Comscore Tracker

7 Danau Terindah di Dunia, Ada Dua yang dari Indonesia Lho!

Pecahan surga di dunia

Keindahan adalah selalu menjadi alasan mengapa orang jatuh cinta kepada sesuatu. Di dunia ini Tuhan banyak menciptakan keindahan untuk membuat manusia tersenyum dan terpesona akan keindahannya, salah satunya keindahan Danau yang begitu mengagumkan.

Berikut tujuh danau terindah di dunia, dua di antaranya indonesia punya lho.

1. Danau Plitvice - Kroasia

7 Danau Terindah di Dunia, Ada Dua yang dari Indonesia Lho!www.visit-croatia.co.uk

Terbentuk dari danau kecil di satu danau besar yang menghubungkan secara langsung ke air terjun dan memiliki 16 danau yang tersusun dalam kaskade, membuat siapapun yang berkunjung ke Danau Plitvice yang terletak di pegunungan Negara Kroasia ini akan langsung dibuatnya jatuh cinta. Danau indah ini juga menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Keindahan pemandangan alam di sekitar danau Plitive tidak diragukan lagi, dengan air danau yang jernih dan indah berwarna batu turqoise (pirus), dialiri serangkaian air terjun kecil membuat siapun akan berdecak kagum melihat keindahan Danau Plitive. Selain panoramanya yang memukau, Danau Plitive juga memiliki suatu keunikan yaitu warna air danau bisa berubah menjadi biru, hijau, hingga abu-abu tergantung letak sudut matahari.

2. Dananu Moraine - Kanada

7 Danau Terindah di Dunia, Ada Dua yang dari Indonesia Lho!en.wikipedia.org

Mungkin sudah tidak asing jika melihat gambar danau yang indah ini, karena sering dijadikan wallpaper gadget atau komputer, yaitu adalah Danau Moraine yang berlokasi di Lembah Ten Peaks, Banff National Park, Kanada. Membentang dengan lanskap alamnya nan menawan, Danau Moraine menjadi wisata primodona dan menjadi tujuan utama bagi para wisatawan saat mengunjungi di Kanada.

Berpagarkan kawasan pegunungan salju dan pepohonan pinus yang sejuk, serta perairan danau berwarna tosca sebening kristal menjadi daya tarik keindahan Danau Moraine. Pemandangan bias cahaya matahari yang menyelinap dari pegunungan salju akan tampak sebelum pukul 10 pagi, membuat Danau Moraine semakin memesona. Dari perairannya yang bening, terpancar refleksi panorama pegunungan salju, sungguh menakjubkan.

3. Danau Five Flower - China

7 Danau Terindah di Dunia, Ada Dua yang dari Indonesia Lho!www.bestourism.com

Dikenal masyarakat setempat dengan nama Danau Jiuzhaigou, Danau Five Flower adalah satu-satunya danau air tawar alami di Lembah Rize, China. Memiliki luas 13,8 hektar, dengan kedalaman mencapai 16,4 meter, Danau Five Flower merupakan aset wisata terpenting di cagar alam China Wuhua Jiuzhaigou National Park.

Panorama alam Danau Five Flower sangat luar biasa cantiknya. Air Danau Five Flower mengandung kalsium karbonat sehingga menghasilkan air yang sangat jernih dan berwarna-warni seperti pelangi. Dipadu dengan pemandangan akar pohon di dalam danau membuat Danau Fiver Flower semakin eksotis dan indah. Tidak itu saja, di sekitar Danau Five Flower Lake dihuni 140 spesies burung, tanaman eksotis, panda raksasa, tapir dan monyet berhidung emas

Meskipun memiliki air yang jernih dan indah, pengunjung dilarang berenang atau menyentuh permukaan danau ini. Waktu terbaik untuk berkunjung ke danau ini yaitu di saat musim gugur, di mana pepohonan dan tumbuhan memperlihatkan warna yang cantik berpadu dengan keindahan danau yang jernih.

Baca Juga: 10 Danau di Indonesia yang Punya Cerita Horor, Berani Datang?

4. Danau Tahoe - AS

7 Danau Terindah di Dunia, Ada Dua yang dari Indonesia Lho!www.thebigwobble.org

Memiliki kedalaman mencapai 500 meter dengan luas permukaan sekitar 495 km, Danau Tahoe yang terletak di wilayah Nevada ini terkenal sebagai danau air tawar terbesar dan terindah di dunia. Danau ini menyuguhkan pemandangan yang begitu indah. Bagaimana tidak, Semua sisi Danau Tahoe dikelilingi oleh pegunungan tinggi sehingga terlihat cantik dan memukau.

Selain menyuguhkan keindahan perairan, Danau Tahoe menjelma sebagai museum di bawah air karena menyuguhkan banyaknya bangkai kapal kuno yang memukau. Dengan menyelam, di sini para wisatawan dapat melihat keindahan kapal-kapal yang berada di dasar danau, mulai dari perahu nelayan abad ke-20 pada kedalaman sekitar 10 sampai 18 meter dengan suhu di dasar danau 6 sampai 7 derajat Celsius.

Bagi wisatawan yang berminat menjelajah bangkai kapal bersejarah di dasar Danau Tahoe, sebaiknya berkunjung di waktu musim panas tiba, karena merupakan suhu temperatur air yang lebih hangat dan airnya yang lebih tenang.

5. Danau Ratti Gali - Pakistan

7 Danau Terindah di Dunia, Ada Dua yang dari Indonesia Lho!beautyofpakistan.com

Masuk ke dalam daftar danau terindah di dunia, Danau Ratti Gali adalah danau yang terletak di Lembah Neelum dari Azad Jammu & Kashmir, Pakistan. Tapi cukup sulit untuk pergi ke tempat ini karena jalanannya yang buruk. Danau Ratti Gali yang indah ini dikelilingi oleh perairan gletser gunung dan berhias hamparan bunga lavender di sekililing danau sehingga membuat siapapun takjub melihat pemandangan yang menakjubkan di Danau Ratti Gali.

Meskipun perjalanannya yang sulit di tempuh, tidak menyulutkan wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk berkunjung melihat keindahan panorama yang disuguhkan Danau Ratti Gali. Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini adalah di saat musim panas, karena aneka ragam bunga terutama bunga lavender akan bermekaran menghiasi Danau Ratti Gali.

6. Danau Toba

7 Danau Terindah di Dunia, Ada Dua yang dari Indonesia Lho!www.lifestyleasia.com

Danau Toba adalah danau berkawah yang memiliki luas 1.145 kilometer persegi dengan kedalamannya mencapai 450 meter dan merupakan keajaiban alam yang menakjubkan di Pulau Sumatera. Dilihat dari luasnya, Danau ini lebih menyerupai lautan daripada danau. Tepat di tengah danau terdapat sebuah pulau sebanding seluas negara Singapura yang disebut pulau Samosir.

Sulit membayangkan jika ada tempat yang lebih indah untuk dikunjungi selain Danau Toba di Sumatera Utara ini. Hamparan air jernih membiru, pemandangan memesona pegunungan hijau, udara yang sejuk serta alam yang masih terjaga baik adalah penampakan keindahan panorama sebagian kecil danau raksasa yang berada 900 meter di atas permukaan laut itu. Keindahan yang disuguhkan Danau Toba masuk dalam daftar danau terindah di dunia.

7. Danau Labuan Cermin - Borneo

7 Danau Terindah di Dunia, Ada Dua yang dari Indonesia Lho!www.instagram.com/borneo_tourism

Terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur, Indonesia dan terkenal dengan danau yang mempunyai dua rasa dan bening laksana kaca yaitu Danau Labuan Cermin. Sesuai dengan namanya labuan cermin, air danau di Danau Labuan Cermin sangat jernih.

Selain airnya yang jernih danau yang memiliki tak lebih luas dari lapangan bola ini mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh danau biasa lainnya, yaitu kandungan air yang berada di dalamnya. Seperti dipisahkan oleh kaca yang tak terlihat oleh mata, air laut dan air tawar menjadi satu di Danau ini. Di sini pengunjung bisa merasakan sensasi bermain di air sebening kaca dengan berenang dengan aman.

Dikelilingi pepohonan yang rimbun, membuat suasana sekitar danau begitu tampak teduh dan syahdu, bias cahaya matahari yang masuk dalam celah - celah dedaunan dan menjadikan danau semakin mempesona. Keindahan yang disuguhkan Danau Labuan Cermin membuat siapapun akan terkesima dan berdecak kagum.

Cantik-cantik ya semua danaunya, mau berkunjung ke mana nih?

Baca Juga: 6 Fakta Unik tentang Sejarah Danau Kakaban dan Ubur-ubur Jinak

Cocochip Safitri Photo Community Writer Cocochip Safitri

Just out the think

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You