Comscore Tracker

Telaga Warna Dieng: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Info Menariknya

Lanskap alamnya bak di luar negeri

Sebagai dataran tinggi yang menyimpan segudang destinasi, ada beberapa tempat wisata Dieng yang sangat populer. Keindahannya sudah dikenal oleh wisatawan lokal sampai luar negeri. Ada liam telaga Dieng paling favorit, salah satunya Telaga Warna.

Telaga Warna terbentuk akibat letusan gunung berapi jutaan tahun lalu. Telaga yang jadi favorit para pendaki ini dipercaya sebagai tempat permandian para Dewi. Sebelum mampir ke Telaga Warna Dieng simak informasi berikut ini. 

1. Lokasi dan rute menuju Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Info MenariknyaTelaga Warna Dieng Wonosobo (instagram.com/donnyperkasa)

Telaga Warna terletak di Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dengan ketinggian kurang lebih 2.000 meter di atas permukaan laut, Telaga Warna begitu asri dengan bukit-bukit hijau di sekitarnya.

Ada beberapa rute yang bisa dilewati untuk menuju ke Telaga Warna Dieng. Disarankan untuk menggunakan rute dari Wonosobo dengan jarak sekitar 27 kilometer, perjalanannya memakan waktu kurang lebih 40 menit. Rute ini direkomendasikan pada para wisatawan karena termasuk yang termudah untuk ditempuh.

2. Harga tiket, jam operasional, dan fasilitas

Telaga Warna Dieng: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Info MenariknyaTelaga Warna Dieng Wonosobo (instagram.com/danik_ttrisna08)

Untuk menikmati keindahan Telaga Warna Dieng yang eksotis, kamu harus membayar tiket seharga Rp15 ribu. Harga ini sewaktu-waktu bisa berubah, ya. 

Gak perlu khawatir, Telaga Warna Dieng dapat kamu kunjungi setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk dapat menikmati panorama yang ditawarkan, sebaiknya kamu datang ke Telaga Warna pada pagi atau siang hari. Kalau memutuskan untuk mengunjungi Telaga Warna Dieng pada sore hari, kemungkinan besar keindahannya ditutupi oleh kabut.

Adapun fasilitas yang ditawarkan, yaitu area parkir, toilet, musala, warung makan, dan spot-spot wisata menarik. Jika kamu ingin bersantai menikmati keindahannya, di Telaga Warna Dieng juga tersedia gazebo atau tempat duduk. 

3. Daya tarik Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Info MenariknyaTelaga Warna Dieng Wonosobo (instagram.com/jalan.jalanyuk)

Seperti namanya, Telaga Warna Dieng mempunyai ciri khas berupa warna air yang bisa berubah menjadi hijau, kuning dan biru. Konon, dikisahkan perubahan warna Telaga Dieng disebabkan oleh cincin seorang bangsawan yang jatuh ke telaga tersebut.

Namun, secara ilmiah, proses bergantinya warna ini karena kandungan sulfur yang tinggi di Telaga Warna Dieng. Selain itu, di bagian dasar terdapat habitat ganggang merah.

Bukan hanya itu saja, bagi kamu pencinta sunrise wajib berkunjung ke Telaga Warna Dieng. Pemandangan sunrise yang ditawarkan begitu eksotis dan memesona, dijamin kamu gak akan menyesal berkunjung ke sini.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Penginapan Seru di Sekitar Dieng, Liburan Makin Nyaman

4. Spot foto eksotis dan Instagramable

Telaga Warna Dieng: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Info MenariknyaTelaga Warna Dieng Wonosobo (instagram.com/anayuid)

Begitu indah panorama Telaga Warna Dieng, banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang tidak ingin melewatkannya. Bahkan, para pengunjung mengabadikan keindahan Telaga Warna Dieng ke dalam foto. 

Adapun spot foto yang bisa kamu dapatkan dan hasilnya estetik banget. Di antaranya berfoto ketika sunrise dengan latar belakang Telaga Warna, spot Batu Pandang Dieng, jembatan kayu gantung dengan latar belakang dua telaga yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon, dan masih banyak lagi.

5. Penginapan di sekitar Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Info MenariknyaTelaga Warna Dieng Wonosobo (instagram.com/zaebolang)

Setelah lelah seharian menikmati menjelajah, kamu bisa beristirahat dengan menyewa penginapan yang terletak tidak jauh dari Telaga Warna Dieng. Harga yang ditawarkan juga bervariasi dan murah.

Beberapa penginapan di sekitar Telaga Warna Dieng:

  • Chic Room at Homestay Anemom Syariah,
  • Nice Room at Homestay Sakura Syariah,
  • Comfort Room at Flamingo Homestay Dieng,
  • Cozy stay at Homestay Kemang Dieng Syariah,
  • Homestay Dieng Cool,
  • Cozy Stay at Homestay Lidah Buaya Syariah,
  • Comfy Room at Homestay Candradimuka.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp180-250 ribuan. Lokasi penginapan ini dinilai sangat strategis karena bukan hanya dekat dengan Telaga Warna Dieng saja, tetapi juga dengan wisata lainnya.

Tunggu apa lagi? Ajak keluarga, pasangan atau teman kamu ke sini dan nikmati segudang panormana Telaga Warna Dieng yang akan memanjakan mata kamu. Supaya lebih menikmati, sempatkan untuk menginap pula, ya!

Baca Juga: 5 Telaga di Dieng yang Keindahannya Bikin Terpesona, Sejuk Abis!

Anami Mhi Photo Verified Writer Anami Mhi

Menulis untuk bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya