Comscore Tracker

7 Bangunan dengan Arsitektur Memukau yang jadi Tempat Drama Korea

Membuat penonton takjub karena keindahannya

Drama korea atau kdrama, siapa sih yang tidak tahu dengan salah satu serial drama asal Korea Selatan ini? Dengan menyajikan jalan cerita yang menarik serta aktor dan artis yang menawan, tak mengherankan jika kdrama sangat populer bahkan sampai luar Korea Selatan. 

Tak hanya itu saja, kdrama juga menyuguhkan pemandangan yang indah bagi kamu yang menonotonnya. Pemilihan lokasi syuting yang apik tak hanya di Korea Selatan tapi juga sampai keluar negeri lho. Dengan desain bangunan yang indah, makin membuat kdrama menjadi lebih menarik dan memukau penonton. Dan di bawah ini adalah tujuh bangunan dengan arsitektur memukau yang menjadi latar tempat dalam kdrama populer.

1. Dongdaemun Design Plaza

7 Bangunan dengan Arsitektur Memukau yang jadi Tempat Drama Koreaarchdaily.com

Kamu yang telah menonton Record of Youth, Love Alarm, Perfume, Are You Human, Fated to Love, The Producers dan My Love From The Stars pasti sudah tidak asing lagi dengan Dongdaemun Design Plaza atau DDP karya Zaha Hadid Architects. Bangunan ini selesai pada tahun 2014. Merupakan proyek pertama di Korea Selatan yang dibangun dengan menggunakan teknologi BIM (Building Information Modeling).

Memungkinkan arsitek untuk menyesuaikan desain dan konstruksi dengan kemauan desain klien yang terus berkembang. Fasadnya terbuat dari sistem kelongsong yang terdiri dari 45.000 panel dengan berbagai ukuran dan derajat kelengkungan, yang dirancang menggunakan sistem pemodelan parametrik, sehingga menghemat biaya. Fasad ini dianimasikan oleh pantulan lampu LED yang berasal dari bangunan di sekitarnya. 

2. Changdeokgung Palace

7 Bangunan dengan Arsitektur Memukau yang jadi Tempat Drama Koreatrip.com

Jika kamu menonton Kingdom Seasons 1 dan 2, Rookie Historian Goo Hae Ryung, Rooftop Prince dan Jewel in the Palace, kamu pasti pernah melihat Changdeokgung Palace. Sebuah bangunan yang termasuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997. Istana ini menjadi saksi sejarah Korea Selatan.

Sebuah istana paling disukai para pangeran Joseon. Seperti banyak situs bersejarah lainnya, istana ini telah mengalami kerusakan beberapa kali, terutama dari pendudukan Jepang di Korea pada tahun 1910-1945. Kondisinya saat ini dilaporkan memiliki 30% dari desain bangunan awalnya.

3. Menara Eiffel dan The Jardins du Trocadero

7 Bangunan dengan Arsitektur Memukau yang jadi Tempat Drama Koreakoreandramaland.com

Menjadi latar tempat dalam kdrama The Package, monumen utama City of Lights dan sekitarnya telah masuk dalam daftar tujuan banyak turis. Jardins du Trocadero awalnya direncanakan oleh Adolphe Alphand untuk Exposition Universelle pada tahun 1878, tetapi seperti yang kita kenal sekarang, bangun itu akhirnya dirancang oleh Arsitek Paris, Roger-Henri Expert, untuk Pameran Internationale des Arts et Techniques dans La Vie Moderne pada tahun 1937.

Menjulang di atasnya di seberang Seine adalah Menara Eiffel, dirancang oleh Insinyur Gustave Eiffel untuk World's Fair 1889. Menara Eiffel dianggap sebagai simbol kota Paris, yang telah menjadi bangunan buatan manusia tertinggi di dunia, sebelum dilampaui oleh Gedung Chrysler di New York pada tahun 1930. Sekarang, Menara Eiffel memiliki dek observasi tertinggi di Eropa yang dapat diakses oleh publik pada ketinggian 276 m di atas tanah.

Baca Juga: 10 Drama Korea Termahal Sepanjang Masa, Bujet Habis Ratusan Miliar!

4. Fontaine de Tourny

7 Bangunan dengan Arsitektur Memukau yang jadi Tempat Drama KoreaDok tvN

Penggemar kdrama Goblin tahu lokasi ini. Air mancur ini awalnya dirancang oleh pematung Mathurin Moreau pada tahun 1853 dan dipamerkan di World's Fair 1855, enam buah air mancur ini dulunya berada di Bourdeaux, kota kembar Quebec, hingga tahun 2000-an, ketika pengusaha Peter Simons melihat salah satunya di pedagang barang antik dan dihadiahkan kepada Kota Quebec untuk ulang tahun pendiriannya yang ke-400.

Hadiah ini dibuat sebagai ucapan syukur kepada penduduk kota karena telah melindungi toko ritel mode Simons, yang telah berbisnis di Quebec sejak 1840.

5. Church of the Heart

7 Bangunan dengan Arsitektur Memukau yang jadi Tempat Drama KoreaDok tvN

Terletak di lingkungan berhutan di Maiim Vision Village, Church of the Heart dirancang oleh arsitek modern asal Jepang, Tadao Ando. Gereja ini menjadi latar tempat dalam kdrama What's Wrong With Secretary Kim sebagai tempat Lee Young Joon melamar Kim Mi So.

Menggambarkan harmoni antara alam dan lingkungan buatan menjadi tujuan Ando dalam mendesain gereja ini. Siluet salib tampak melayang di dalam pepohonan yang mengelilingi kapel, menjadikannya titik fokus yang menawan untuk lingkungan yang tenang dan bersahaja ini.

6. Alhambra

7 Bangunan dengan Arsitektur Memukau yang jadi Tempat Drama Koreabenahavislife.com

Penggemar berat Hyun Bin mengetahui tempat ini dari kdrama Memories of Alhambra, di mana Hyun Bin bermain bersama Park Shin Hye. Kompleks megah ini juga merupakan situs Warisan Dunia UNESCO. Dideskripsikan oleh penyair Moor sebagai pearl set in emeralds, kompleks benteng istana ini awalnya dibangun pada tahun 889 M di atas sisa-sisa benteng Romawi dan dibangun kembali pada abad ke-13 oleh emir Nasrid Mohammed ben Al-Ahmar dari Emirat Granada, yang bertanggung jawab atas banyak detail rumitnya.

Alhambra adalah contoh arsitektur Muslim dengan pengaruh Bizantium.

7. Monastery Panagia Skopiotissa

7 Bangunan dengan Arsitektur Memukau yang jadi Tempat Drama Koreaecozante.com

Buat kamu yang sudah menonton kdrama Descendants of the Sun sudah tidak asing lagi dengan lokasi ini. Terletak di puncak Skopos di pulau Zakynthos di Yunani, dibutuhkan pendakian untuk sampai ke lokasi ini. Monastery Panagia Skopiotissa adalah gereja tertua di pulau ini. Dibangun pada tahun 1534, bangunan ini didedikasikan untuk keluarga bangsawan Logotheton yang masih menjadi pemiliknya hingga saat ini.

Gereja yang merupakan contoh arsitektur basilika, dibangun di atas pulau Artemis. Interiornya ditandai dengan lukisan dinding yang indah dari orang-orang kudus dan ikon Panagia Skopiotissa. Pemandangan dari lokasi ini sangat menawan, memperlihatkan Laut Mediterania.

Nah itulah tujuh bangunan dengan arsitektur memukau yang menjadi latar tempat dalam kdrama populer. Tak hanya menyajikan alur cerita yang menarik, ternyata kdrama juga memberikan visual yang berkualitas untuk penonton dengan menggunakan lokasi syuting yang memiliki arsitektur memukau. Kamu, paling suka dengan latar yang mana nih?

Baca Juga: 9 Lokasi Syuting Mr. Queen, Ada Tempat Kencan Jung Hyun dan Hye Sun

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya