Comscore Tracker

5 Bangunan Kuno di Saarbrücken, Jerman yang Wajib Dikunjungi 

Keren-keren lho bangunannya  

Jerman memang menjadi salah satu negara besar di Eropa yang memiliki sejarah panjang dari masa awal peradaban manusia hingga masa modern. Sudah tidak mengherankan lagi apabila Jerman memiliki berbagai macam bangunan kuno unik yang wajib dikunjungi. Salah satu kota dengan berbagai bangunan tua adalah Saarbrucken yang berlokasi di negara bagian Saarland.

Kota Saarbrucken ini memiliki bangunan-bangunan tua yang bisa membuat kalian terkesima. Buat kalian yang suka dengan wisata sejarah, maka harus tahu beberapa bangunannya berikut ini. 

1. Ludwigskirche

5 Bangunan Kuno di Saarbrücken, Jerman yang Wajib Dikunjungi instagram.com/aquarius_142/

Ludwigskirche merupakan bangunan kuno yang terletak di Old Saarbrucken dan menjadi salah satu gereja penting di Jerman. Bangunan gereja ini memiliki bentuk arsitektur yang sangat cantik, yakni bergaya Lutheran baroque dan karena bentuknya yang unik, maka dinobatkan sebagai simbol kota ini.

Selain itu bangunan ini sudah selesai dibangun pada tahun 1775 dan persis berada di tengah sebuah plaza, yang membuatnya semakin terlihat megah. 

2. Saarbrücken Castle 

5 Bangunan Kuno di Saarbrücken, Jerman yang Wajib Dikunjungi flickr.com/photos/wolfgangstaudt/

Saarbrücken Castle merupakan sebuah kastil yang terletak di distrik Alt-Saarbrucken yang persis berada di sebelah Sungai Saar. Bangunan kastil ini memiliki gaya arsitektur yang sangat unik, di mana bergaya baroque chateau, yang sudah dibangun pada tahun 1575.

Namun beberapa bagian kastil ini sempat rusak akibat Perang Dunia II dan kemudian dibangun kembali pada tahun 1947-1948. 

Baca Juga: Menjadi Bangunan Bersejarah di Paris, Inilah 7 Fakta Arc de Triomphe

3. Völklingen Ironworks 

5 Bangunan Kuno di Saarbrücken, Jerman yang Wajib Dikunjungi instagram.com/takamitsu0116/

Berikutnya ada Rathaus St. Johann yang terletak di Jalan St Johann, Saarbrucken yang sudah dibangun pada tahun 1897-1900. Bangunan ini dirancang oleh arsitek asal Jerman bernama Georg von Hauberrisser yang memiliki gaya neogotik dan memiliki kemiripan dengan gedung Neues Rathaus di München.

Di samping itu, bangunan ini letaknya juga berada di area pusat kota yang tentunya mudah untuk ditemui. 

4. Rathaus St. Johann 

5 Bangunan Kuno di Saarbrücken, Jerman yang Wajib Dikunjungi instagram.com/miriana_lestuzzi/

Ada satu tempat menarik lain yang bernama, Völklingen Ironworks yang berlokasi di Völklingen, Saarland, Jerman. Bangunan ini sebenarnya merupakan pabrik pengolahan besi yang sudah berdiri sejak tahun 1878 dan tutup sejak tahun 1986.

Kemudian bangunan ini dinobatkan sebagai Cagar Budaya UNESCO sejak tahun 1994. Serta bangunan bekas pabrik ini dijadikan museum mengenai pengolahan besi dan pusat pengetahuan mengenai besi. 

5. Schlosskirche 

5 Bangunan Kuno di Saarbrücken, Jerman yang Wajib Dikunjungi flickr.com/photos/wolfgangstaudt/

Terakhir, ada pula Schlosskirche yang merupakan bekas gereja di Saarbrucken yang sudah dibangun pada tahun 1575. Bangunan ini masuk dalam distrik Alt-Saarbrucken yang ada di sekitaran pusat kota dan berada di dekat Sungai Saar.

Selain itu bangunan ini memiliki gaya gothic yang menarik dan berbeda dari bangunan lainnya di Jerman. Saat ini bangunan ini dijadikan sebagai museum untuk menyimpan peninggalan keagamaan Protestan. 

Itu tadi deretan kelima bangunan kuno di Saarbrucken, Saarland yang memiliki bentuk arsitektur unik yang bisa buat kalian terkesima. Buat kalian yang suka berwisata sejarah, jangan lupa berkunjung ke kota unik ini. 

Baca Juga: 7 Jenis Sosis Khas Jerman, dari Bratwurst sampai Frankfurter

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya