Comscore Tracker

5 Tempat Bersejarah di Curaçao yang Harus Banget Dikunjungi

Gak bakal nyesel buat berkunjung ke sini

Curaçao adalah salah satu wilayah yang letaknya ada di Kepulauan Karibia, tepatnya ada di utara Venezuela. Salah satu wilayah terluar Kerajaan Belanda ini sudah menjadi wilayah jajahan Belanda sejak tahun 1634 yang mengambil wilayah pulau ini dari Kerajaan Spanyol.

Curaçao sangat menarik karena menghadirkan berbagai tempat bersejarah keren dan berarsitektur Belanda yang unik-unik banget. 

Nah, tentunya buat kalian yang suka bepergian dan berwisata sejarah, maka beberapa tempat wisata sejarah di Curaçao harus banget buat dikunjungi.

1. Otrobanda

5 Tempat Bersejarah di Curaçao yang Harus Banget Dikunjungiinstagram.com/roby_lazza_76/

Otrobanda merupakan area yang harus banget dikunjungi ketika berada di Curacao, karena letaknya persis berada di pusat kota Willemstad. Tempat ini sangat menarik karena menghadirkan berbagai bangunan-bangunan kuno bergaya kolonial Belanda yang unik dan berwarna-warni.

Distrik ini sudah dibangun pada abad ke 18, dan sudah menjadi tempat jujukan wisata favorit yang ada di Curacao. Di sisi lain, distrik ini berada di pinggir laut yang menghadap ke arah selatan dengan pemandangan bangunan yang keren banget. 

2. Scharloo

5 Tempat Bersejarah di Curaçao yang Harus Banget Dikunjungiinstagram.com/marissaseesworld/

Scharloo merupakan destinasi yang wajib dikunjungi lainnya, yang mana juga menghadirkan berbagai bangunan khas bergaya Belanda yang sangat menarik.

Namun bangunan tua di distrik ini berbeda dari di sekitaran Otrobanda yang terdiri dari gedung bertingkat karena di sini cenderung dipenuhi rumah-rumah mansion yang bergaya Belanda, yang mana menjadi kompleks hunian mewah di Willemstad.

Selain itu tempat ini juga menjadi area kolonial termuda dibandingkan dengan Punda dan Otrobanda yang sudah berdiri sejak abad ke 18. 

Baca Juga: 5 Bangunan Bersejarah di Ternate, Maluku Utara, yang Menarik Banget!

3. Handelskade

5 Tempat Bersejarah di Curaçao yang Harus Banget Dikunjungicuracaotogo.com

Tidak jauh dari Otrobanda atau persisnya ada di seberangnya terdapat Handelskade yang juga jadi salah satu tempat paling menarik di Curacao. Tempat ini dipenuhi oleh berbagai bangunan tua khas peninggalan kolonial Belanda di Curacao yang berbentuk sangat unik dan cantik, bahkan sangat persis seperti di Amsterdam.

Layaknya area lain di Willemstad, Hendelskade ini juga sudah dibangun sejak tahun abad ke 18 yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda.

Selain itu, terdapat jembatan khusus pejalan kaki penghubung menuju ke Otrobanda yang dijuluki Jembatan Reina Emma. 

4. Fort Beekenburg

5 Tempat Bersejarah di Curaçao yang Harus Banget Dikunjungiinstagram.com/arjen_fuchten/

Berikutnya ada Fort Beekenburg yang berlokasi di tenggara Curacao yang tidak jauh dari Pantai Caracas. Benteng ini sudah didirikan pada tahun 1703 yang dipergunakan untuk melindungi perairan Spanyol dari para bajak laut dan pasukan Inggris yang hendak menyerang. Letak benteng ini juga unik yang berada di tebing yang langsung menghadap ke laut lepas. 

Namun pada abad ke 18, benteng ini sempat dikuasai oleh Inggris hingga pada akhirnya benteng ini mampu direbut kembali oleh Belanda, sekaligus mengusir Inggris dari Curacao. 

5. Fort Amsterdam

5 Tempat Bersejarah di Curaçao yang Harus Banget Dikunjungiinstagram.com/stork19/

Terakhir, ada Fort Amsterdam yang merupakan bangunan tua unik yang terletak di distrik Punda, yang letaknya berada di pesisir selatan Willemstad.

Bangunan ikonik ini didirikan pada tahun 1634 oleh DWIC, yang juga menjadi kantor pusat DWIC pada waktu itu. Saat ini bangunan megah ini dijadikan sebagai museum dan kantor gubernur yang menjadi satu dengan kompleks benteng ini. 

Nah itu tadi beberapa tempat wisata sejarah di Curacao yang pastinya gak boleh dilewatkan ketika kalian datang ke sini. Kalau kalian mau berkunjung ke mana dulu nih?

Baca Juga: 9 Desain Bangunan Tergagal, Mungkin Dirancang Pas Arsiteknya Ngantuk!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya