Comscore Tracker

7 Desa Cantik di Wallonia Belgia, Destinasi Wisata yang Bikin Bahagia

Keindahannya membuat siapa pun terpukau

Desa-desa di negara-negara Eropa terkenal indah. Tak terkecuali Belgia. Negara Eropa Barat yang berbatasan dengan Prancis, Jerman, Luksemburg dan Belanda ini memiliki suatu wilayah otonom bernama Wallonia. 

Wallonia terdiri dari provinsi Hainaut, Liège, Luxembourg, Namur, dan Walloon Brabant. Wallonia yang penduduknya berbahasa Prancis ini memiliki puluhan desa cantik.

Saking banyaknya, sampai berdiri asosiasi Desa-Desa Tercantik di Wallonia. Sejak didirikan pada 1994, asosiasi tersebut mendorong dan mengembangkan beragam kegiatan dan proyek inovatif yang membuat setiap desa memiliki karakter unik.

Keindahan daerah di selatan Belgia ini merupakan warisan yang sudah berusia lebih dari seribu tahun. Warga Wallonia yang memiliki keramahan khas pedesaan bakal menyambut kamu dengan gembira dan bangga di desa mereka.

Berikut 7 desa cantik di Wallonia, Belgia yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata. Bikin bahagia!

1. Aubechies 

7 Desa Cantik di Wallonia Belgia, Destinasi Wisata yang Bikin BahagiaAubechies (beauxvillages.be)

Lingkungan pedesaan Aubechies adalah contoh desa dengan arsitektur khas Hainaut pada abad lalu. Hainaut merupakan provinsi di wilayah Wallonia yang berbatasan dengan Nord, Prancis.

Di sini, rumah-rumah memiliki lantai dan dinding bata merah dengan atap berbentuk pelana dari puing batu pasir. Jangan lupa juga untuk mengunjungi gereja Romawi yang indah dan berasal dari abad ke-11 di desa ini, ya.

2. Celles 

7 Desa Cantik di Wallonia Belgia, Destinasi Wisata yang Bikin BahagiaCelles (beauxvillages.be)

Terletak di cekungan lembah dan dikelilingi 4 bukit, Celles merupakan desa purbakala yang sangat tenar pada tahun 669 dengan kedatangan biarawan Saint Hadelin. Gereja Saint-Hadelin adalah mahakarya seni Romawi.

Kamu harus mengunjungi Château de Vêves, kastil cantik seperti di dongeng Putri Tidur. Berasal dari abad ke-15, warisan sejarah ini merupakan landmark favorit turis dan warga Wallonia.

 3. Chardeneux  

7 Desa Cantik di Wallonia Belgia, Destinasi Wisata yang Bikin BahagiaChardeneux (beauxvillages.be)

Terletak di provinsi Namur, desa cantik ini memiliki jalan-jalan setapak yang menawan penuh bunga saat musim semi dan musim panas. Arsitektur dari abad ke-18 dan 19 menghadirkan harmoni dalam bangunan tradisional dari dinding batu kapur abu-abu dengan atap dari batu hitam.

Paduan lahan pertanian dan area perumahan yang selaras menjadikan desa ini damai dan lestari.

Baca Juga: 7 Desa Paling Cantik di Spanyol yang Bikin Traveler Jatuh Cinta 

4. Mélin 

7 Desa Cantik di Wallonia Belgia, Destinasi Wisata yang Bikin BahagiaMelin (beauxvillages.be)

Terletak di provinsi Walloon Brabant, desa Mélin berada di ketinggian lembah Gobertange dan memiliki panorama indah membentang luas. Terdapat gereja cantik di tengah-tengah desa. Rumah-rumah di sini berbatu putih yang disebut pierres de Gobertange (batu-batu Gobertange).

Empat lahan pertanian besar, deretan rumah pertanian, serta rumah-rumah penduduk merupakan peninggalan arsitektur abad ke-19. Perpaduan serasi antara batu-batu putih dengan batu bata membentuk karakter desa yang unik.

5. Mirwart 

7 Desa Cantik di Wallonia Belgia, Destinasi Wisata yang Bikin BahagiaMirwart (beauxvillages.be)

Waktu seolah berhenti di Mirwart, desa kecil yang cantik di provinsi Ardenne. Penampilan lahan peternakan dan rumah pertanian tidak berubah, yaitu setengah kayu dengan bebatuan tua dan batu bata yang menjadi ciri khas warisan arsitektur abad lampau.

Mirwart yang dikelilingi oleh hutan memiliki château yang dikelilingi kebun permai. Istana yang indah ini telah berdiri sejak Abad Pertengahan.

6. Limbourg 

7 Desa Cantik di Wallonia Belgia, Destinasi Wisata yang Bikin BahagiaLimbourg (beauxvillages.be)

Desa ini terletak di tepi sungai Vesdre, di antara wilayah Herve dan perbukitan Ardenne. Keindahan Limbourg yang lestari sangat membahagiakan warga dan turis yang berkunjung.

Berbagai bangunan serta monumennya juga telah dimasukkan ke dalam daftar warisan arsitektur yang dilindungi di wilayah Wallonia.  

Kamu bisa berjalan-jalan di Saint-Georges yang berbatu kerikil. Kelilingi lorong-lorongnya untuk mengagumi rumah-rumah cantik yang memesona.

7. Torgny 

7 Desa Cantik di Wallonia Belgia, Destinasi Wisata yang Bikin BahagiaTorgny (beauxvillages.be)

Torgny yang terletak di paling selatan Belgia menikmati keuntungan dari iklim mikro yang memungkinkannya membudidayakan tanaman merambat. Rumah-rumahnya terbuat dari batu pahatan berwarna kuning tua serta ubin berwarna merah, mirip dengan yang ada di Prancis bagian Selatan. Tertarik berkunjung ke desa ini?

Nah, itulah 7 desa cantik di Wallonia yang membuat bahagia orang-orang yang mengunjunginya. Apakah kamu tertarik mengunjungi salah satu dari 7 desa di atas?

Baca Juga: 10 Kota dan Desa Warna-warni Paling Cantik di Dunia, Ada Indonesia!

Dessy Savitri Photo Verified Writer Dessy Savitri

Sports and books are my long time friends. Traveling and writing from time to time. Catch me at my Instagram @dessysavvy and my blog: dessysav.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya