa Gong

Informasi Wisata Goa Gong Pacitan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Jalur trekking sebelum masuk ke mulut goa Gong Pacitan. (instagram.com/teryyuanaputri)

Hal seru yang bakal kamu lakukan adalah perjalanan  panjang sebelum akhirnya masuk ke mulut gua. Terdapat jalan setapak dan tangga yang harus kamu taklukan, tapi tak perlu khawatir karena pemandangan di sekeliling begitu indah menyejukkan mata.

Setibanya di gua, kamu akan diajak melewati medan yang cukup ekstrem. Pasalnya, Goa Gong memiliki panjang kurang lebih 256 meter. Perjalanan menyusuri gua akan ditempuh selama kurang lebih 2 jam dengan jalan kaki. Namun, tak perlu khawatir, keindahan Goa Gong mampu menepis lelah yang kamu rasakan.  

Informasi Wisata Goa Gong Pacitan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Stalaktit dan stalagmit Goa Gong Pacitan. (instagram.com/dikiarieffendi)

Nikmati pula suara tetesan air yang terjatuh dan terdengar layaknya suara gong. Suara ini pula yang membuat gua ini dinamakan Goa Gong. Penggemar fotografi pasti tak akan menyesal menyambangi gua ini karena setiap sudut gua layak untuk diabadikan.

Ada juga, tujuh ruang berisikan mata air atau disebut sendang. Masing-masing sendang dipercaya memiliki khasiat tersendiri, seperti membuat awet muda hingga membuang sial.

Meski begitu, ada juga beberapa sendang yang tak boleh disinggahi karena terlalu berbahaya bila ditelusuri lebih dalam. Sebab, ruangan di lokasi tersebut sangat minim oksigen.

Baca Juga: Informasi Wisata Gua Akbar Tuban: Lokasi, Rute, dan Fasilitas

4. Fasilitas yang terdapat di Goa Gong

Informasi Wisata Goa Gong Pacitan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Rel pengaman di dalam Goa Gong Pacitan. (instagram.com/sandiputtra)

Goa Gong Pacitan memiliki fasilitas terbilang cukup lengkap bagi wisatawan yang berkunjung. Misalnya saja area parkir yang luas, toilet, hingga tempat ibadah. Gua ini dilengkapi dengan rel pengaman, kipas angin, dan lampu yang memudahkan pengunjung.

Bila merasa lelah selepas menyusuri gua, istirahat sejenak dengan mengisi perut di warung atau tempat makan di sekitar. Selain itu, ada juga pusat oleh-oleh dan suvenir yang bisa kamu borong untuk orang tersayang di rumah.

Jika masih merasa letih, kamu sesekali bisa duduk di gazebo sembari bersantai dan memandang indahnya langit serta pemandangan di sekitar. Lengkap banget, kan?

5. Tips berkunjung ke Goa Gong Pacitan 

Informasi Wisata Goa Gong Pacitan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Potret salah satu pengunjung Goa Gong Pacitan. (instagram.com/suthe_bianconeri)

Supaya liburanmu di Goa Gong Pacitan makin nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Datanglah saat kondisi tubuhmu fit dan prima. Dibutuhkan perjalanan yang begitu panjang baik sebelum maupun sesudah memasuki gua.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman dan aman misalnya sepatu atau sneakers, mengingat perjalanan panjang yang harus kamu tempuh dengan berjalan kaki.
  3. Hindari memakai pakaian yang terlalu tebal, meski sudah disediakan kipas angin di dalam gua kamu masih akan merasakan hawa yang sangat panas.
  4. Jika tak ingin berjalan kaki dari area parkir, pakailah jasa tukang ojek yang siap mengantarkanmu hingga pintu loket masuk.
  5. Bawalah bekal dari rumah terutama minuman karena akan sangat melelahkan ketika menyusuri gua yang begitu panjang dengan medan yang naik turun.
  6. Selalu jaga diri sepanjang menyusuri gua jangan sampai jatuh atau pun terluka. Jaga pula barang bawaanmu, jangan pula membuang sampah sembarangan.
  7. Tetap patuhi aturan kesehatan selama berkunjung ke Goa Gong Pacitan.

Seru banget datang ke Goa Gong di Kabupaten Pacitan yang punya julukan Kota 1001 Goa ini, kan? Jangan lupa ajak keluarga dan orang tersayang melihat salah satu keindahan alam ini, ya!

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Gua di Indonesia, Panoramanya Eksotis dan Menantang

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya