Comscore Tracker

5 Hutan Belantara Paling Menakjubkan di Dunia, Hutan Kalimantan Masuk

Yang namanya hutan itu sama semua? Belum tentu, bro!

Hutan merupakan sebuah kawasan asli bagi habitat dari banyak flora dan fauna. Untuk saat ini beberapa hutan di dunia menjadi kawasan yang sangat dilindungi akibat semakin sedikitnya areal hutan.

Dengan fungsinya sebagai paru-paru dunia, hutan memiliki kontribusi yang sangat penting bagi kehidupan bumi itu sendiri.

Ternyata di dunia ini memiliki banyak hutan yang sangat indah dan menakjubkan. Hutan mana saja, ya? Disimak, yuk!

1. Hutan awan, Peru

5 Hutan Belantara Paling Menakjubkan di Dunia, Hutan Kalimantan Masukveggieperu.com

Peru memiliki kawasan hutan belantara bernama hutan awan. Dinamakan hutan awan karena hutan ini terletak di ketinggian, tepatnya di lereng pegunungan Andes sampai mengarah ke lembah Amazon, seperti ditulis Perunorth.com.

Hutan awan di Peru termasuk hutan menakjubkan di dunia karena mengandung banyak kekayaan alam yang luar biasa. Mulai dari hasil bumi, kekayaan biota darat dan air, keanekaragaman flora dan fauna, dan tentu saja banyaknya spesies endemik yang terdapat dalam hutan seluas lebih dari 100 ribu kilometer persegi ini.

Uniknya, ekosistem dalam hutan ini terbagi menjadi dua bagian besar, yakni ekosistem dataran rendah (di bawah 400 m) dan dataran tinggi (di atas 400 m sampai 4000 m). Kekayaan ekosistem yang sangat kompleks ini diakibatkan oleh suhu ekstrem yang juga sangat berbeda.

2. Hutan belantara di Papua Nugini

5 Hutan Belantara Paling Menakjubkan di Dunia, Hutan Kalimantan Masukpanorama.solutions

Papua Nugini memiliki kawasan hutan belantara yang menyimpan potensi alam luar biasa. Hutan ini dilintasi oleh tiga sungai besar yakni Yopno, Uruwa, dan Som.

Saat ini hutan di Papua Nugini menjadi kawasan yang dilindungi. Hal ini diakibatkan oleh maraknya penebangan liar dan pembukaan lahan baru. Banyak habitat asli yang rusak akibat pemukiman manusia dan industri yang berdiri di atasnya.

WWF mencatat bahwa beberapa spesies langka di dunia hanya ditemukan di hutan seluas lebih dari 200 ribu km persegi ini. Spesies itu di antaranya anggrek, burung cendrawasih, dan kanguru pohon.

Saat ini industri besar dan penebangan besar-besaran tengah terjadi di Papua Nugini. Entah bagaimana nasib satwa-satwa endemik dan tumbuhan langka tersebut, semoga ada jalan tengah yang bisa menyelamatkan keberadaan mereka dari kepunahan.

Baca Juga: Instagenic, 7 Spot Wisata Hutan Bambu yang Bisa Kamu Datangi

3. Hutan Kongo, Afrika

5 Hutan Belantara Paling Menakjubkan di Dunia, Hutan Kalimantan Masuknmbu.no

Kawasan cekungan Kongo merupakan sebuah kawasan hutan lebat yang keberadaannya sangat penting bagi dunia, dan hutan ini termasuk yang paling besar di benua hitam tersebut dan bahkan dunia.

Luasnya sendiri mencapai 500 juta hektar, membuat hutan ini menjadi sebuah kawasan yang sangat kaya akan hasil bumi dan keanekaragaman flora dan fauna, seperti ditulis dalam Worldwildlife.org.

Ada sekitar 10 ribu spesies tanaman dapat ditemukan di hutan Kongo. Sedangkan untuk faunanya sendiri terdapat sekitar 3000 spesies yang berada di hutan lebat ini. Hutan Kongo masuk dalam daftar sebagai salah satu hutan dengan jumlah spesies terbanyak di dunia.

4. Hutan Kalimantan, Indonesia

5 Hutan Belantara Paling Menakjubkan di Dunia, Hutan Kalimantan Masukwsj.com

Indonesia juga menyumbangkan salah satu hutan paling menakjubkan di dunia, yakni hutan Kalimantan. Namun sayangnya saat ini hutan Kalimantan hanya tersisa tidak sampai 25 juta hektar, padahal dulunya mencapai lebih dari 40 juta hektar.

Laman Reuters.com mencatat bahwa industri besar seperti penambangan batu bara dan minyak bumi memberikan dampak terhadap gundulnya hutan di Kalimantan.

Padahal hutan Kalimantan merupakan rumah bagi banyak satwa liar yang dilindungi seperti orang utan, bekantan, dan beberapa spesies tumbuhan endemik yang tidak ditemukan di daerah lain.

5. Hutan Amazon, Amerika Selatan

5 Hutan Belantara Paling Menakjubkan di Dunia, Hutan Kalimantan Masukphys.org

Hutan Amazon merupakan hutan yang dianggap paling menakjubkan sekaligus legendaris di dunia. Hutan yang terletak di 9 negara ini memiliki luas sekitar 7 juta kilometer persegi, dengan kawasan inti mencapai 5,5 juta kilometer persegi.

Sekitar 30 persen oksigen di bumi dihasilkan dari hutan Amazon. Ini artinya Amazon merupakan salah satu hutan terpenting yang ada di bumi dan keberadaannya sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia.

Brasil sendiri merupakan salah satu dari 9 negara yang wilayahnya tertutupi oleh hutan Amazon, dengan kata lain sekitar 60 persen hutan Amazon terletak di negeri pecinta sepak bola tersebut.

Di hutan ini terdapat lebih dari 40 ribu spesies tanaman, 400 spesies mamalia, 1300 varietas burung, dan jutaan populasi serangga. Sekitar 10 persen jenis spesies yang ada di dunia terdapat di hutan Amazon.

Itulah lima hutan belantara yang dianggap paling menakjubkan di dunia. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: 7 Kebakaran Hutan Paling Parah yang Pernah Terjadi di Dunia, Ngeri!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya