Comscore Tracker

Info Wisata Curug Pangeran  Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Air terjun eksotis di tengah hutan

Bogor yang terkenal dengan Kota Hujan ini memiliki potensi alam yang luar biasa. Gak heran kalau kota ini menyimpan sejumlah wisata alam yang menjadi magnet wisatawan. 

Selain Puncak, tempat wisata alam di Bogor juga ramai saat musim liburan. Salah satunya wisata air terjun seperti Curug Pangeran. Curug Pangeran berada di kawasan Wisata Gunung Bunder, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. 

Air terjun setinggi enam meter ini airnya sangat jernih. Akses jalannya relatif mudah. Tertarik berkunjung ke sini saat akhir pekan nanti? Simak dulu informasi wisata Curug Pangeran berikut ini sebagai bekal liburanmu. 

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Info Wisata Curug Pangeran  Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsCurug Pangeran, Bogor (instagram.com/curugpangerann)

Lokasi: Desa Gunung Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. 

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB. 

Harga tiket: Rp10 ribu per orang. 

2. Rute menuju Curug Pangeran

Info Wisata Curug Pangeran  Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsCurug Pangeran, Bogor (instagram.com/pipitsafitri08)

Jika berangkat dari Jakarta dengan mobil pribadi, kamu harus melewati tol Jagorawi. Kemudian keluar di gerbang tol Lingkar Luar Bogor. 

Setelah itu, kamu harus melewati flyover panjang hingga bertemu lampu merah. Dari lampu merah tersebut, belok kiri menuju Taman Yasmin, kemudian ikuti jalan lurus hingga melewati Terminal Bubulak. 

Dari terminal tersebut, arahkan kendaraan ke kanan. Ambil jalan ke arah kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Setelah melewati IPB, ikuti jalan lurus hingga bertemu pertigaan Cibatok. 

Pilih jalur kiri hingga bertemu jalan menanjak. Ikuti jalan tersebut sekitar 15 kilometer, hingga sampai di lokasi Curug Pangeran. 

3. Daya tarik Curug Pangeran

Info Wisata Curug Pangeran  Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsCurug Pangeran, Bogor (instagram.com/curugpangerann)

Daya tarik utama Curug Pangeran adalah kejernihan air yang berhasil memikat wisatawan. Warna air yang kebiruan, apalagi saat terkena pantulan cahaya matahari. Dasar kolam dan bebatuan terlihat jelas.

Arusnya pun tenang, banyak pepohonan rindang, serta tumbuhan pakis yang membuat pemandangan di sini semakin menarik. Kamu bisa duduk di bebatuan besar, sambil menikmati kopi hangat. 

Selain menikmati pemandangan alam, kamu bisa merasakan sensasi perjalanan yang seru. Sebab, akses menuju lokasi Curug Pangeran ini cocok bagi penggemar trekking. Selama di perjalanan, kamu akan melewati pepohonan rindang dan alam yang asri.

Baca Juga: Wisata Trekking Curug di Sentul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

4. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Info Wisata Curug Pangeran  Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsCurug Pangeran, Bogor (instagram.com/rikipangeran10_)

Aktivitas seru menuju Curug Pangeran adalah trekking. Pengunjung harus trekking sekitar 150 meter dari area parkir.

Medan jalannya pun relatif mudah, kamu hanya perlu menuruni beberapa tangga. Selama trekking, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hijau dan udara yang sejuk. 

Sampai di Curug Pangeran, aktivitas pertama yang wajib dilakukan adalah menikmati keindahan air terjun. Kejernihan air terjun dan panorama alam di sekitarnya memanggil untuk segera bermain air, berendam, atau berenang di air terjun. 

Aktivitas yang gak kalah seru adalah melompat dari tebing. Kamu bisa adu nyali dengan keluarga atau teman-teman. Tebingnya pun gak terlalu tinggi. Sensasi seru terjun dari tebing, ditambah kesegaran air saat jatuh ke dalam kolam alami. 

Selain itu, jangan lupa berfoto dengan latar belakang alam yang indah. Ambil angle dengan pemandangan air terjun yang indah. Dijamin bikin fotomu terlihat menarik. 

Kalau ingin menginap sekaligus berpetualang, kamu bisa berkemah di sini. Tersedia camping ground yang jaraknya dekat dengan Curug Pangeran. Saat malam hari, kamu bisa menyalakan api unggun untuk menghangatkan tubuh. 

Fasilitas di Curug Pangeran sudah memadai. Mulai dari area parkir yang luas, saung, toilet, kamar bilas, hingga musala. Selain itu, ada warung makan yang menyediakan aneka maskaan dan minuman hangat. 

5. Tips berkunjung ke Curug Pangeran

Info Wisata Curug Pangeran  Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsCurug Pangeran, Bogor (instagram.com/andikarzp)

Supaya liburanmu di Curug Pangeran tetap seru dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  • Disarankan datang saat cuaca cerah. 
  • Dilarang melewati pembatas jika gak bisa berenang. 
  • Naik segera jika hujan atau petir.
  • Membuang sampah pada tempatnya. 
  • Dilarang merusak tanaman di sekitar Curug Pangeran. 
  • Dilarang membawa pulang air dari Curug Pangeran. 
  • Hindari berkemah saat malam Jumat. 
  • Gunakan pakaian yang sopan. 
  • Membawa uang tunai. 
  • Membawa pakaian ganti. 
  • Disarankan naik kendaraan pribadi supaya lebih mudah. 
  • Selalu taati protokol kesehatan selama liburan di Curug Pangeran .

Itulah informasi wisata mengenai Curug Pangeran di Bogor. Curug Pangeran bisa menjadi salah satu alternatif wisata alam kalau kamu liburan ke Bogor. Gimana, tertarik datang ke sini bersama orang terkasih? 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Info Wisata Curug Ciherang Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya