Comscore Tracker

5 Museum Menarik yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Vietnam

Menambah wawasan!

Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki etnis serta budaya yang beranekaragam. Selain itu, Vietnam juga sangat dikenal dengan sejarah panjang peperangan saat melawan penjajah di masa lalu. Untuk dapat melihat berbagai macam peninggalan bersejarah, banyak museum-museum menarik di Vietnam yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

Dengan memberikan informasi secara rinci dan lengkap tentang berbagai macam ilmu pengetahuan yang dapat menambah wawasan. Inilah lima museum terbaik yang ada di negara Vietnam, sebagai berikut:

1. Vietnamese Museum of Ethnology

5 Museum Menarik yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Vietnamasiauniquetravel.com

Terletak di kota Hanoi, Vietnamese Museum of Ethnology merupakan tempat terbaik bagi wisatawan untuk mengetahui warisan budaya dari masyarakat Vietnam. Dilansir dari laman Vietnamdiscovery, Vietnam merupakan negara multikultural yang memiliki banyak sekali etnis yang jumlahnya mencapai 54 etnis. Di museum ini kamu akan mendapatkan informasi secara detail tentang cara hidup masyarakat Vietnam dari setiap etnis.

Terdapat lebih dari 15.000 artefak yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Vietnamese Museum of Ethnology juga memamerkan berbagai macam rumah-rumah adat replika dari setiap daerah.

2. Vietnam Women's Museum

5 Museum Menarik yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Vietnamevivatour.com

Vietnam Women's Museum ditujukan untuk memberikan penghormatan kepada semua perempuan Vietnam dari segala usia. Museum ini dikelola oleh Persatuan Wanita Vietnam yang merupakan organisasi paling berpengaruh di negara tersebut. Di sini banyak sekali narasi yang menggambarkan tentang kehidupan wanita Vietnam sebagai pedagang, petani, akademisi dan ibu rumah tangga. Kamu juga dapat melihat berbagai koleksi baju tradisional yang dipakai oleh wanita Vietnam.

Selain itu, Vietnam Women's Museum memiliki banyak peninggalan yang menunjukan peran penting dari wanita Vietnam dari masa perang. Museum ini terletak di Ho Chi Minh City dan buka dari jam 7:30 pagi hingga 6:00 sore.

3. Hanoi Contemporary Arts Center

5 Museum Menarik yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Vietnammrlinhadventure.com

Resmi dibuka untuk umum pada tahun 2017, bangunan Hanoi Contemporary Arts Center berdiri di atas lahan seluas 4000 meter persegi. Di museum ini kamu akan menemukan banyak hal menarik tentang karya seni kontemporer yang sebagian besarnya merupakan karya dari seniman-seniman Vietnam. Hanoi Contemporary Arts Center memiliki gaya bangunan yang terlihat sangat modern. Terdapat beberapa ruangan di museum ini di antaranya perpustakaan, dan penyimpanan karya seni. Banyak kegiatan yang dilakukan di Hanoi Contemporary Arts Center mulai dari seminar, pemutaran film dan lain-lain.

Baca Juga: 9 Aneka Kuliner dari Daerah Vietnam Selatan, Unik dan Kaya Rempah! 

4. War Remnants Museum

5 Museum Menarik yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Vietnamevivatour.com

Negara Vietnam memang dikenal dengan sejarah perangnya yang hebat saat melawan penjajah. Bagi kamu yang ingin melihat sisa-sisa peninggalan perang maka War Remnants Museum wajib ada dalam daftar kunjunganmu selama berlibur di Vietnam. Saat memasuki halaman museum ini, kamu dapat melihat pesawat tempur yang dipajang dengan kondisi sangat terawat. Dilansir dari laman Guide.cmego, War Remnants Museum ini memamerkan banyak sekali perlengkapan militer bersejarah dan fotografi selama kejadian perang. Untuk memasuki tempat ini kamu akan dikenakan biaya sangat murah yaitu 15.000 Dong atau setara Rp 9500.

5. Museum of Vietnamese History

5 Museum Menarik yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Vietnamresearchgate.net

Museum of Vietnamese History menampilkan benda-benda kuno yang dimulai pada periode zaman prasejarah seperti artefak hingga beberapa barang yang terbuat dari logam. Selain itu, museum ini juga memberikan informasi lengkap tentang dinasti-dinasti yang pernah ada di negara Vietnam. Di dalam Museum of Vietnamese History terdapat sebuah teater boneka air yang biasanya akan dipertunjukan kepada pengunjung mulai pukul 8:00 hingga 11:30. Terletak di daerah Ho Chi Minh City, museum ini memiliki gaya bangunan klasik.

Nah, itulah beberapa museum terbaik yang patut kamu datangi saat berwisata ke Vietnam. Memang sih, kebanyakan dari museum tersebut berada di kota-kota besar sehingga lebih mudah untuk kunjungi.

Baca Juga: 5 Danau Menakjubkan yang Ada di Negara Vietnam, Eksotis Banget!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya