Comscore Tracker

Info Wisata Curug Ciherang Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Ada kolam renang, rumah pohon, hingga spot foto menarik

Bogor terkenal dengan sejumlah wisata alam populer. Selain perbukitan dan pemandangan hijau, Kota Hujan ini juga memiliki beberapa wisata air terjun. Salah satunya seperti Curug Ciherang. 

Curug Ciherang merupakan salah satu air terjun yang populer di Bogor. Menariknya, air terjun ini memiliki beberapa wahana seru. Jadi, pengunjung gak hanya bisa bermain di air terjun saja.

Selain itu, kita gak perlu trekking jauh untuk sampai di Curug Ciherang. Kalau kamu tertarik, simak dulu informasi wisata Curug Ciherang Bogor berikut ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Info Wisata Curug Ciherang Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsSpot foto di Curug Ciherang, Bogor (instagram.com/curug_ciherang)

Lokasi: Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

Jam operasional: setiap hari pukul 19.00-18.00 WIB.

Harga tiket: Rp40 ribu per orang. 

2. Rute menuju Curug Ciherang

Info Wisata Curug Ciherang Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsSpot foto di Curug Ciherang, Bogor (instagram.com/curug_ciherang)

Untuk pengunjung dari Jakarta dan sekitarnya, waktu tempuh menuju Curug Ciherang sekitar tiga jam. Akses jalannya pun cukup baik dan lancar, tetapi harus tetap berhati-hati. 

Dari Jakarta, ambil rute menuju Sentul City. Saat sampai di Sentul City, arahkan kendaraan menuju Jungle Land. Kemudian masuk ke jalan perkampungan yang berada di posisi kanan sebelum pintu masuk Jungle Land. 

Di jalan perkampungan, ikuti jalan menuju arah Curug Kencana. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Gunung Pancar, kemudian lurus mengikuti jalan hingga sampai di Curug Leuwi Hejo, kemudian lurus terus hingga bertemu pertigaan Curug Kembar.

Ambil jalan ke kiri, lanjutkan perjalanan kembali hingga sampai di pertigaan ke arah Jonggol. Setelah itu, belok ke kanan menuju pasar di perbatasan Jonggol. Terakhir, belokkan kendaraan ke kanan, ikuti jalan sampai bertemu lokasi Curug Ciherang. 

3. Daya tarik Curug Ciherang

Info Wisata Curug Ciherang Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsCurug Ciherang, Bogor (instagram.com/mfm_ihsan)

Daya tarik utama Curug Ciherang adalah air terjun bertingkat tiga. Airnya segar, jernih, dan dikelilingi pepohonan hijau. Di masing-masing tingkat air terjun menjadi spot foto favorit wisatawan.

Selain itu, lingkungannya masih asri dan udaranya sejuk, karena berada di ketinggian. Daya tarik lain Curug Ciherang adalah cocok untuk segala usia. Wisata air terjun ini memiliki magnet tersendiri, terutama bagi anak muda.

Jika biasanya hanya menyuguhkan panorama air terjun dan panorama hijau, berbeda dengan Curug Ciherang. Tempat wisata ini memiliki beberapa fasilitas lain yang bisa digunakan pengunjung.

Mulai dari kolam renang dengan konsep infinity pool yang menghadap ke pemandangan hijau. Area kolam renang pun aman, lengkap dengan ember tumpah, dan seluncuran.

Selain itu, ada rumah pohon dan jembatan gantung untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian. Kedua tempat tersebut menjadi spot foto Instagenic

Menariknya, tempat ini menyediakan penyewaan hanbok, pakaian tradisional Korea. Kamu bisa berfoto ala Korea dengan latar belakang panorama hutan dan perbukitan. Area Curug Ciherang cukup luas, kamu juga bisa berkemah di kawasan ini. 

Baca Juga: 10 Pilihan Tempat Wisata di Cianjur, Ada Air Terjun hingga Kebun Raya 

4. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Info Wisata Curug Ciherang Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsJembatan di Curug Ciherang, Bogor (instagram.com/khairunnisah.s)

Memiliki sejumlah fasilitas dan wahana menarik, tentunya ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Curug Ciherang. Selain menikmati panorama air terjun, kamu bisa bermain air, hingga berendam menikmati kesegaran air terjun. Namun, kamu harus hati-hati karena banyak bebatuan licin. 

Selain itu, kamu bisa berenang di kolam renang yang letaknya dekat dengan air terjun. Kolam renang di tempat ini cocok untuk anak-anak. Bisa berenang sambil melihat pemandangan yang indah. 

Buat kamu yang hobi berfoto, Curug Ciherang memiliki beberapa spot khusus selfie. Mulai dari spot rumah kastil, sangkar burung, perahu di atas kolam renang, ayunan, dan lainnya.

Kamu bisa menikmati semua spot foto secara gratis, lho. Kecuali kalau kamu ingin berfoto dengan menyewa hanbok

Kalau ingin menikmati fasilitas yang lebih seru, kamu bisa bermain outbond, lengkap dengan jembatan gantung panjang. Berkemah pun bisa jadi pilihan seru untuk menikmati alam di Curug Ciherang. 

Kalau sudah lelah beraktivitas, jangan lupa isi perut di tempat makan yang tersedia. Tempat makan di Curug Ciherang menyediakan menu-menu khas rumahan dengan harga yang terjangkau. Selain itu, mereka menjual suvenir dan ikan cupang. 

Fasilitas di Curug Ciherang pun cukup lengkap. Mulai dari kamar bilas, toilet, musala, hingga warung makan. Kamu bisa membeli makanan di sana kalau gak sempat menyiapkan bekal. 

5. Tips berkunjung ke Curug Ciherang

Info Wisata Curug Ciherang Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsSpot foto di Curug Ciherang, Bogor (instagram.com/cherrydinda)

Supaya liburanmu di Curug Ciherang tetap seru dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  • Cek perkiraan cuaca sebelum pergi. Disarankan pergi saat cuaca cerah. 
  • Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil, karena masih belum ada transportasi umum di sekitar Curug Ciherang.
  • Membawa pakaian ganti. 
  • Membawa uang tunai. 
  • Menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. 
  • Bagi yang muslim, disarankan membawa peralatan salat pribadi. 
  • Selalu taati protokol kesehatan selama liburan di Curug Ciherang.

Itulah informasi wisata mengenai Curug Ciherang di Bogor yang bisa jadi bekal liburanmu. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi buat kamu yang ingin liburan bersama keluarga. 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Wisata ke Curug Leuwi Hejo: Info Rute, Lokasi, dan Harga Tiket

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya