Comscore Tracker

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La Spezia

Di sini juga jadi tempat para penyair mencari inspirasi lho

Namanya memang tidak setenar Cinque Terre, namun stasiun La Spezia Centrale melayani perjalanan kereta ke lima desa spektakuler tersebut. Selain berkereta, ke Cinque Terre bisa juga naik kapal dari pelabuhan La Spezia.

Gulf of La Spezia terletak di ujung timur pantai Liguria membentang di antara desa pesisir Portovenere dan Lerici dengan La Spezia di tengah-tengahnya. Ibu kota provinsi wilayah Liguria ini adalah pelabuhan Italia terbesar kedua setelah Genoa dan merupakan basis Angkatan Laut Italia.

Teluk La Spezia terkenal sebagai Gulf of Poets atau Teluk Penyair. Dinamakan demikian karena merupakan tempat inspirasi bagi para penyair atau sastrawan seperti Lord Byron, Percy Bysshe Shelley, Mary Shelley, D. H. Lawrence, Virginia Woolf, George Sand dan lain-lain. Panoramanya sungguh spektakuler dengan pantai indah dan alami.

La Spezia juga punya klub sepakbola yang berlaga di Serie A Liga Italia. Setelah lebih dari 100 tahun, Spezia FC yang berdiri pada 10 Oktober 1906 untuk pertama kalinya berhasil menembus Serie A pada musim 2020-2021. Hingga musim depan (2021-2022) La Spezia tetap bertahan di Serie A setelah lolos dari degradasi dengan menduduki posisi ke-15 klasemen.

Tertarik berkunjung? Berikut 10 wisata spesial di La Spezia.

1. Passeggiata Costantino Morin 

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La SpeziaPasseggiata Morin (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

La Spezia memilki tepi laut yang indah dengan pemandangan memukau.

Assonautica Porto de Benedetti adalah tempat yang menakjubkan untuk merasakan suasana pelabuhan. Di sini warga senang menikmati cuaca cerah sambil berjalan-jalan sepanjang Passeggiata Costantino Morin, sebuah ruas jalan di pantai dengan deretan pohon palem yang berjajar rapi.  

2. Parco Giardini Pubblici 

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La SpeziaPatung Giuseppe Garibaldi (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Di taman umum ini ada monumen yang usianya sudah lebih dari 100 tahun, yaitu patung Giuseppe Garibaldi, seorang tokoh Italia yang kondang sebagai Hero of the Two Worlds karena pertempurannya di Eropa serta Amerika Latin. Dia memimpin banyak operasi militer yang membawa ke unifikasi Italia.

3. Piazza Garibaldi 

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La SpeziaPiazza Garibaldi (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Piazza Garibaldi merupakan alun-alun yang berasal dari abad ke-15. Warga dan turis memanfaatkannya untuk duduk-duduk beristirahat. Ruang publik ini memiliki air mancur marmer yang sering menjadi guyonan lokal karena bentuknya mirip bagian tubuh manusia. 

4. Piazza Giuseppe Verdi 

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La SpeziaPiazza Verdi (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Alun-alun Giuseppe Verdi dirancang sebagai tempat yang ideal untuk berinteraksi sekaligus memiliki arsitektur menarik dan seni yang unik.

Arsitek Gianantonio Vannetti merancang tampilan baru alun-alun utama dengan karya seni khusus yang ringan, menyenangkan, dan penuh warna namun masih seimbang dengan suasana di sekitarnya.

5. Palazzo delle Poste  

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La SpeziaPalazzo delle Poste (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Alun-alun Giuseppe Verdi yang luas memiliki banyak tempat duduk-duduk yang nyaman. Salah satunya berada di depan Palazzo delle Poste. Bangunan megah ini merupakan rancangan arsitek Angiolo Mazzoni yang berdiri sejak tahun 1933.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Megah nan Menawan di Firenze, Italia

6. Museum Castello di San Giorgio

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La SpeziaCastello di San Giorgio (museodelcastello.museilaspezia.it)

Castello di San Giorgio atau Kastil San Giorgio dibangun pada abad ke-13 oleh Nicolo Fieschi.

Dahulu merupakan bagian dari jaringan benteng pertahanan kota, benteng berbentuk istana ini memiliki museum arkeologi di dalamnya. Koleksinya beragam dari artefak Romawi hingga benda-benda unik yang berasal dari Zaman Perunggu dan Era Tembaga.

7. Lerici  

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La SpeziaLerici (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Kota pesisir Lerici yang indah dengan pantai yang menawan jaraknya hanya 8km dari La Spezia. Di sini kamu bisa melihat pemandangan menakjubkan ratusan kapal nelayan dan yacht tertambat di perairan. Kastil Lerici, Lido (tempat wisata di tepi laut), serta aneka rumah warna warni yang cantik merupakan daya tarik wisata di Lerici.

Penulis novel Frankestein asal Inggris Mary Shelley dan suaminya Percy Bysshe Shelley tinggal di sebuah villa bernama Casa Magni di Lerici. Pada 8 Juli 1822, saat kembali ke Lerici dari Livorno dengan kapal layarnya, Percy Shelley terperangkap dalam badai di teluk hingga perahunya terbalik dan ia pun tenggelam. Mayatnya terdampar di pantai Viareggio yang terletak di antara Livorno dan Lerici.

8. Portovenere 

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La SpeziaPortovenere (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Portovenere terletak sejauh 13 km dari La Spezia dan bisa ditempuh bermobil melalui jalan berkelok-kelok dengan view yang indah. Obyek wisata paling kondang adalah Gereja San Pietro yang dibangun pada abad ke-13.

Siapkan stamina karena kamu harus mendaki ke atas bukit. Namun panoramanya sangat menakjubkan. Kala senja tiba, jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Di bawah Gereja San Pietro ada "Byron's Grotto", yang menurut legenda setempat adalah tempat penyair Lord Byron bermeditasi dan mencari inspirasi untuk karya sastranya. Lord Byron biasa berenang menyeberangi teluk dari Portovenere ke Lerici untuk mengunjungi keluarga Shelley.

9. Piazza del Mercato 

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La SpeziaPasar Outdoor Beratap (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Bila berkunjung ke suatu daerah, salah satu aktivitas menyenangkan adalah pergi ke pasar dan turut berbelanja bersama warga setempat. Pemandangan, suara, serta aroma pasar Italia yang khas adalah petualangan luar biasa. Pasar outdoor beratap dengan pencahayaan alami ini  berada di Piazza Cavour yang juga dikenal sebagai Piazza del Mercato.

Pasar harian ini merupakan tempat warga membeli segala bahan makanan. Ada tangkapan hasil laut yang masih segar seperti muscoli (kerang) dan aneka ikan, sayuran, buah-buahan, serta saus pesto, saus kenari, keju, dan focaccia.

10. Wisata Kuliner : Focaccia, Pesto, Muscoli

Tim Sepak Bolanya Sukses Masuk Serie A, Ini 10 Wisata La SpeziaFoccacia (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Kuliner spesial di La Spezia adalah focaccia dan pesto. Foccacia merupakan sejenis roti yang disajikan panas-panas, ditaburi garam, minyak zaitun, dan rosemary dengan topping keju, buah zaitun, tomat, sayuran atau sosis.

Focaccia dapat dimakan polos atau dengan saus pesto. Pesto adalah saus berwarna hijau yang terbuat dari daun basil, kacang pinus, keju dan bawang putih.

La Spezia juga merupakan surganya kerang yang di sini disebut muscoli. Memanfaatkan hasil tangkapan harian, tak heran segala masakan olahannya segar, manis, dan tentu saja lezat.

Gimana, tertarik mencoba kan? Saat berada di Italia, mampirlah ke Liguria dan rasakan berbagai pengalaman spesial di La Spezia.

 

Baca Juga: 5 Dumpling Khas Italia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!

Dessy Savitri Photo Verified Writer Dessy Savitri

Sports and books are my long time friends. Traveling and writing from time to time. Catch me at my Instagram @dessysavvy and my blog: dessysav.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya