Comscore Tracker

5 Breathtaking Private Island di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Liburan mewah dan aman di pulau pribadi! #LokalIDN

Liburan di tengah pandemik COVID-19 membuat para wisatawan harus mememikirkan semuanya secara matang. Selain harus melengkapi syarat perjalanan dan menerapkan protokol kesehataan, kamu juga sebaiknya memilih destinasi wisata yang sepi pengunjung. Misalnya seperti liburan di sebuah private island.

Meski cukup merogoh kocek, private island menawarkan wisata liburan komplit mulai dari penginapan dan aktivitas hiburan, serta jauh dari kerumunan.

Di tengah kemajuan industri pariwisata, jumlah private island  terbaik di Indonesia juga kian bertambah. Nah, jika kamu merencanakan liburan mewah di pulau pribadi, pertimbangkan salah satu dari 5 private island terbaik yang ada di Indonesia berikut ini. Yuk simak!

1. Nikoi Island

5 Breathtaking Private Island di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungifoto Nikoi Island (twitter.com/EscapeArtistLLC)

Pulau Nikoi merupakan pulau pribadi seluas 16,9 hektar. Berlokasi di Kepulauan Riau dan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai, Pulau Nikoi memang khusus untuk wisatawan karena tidak ada penduduk yang tinggal di sana. Dalam sehari, hanya sekitar 42 wisatawan yang bisa menginjakkan kaki di pulau ini.

Keindahan pantai pasir putih, air laut yang biru, serta keanekaragaman flora dan fauna laut cocok untuk kamu yang mendambakan keindahan alam. Suasanaya akan membuat kamu seperti pemilik Pulau Nikoi. Tidak ada hiruk pikuk ibu kota karena pulau ini memiliki konsep alam. Suasana yang tenang, nyaman, dan alami menggambarkan apa arti surga di Kepulauan Bintan.

Untuk menginap di pulau ini, kamu harus siap merogoh kocek yang tidak sedikit. Biaya untuk menginap di vila bisa menghabiskan biaya Rp5.000.000 atau setara dengan 375 dollar AS untuk dua orang per malamnya.

2. Kanawa Island

5 Breathtaking Private Island di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungifoto Kanawa Island (instagram.com/smiletrip.id)

Kanawa adalah pulau kecil yang dikelilingi oleh terumbu karang, hamparan pantai berpasir putih, dan air laut yang jernih; merupakan tempat yang sempurna bagi pencinta laut. Kanawa adalah salah satu pulau yang masih jarang dijamah wisatawan.

Lautnya memang sengaja dijaga sedemikian rupa sehingga siapapun bisa melihat ikan menari-nari di laut dengan mata telanjang, unik bukan? Laut terlihat seperti cermin yang sangat jernih. Hiu kecil berenang di perairan dangkal seolah-olah tidak terganggu dengan kedatangan manusia.

Tak hanya memiliki pesona laut, namun langit daratan Nusa Tenggara Timur seakan menunjukkan arti surga yang sebenarnya. Milky way yang bertengger di langit membuat siapapun terpesona melihatnya. Suasananya akan membuatmu serasa ada di pulau pribadi dengan gambaran surga yang sempurna.

Baca Juga: 10 Pulau Indonesia yang Dianggap Paling Cantik di Mata Bule

3. Ora Beach Maluku

5 Breathtaking Private Island di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungifoto Ora Beach Maluku (instagram.com/orabeachresort)

Pantai Ora merupakan salah satu pantai yang terletak di Pulau Seram, Maluku. Surga tersembunyi ini terdapat di dalam wilayah Taman Nasional Manusela. Tak heran jika pantai ini dikelilingi oleh perbukitan. Pantai Ora memiliki air laut yang jernih, berpasir putih, dan kekayaan biota lautnya juga masih terjaga dengan baik.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh wisatawan jika berkunjung ke pantai ini, misalnya snorkeling dan diving. Selain itu, kamu juga bisa mengeksplorasi Taman Nasional Manusela. Taman nasional ini merupakan kawasan konservasi gabungan dari dua cagar alam, yaitu Wae Nua dan Wae Mual.

Berbagai flora dan fauna khas Maluku pun terdapat di Taman Nasional Manusela, seperti Eucalyptus, beringin, Bakau, ketapang, cemara laut , dan lain-lain. Selain itu, terdapat spesies-spesies burung yang juga variatif.

Diperkirakan, di taman nasional ini terdapat 117 spesies burung, 14 di antaranya merupakan spesies endemik seperti Nuri Bayan, Kakatua Maluku, dll.

4. Misool Island

5 Breathtaking Private Island di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungifoto Misool Island (instagram.com/misooltrip)

Pulau Misool terletak di selatan khatulistiwa, dikelilingi oleh pulau-pulau kecil tak berpenghuni, tepatnya di antara tiga pulau utama Raja Ampat, yaitu Pulau Waigeo, Salawati, dan Batanta.

Pulau Misool terkenal dengan telaga berbentuk hati, biasa disebut "Love Pool". Spot tersebut sangat cocok untuk berfoto. Pulau ini juga merupakan pulau pribadi dengan kapasitas maksimum hanya untuk 40 wisatawan. Misool menawarkan liburan ekslusif dan pengalaman di alam yang masih asli.

Semua akomodasi kamar di Misool tersebar luas di sekitar formasi batuan karst bergelombang dan menghadap ke laut lepas seperti di Maldives. Aktivitas snorkeling dan diving menjadi list wajib yang harus kamu lakukan saat berlibur di Misool.

Para wisatawan akan disuguhkan banyak terumbu karang di perairan Raja Ampat ini. Dan jika beruntung, kamu juga bisa berenang ditemani oleh hiu sirip hitam.

5. Bawah Island

5 Breathtaking Private Island di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/bawahreserve

Pulau yang terletak di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki luas sekitar 300 hektar. Gugusan Pulau Bawah dikelilingi oleh 4 pulau kecil lain, yaitu Sanggah, Murbah, Lidi, dan Elang. Pulau Bawah memiliki air laut berwarna biru kehijauan yang jernih dengan hamparan pasir putih.

Meskipun luas, wisatawan yang datang dibatasi hanya untuk 70 orang untuk setiap kali kunjungan. Tujuannya untuk menciptakan kenyamanan dan privasi para pengunjung. Banyak hal yang bisa dilakukan di Pulau Bawah, seperti snorkeling dan diving. Selain itu, bisa juga berenang santai dan mendayung perahu kano.

Ketika malam tiba, kamu bisa melakukan stargazing dan melihat indahnya milky way di langit luas.

Nah itu dia 5 pulau pribadi di Indonesia yang wajib masuk bucket list kamu! Masing-masing tempat di atas memiliki pesona yang berbeda, lho. Ayo rencanakan liburanmu!

Baca Juga: 7 Pulau Tersembunyi di Banten, Suasananya bak di Pulau Pribadi

Ari Nabila Photo Verified Writer Ari Nabila

Badminton | Travel | Food

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya