Comscore Tracker

5 Telaga Cantik di Indonesia, Rugi kalau Belum ke Sini 

Gak cuma indah tapi cocok banget buat healing #LokalIDN

Indonesia menawarkan pesona alam yang selalu indah dan memanjakan mata. Dari Sabang hingga Merauke terhampar bentangan alam yang begitu memesona.

Selain gunung, pantai, air terjun, bukit, dan hutan, Indonesia juga punya sejumlah wisata telaga yang cantik banget, lho. Rasanya rugi banget deh kalau belum menyambangi salah satunya.

Berikut beberapa alternatif telaga cantik di Indonesia yang bisa kamu jelajahi. Apa saja? Cari tahu sama-sama yuk!

1. Telaga Warna  

5 Telaga Cantik di Indonesia, Rugi kalau Belum ke Sini Telaga Warna (instagram.com/tania_arbi)

Di dataran tinggi Dieng terdapat sebuah telaga yang begitu indah namanya Telaga Warna.

Diberi nama Telaga Warna karena air di telaga yang sering berubah-ubah sehingga menjadikan keunikan wisata alam tersendiri. Fenomena ini terjadi sebab adanya kandungan sulfur yang cukup tinggi pada air telaga sehingga ketika terkena sinar matahari air telaga akan tampak berwarna-warni. Kendati demikian terkadang air telaga berubah menjadi warna hijau, biru, kuning, hingga putih.

Telaga Warna semakin cantik karena dikelilingi oleh bukit serta pepohonan yang rindang. Selain itu, terkadang efek kabut yang menyelimuti sekitar telaga membuatnya semakin eksotis. Pokoknya rugi banget deh kalau belum pernah ke Telaga Warna.

Lokasi: Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

Harga tiket: Rp15 ribu.

2. Telaga Biru Semin  

5 Telaga Cantik di Indonesia, Rugi kalau Belum ke Sini Telaga Biru Semin (instagram.com/ochmads)

Memiliki luas sekitar kurang lebih 10 hektar, Telaga Biru Semin di Yogyakarta digadang-gadang sebagai Raja Ampat di Jogja.

Seperti namanya, air di telaga ini berwarna kebiru-biruan. Warna biru di Telaga Semin berasal dari ganggang dan juga lumut yang terkena pantulan sinar matahari.

Salah satu telaga paling indah di Indonesia itu terbentuk akibat adanya aktivitas tambang batu. Sehingga, tebing batuan yang mengelilinginya akan semakin mempercantik destinasi wisata yang satu ini.

Lokasi: Karangwuni, Weru, Sukoharjo, Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari 24 jam.

Harga tiket: gratis.

Baca Juga: Telaga Warna Dieng: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Info Menariknya

3. Telaga Nirwana  

5 Telaga Cantik di Indonesia, Rugi kalau Belum ke Sini Telaga Nirwana (instagram.com/amarbaco)

Telaga yang berada di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur ini juga tak kalah cantik dan eksotisnya untuk disambangi, lho. Telaga Nirwana menghadirkan keindahan alam yang sangat memesona di mana terdapat teluk sepanjang kurang lebih 700 meter dan bermuara langsung pada telaga.

Tak berhenti di situ, setiap wisatawan yang datang akan menyaksikan adanya lempengan batu berbentuk hati di tengah telaga yang mana lempengan batu tersebut dikelilingi oleh bentangan pasir putih di dasar telaga dan tembus pandang, lho.

Bila hendak kemari, kamu bisa menyewa sampan milik nelayan yang terletak di bibir pantai untuk mendayung menuju Telaga Nirwana sejauh 200 meter.

Lokasi: Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Jam operasional: setiap hari 24 jam.

Harga tiket: Rp150-200 ribu untuk sewa sampan nelayan.

4. Telaga Samares  

5 Telaga Cantik di Indonesia, Rugi kalau Belum ke Sini Telaga Samares (instagram.com/meevis__ )

Kawasan Indonesia Timur terkenal dengan keindahan alamnya. Salah satunya yakni Telaga Samares yang ada di Biak. Telaga ini dikenal pula dengan sebutan Telaga Biru atau Wopersnondi.

Telaga Samares semakin terlihat cantik dan memesona sebab ia terletak tepat di tengah-tengah hutan. Air telaga yang berwarna biru jernih seolah begitu kontras dengan hijaunya pepohonan. Bahkan saking jernihnya, kamu bisa melihat dasar telaga juga, lho. Tak heran bila Telaga Samares dijuluki sebagai salah satu surga yang tersembunyi.

Lokasi: Rim, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Jam operasional: setiap hari 24 jam.

Harga tiket: gratis

5. Telaga Sarangan 

5 Telaga Cantik di Indonesia, Rugi kalau Belum ke Sini Telaga Sarangan (instagram.com/terlalujauh__)

Salah satu telaga paling cantik di Indonesia ini terletak di Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan merupakan salah satu telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 mdpl. Telaga ini tak pernah sepi pengunjung, lho. Pemandangan telaga yang indah dan dikelilingi hutan pinus yang asi ditambah udara dingin nan sejuk memberikan pesona tersendiri.

Saking cantiknya, telaga ini dibandingkan juga lho dengan Danau Genewa yang ada di Swiss. Luas Telaga Sarangan kurang lebih sekitar 30 hektar dengan kedalaman 28 meter.

Untuk menikmati keindahan danau ini bisa kamu lakukan dengan berjalan kaki, naik kuda, ataupun menggunakan speedboat.

Lokasi: Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari 24 jam.

Harga tiket: Rp20 ribu.

Indonesia seolah tak pernah ada habisnya untuk menawarkan pesona keindahan alamnya. Tak terkecuali sederet telaga cantik di atas. Pokoknya kamu harus banget deh  mendatangi salah satunya setidaknya sekali seumur hidup. Karena jika tidak, bakal rugi banget!

Baca Juga: 5 Info Telaga Ngebel Ponorogo: Lokasi, Aktivitas, dan Tips 

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya