Comscore Tracker

7 Hal Menarik Masjid Raya Al-A'zhom, Kebanggaan Warga Tangerang Nih

#RamadanMasaKini Masjid Raya Kota Tangerang yang ikonik

Masjid Raya Al-A'zhom ialah tempat ibadah umat Muslim yang terletak di Kota Tangerang sekaligus ikon yang menambah daya tarik Kota Tangerang itu sendiri.

Masjid ikonik kebanggaan warga Kota Tangerang yang juga masjid terbesar di Kota Tangerang ini tampaknya perlu masuk daftar kunjungan pada Ramadanmu. Fakta-fakta berikut ini dapat menjadi alasan kenapa kamu perlu menugnjungi Masjid Raya Al-A'zhom.

1. Desain menyerupai benteng

7 Hal Menarik Masjid Raya Al-A'zhom, Kebanggaan Warga Tangerang Nihflickr.com

Desain masjid yang terletak di Kota Tangerang yang juga dikenal dengan Kota Benteng menjadi alasan untuk akhirnya dibuat kantilever di atas genteng berbentuk benteng. Di dalamnya ada banyak lubang di tengah sebagai tempat meriam dalam sebuah benteng pada konstruksi bagian atas Masjid Raya Al-A'zhom. Sebutan atas kota ini menjadi semangat filosofis atas kontruksi masjid ini ya ternyata.

2. Diklaim sebagai masjid dengan kubah terbesar di dunia

7 Hal Menarik Masjid Raya Al-A'zhom, Kebanggaan Warga Tangerang Nihjakarta.panduanwisata.id

Masjid Raya Al-A'zhom menjadi begitu ikonik dengan kubahnya yang diklaim sebagai yang terbesar di dunia. Masjid berkubah besar ini memiliki keunikan karena tidak ada tiang penyangga. Struktur kubah induk di tengah ditopang oleh 4 kubah anak berbentuk setengah lingkaran di bawahnya sehingga cukup kuat menyangga kubah induk. Klaim kubah masjid ini sebagai yang terbesar bukan tanpa alasan, karena konstruksi kubahnya berdiamter 63 Meter, lho!

Baca Juga: Arsitektur Masjid Cheng Hoo, Perpaduan Islam, Tionghoa, dan Nasrani

3. Memiliki 5 buah kubah

7 Hal Menarik Masjid Raya Al-A'zhom, Kebanggaan Warga Tangerang Nihlenteranews.com

Selain diameter kubah induknya yang fantastis, yang menjadikan masjid ini begitu mewah ialah 4 kubah lainnya yang gunanya menyanggah atau menopang induk kubah masjid ini. Sebagaimana yang dituturkan oleh Asrofi H Yusuf yang dinukil dari laman resmi tangerangkota.go.id, seorang petugas di Masjid Raya Al-A'zhom, 5 kubah tersebut adalah melambangkan 5 rukun islam dan juga sholat 5 waktu. Wah, banget, kan?

4. Memiliki 4 buah tower

7 Hal Menarik Masjid Raya Al-A'zhom, Kebanggaan Warga Tangerang Nihtangerangkota.go.id

Kemudian, empat tower yang ada di empat sisi masjid ini menambah keindahan dari kubah masjid atau kontruksi masjid bagian atas Masjid Raya Al-A'zhom. Di mana masing-masing tinggi tower ini setinggi 55 Meter.

Masih menurut penuturan Asrofi H Yusuf, bahwa adanya empat tower ini bukan tanpa alasan, melainkan memiliki simbol mengenai makna 4 ajaran islam yaitu akidah, akhlak, syariah dan ibadah. Bangunan yang dibangun sangat filosofis sekali, bukan?

5. Luas bangunan 5.775 meter persegi

7 Hal Menarik Masjid Raya Al-A'zhom, Kebanggaan Warga Tangerang Nihtangerangkota.go.id

Masjid yang diperkirakan menampung 15.000 jama'ah ini memliki luas bangunan yang begitu luas, lho, yaitu, 5.775 meter persegi. Luas sekali, ya! Tak, salah, jika masjid ini masih menjadi masjid yang terbesar di Kota Tangerang sejauh ini.

6. Luas lahan 2,25 hektare

7 Hal Menarik Masjid Raya Al-A'zhom, Kebanggaan Warga Tangerang Nihduniamasjid.org

Kamu tahu berapa luas lahan yang menjadi tempat berdirinya salah satu landmark Kota Tangerang ini? Ya, Masjid Raya Al-Al-A'zhom di bangun di atas lahan seluas 2,25 hektare.

7. Lahan parkir seluas 14.000 meter persegi

7 Hal Menarik Masjid Raya Al-A'zhom, Kebanggaan Warga Tangerang Nihbacatangerang.com

Selain itu Masjid Raya Al-A'zhom memliki lahan parkir seluas 14.000 meter persegi, lho. Wah, cocok banget, kan, untuk destinasi Ramadanmu kali, ini? Yuk, segara agendakan jadwal berkunjungmu ke sana! Jangan lupa ajak-ajak keluargamu, ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Hasib Photo Community Writer Hasib

Manusiyb.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You