Comscore Tracker

5 Dumpling Khas Italia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!

Dijamin, perut auto lapar 

Dumpling mungkin tak begitu populer di Eropa. Namun, Italia mempunyai banyak variasi dumpling dengan rasa yang tak kalah lezat dengan yang ada di Asia. Di Italia, dumpling mempunyai berbagai ukuran dan bentuk.

Dari sekian banyak varian dumpling, terdapat 5 dumpling yang begitu populer dan terkenal akan kelezatannya. Apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Canederli

5 Dumpling Khas Italia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!canederli (instagram.com/speckaltoadige)

Canederli merupakan dumpling roti Italia yang hanya dapat ditemukan di Trentino-Alto-Adige, Friuli, dan sebagian Veneto. Dumpling ini dibuat dengan bahan-bahan yang sangat sederhana dan murah, seperti roti sisa, tepung, susu, dan telur.

Cara paling umum untuk menghidangkan dumpling ini adalah dalam kaldu atau dalam versi kering dengan mentega cair serta keju parut.

2. Gnocchi alla sorrentina

5 Dumpling Khas Italia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!gnocchi alla sorrentina (seriouseats.com)

Gnocchi alla Sorrentina merupakan makanan sederhana dan lezat dari Campania. Dumpling ini dibuat dari pasta kentang yang disiram dengan saus tomat dan mozzarella.

Mozzarella kemudian ditambahkan kembali di atasnya. Jika tidak ada mozarella, maka bisa diganti dengan parmesan. Selanjutnya, hidangan ini dipanggang dalam oven sampai bergelembung atau keju meleleh membentuk kerak emas di atasnya.

Baca Juga: 9 Fakta Nikuman, Dumpling Khas Jepang yang Mirip dengan Bakpao

3. Malfatti

5 Dumpling Khas Italia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!malfatti (instagram.com/ruffo_cocina)

Malfatti merupakan hidangan khas Siena. Dumpling ini dibuat dengan kombinasi bayam matang, sedikit garam, mentega, ricotta, telur, pala, dan keju parmesan. Terdapat pula bahan-bahan tambahan, seperti tepung, semolina, atau remah roti.

Setelah adonan menjadi halus, dumpling akan dibentuk menjadi bola-bola kecil yang digulung dalam tepung sebelum direbus. Tertarik mencobanya?

4. Gnocchi di ricotta

5 Dumpling Khas Italia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!gnocchi di ricotta (instagram.com/dietista.alessiarodondi)

Gnocchi di ricotta merupakan variasi dari gnocchi tradisional Italia yang sangat populer di Tuscany. Bahan-bahan pembuatannya mencakup ricotta, mentega, keju parut, telur, tepung, pala, garam, dan merica.

Selanjutnya, bahan-bahan tadi dicampur dan dibentuk menjadi gnocchi. Kemudian gulung dalam tepung dan direbus dalam air mendidih. Dumpling ini mempunyai tekstur yang lembut.

5. Gnocchi al castelmagno

5 Dumpling Khas Italia yang Paling Populer, Bikin Lapar Mata!gnocchi al castelmagno (instagram.com/maccheria)

Gnocchi al castelmagno merupakan makanan khas Italia yang berasal dari Cuneo. Bahan-bahan pembuatannya, yaitu kentang gnocchi, mentega, susu atau krim, dan castelmagno yang merupakan keju DOP lokal.

Cara pembuatannya yaitu dumpling dimasak dan dicampur dengan saus yang terdiri dari mentega, keju castelmagno yang dipotong dadu, serta krim. Untum menambah cita rasa, maka akan ditaburi merica di atasnya sebelum disajikan.

Dumpling yang berada di Italia merupakan dumpling khas yang berbeda dari yang lain. Rasanya yang lezat dan nikmat, tentu membuatnya mempunyai banyak penggemar. Apakah kamu salah satunya?

Baca Juga: 10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya