Comscore Tracker

7 Wisata Kebun Raya di Indonesia, Liburan Aman di Tengah Pandemik

Bisa dikunjungi saat liburan Natal atau tahun baru

Mungkin sebagian orang masih ragu untuk pergi liburan di tengah pandemik seperti ini. Namun, gak bisa dimungkiri kalau kita juga butuh liburan. Nah, memilih destinasi di ruang terbuka bisa jadi pilihan, seperti kebun raya misalnya.

Destinasi wisata ini lebih aman karena berada di ruang terbuka hijau. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seru, mulai dari piknik, berfoto, atau sekadar jalan-jalan menikmati udara yang sejuk.

Berikut tujuh kebun raya di Indonesia yang bisa kamu kunjungi di tengah pandemik, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ya!

1. Kebun Raya Bogor

7 Wisata Kebun Raya di Indonesia, Liburan Aman di Tengah Pandemikinstagram.com/yunita.motret

Kebun Raya Bogor cocok dikunjungi buat kamu yang tinggal di Jabodetabek. Tempat ini identik dengan Istana Bogor dan rusa yang dibiarkan berkeliaran di taman.

Selain itu, tempat ini memiliki museum laboratorium, patung, prasasti, hingga taman-taman yang memesona. Bahkan terdapat banyak spot Instagramable yang gak boleh kamu lewatkan.

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda Nomor 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

2. Kebun Raya Cibodas

7 Wisata Kebun Raya di Indonesia, Liburan Aman di Tengah Pandemikinstagram.com/kebunraya_cibodas

Kebun Raya Cibodas menjadi tempat wisata yang ideal, karena jauh dari kota. Selain menyimpan ratusan spesies tanaman yang cantik, tempat ini juga memiliki banyak spot menarik.

Salah satu daya tarik tempat ini adalah rumah kaca yang berisi berbagai jenis tanaman yang langka. Kamu juga bisa belajar mengenai aneka jenis tanaman yang unik di Taman Obat hingga Taman Lumut.

Lokasi: Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

3. Kebun Raya Kuningan

7 Wisata Kebun Raya di Indonesia, Liburan Aman di Tengah Pandemikinstagram.com/piknikyukindonesia

Salah satu kebun raya terbesar di Indonesia ini memiliki pemandangan perbukitan yang menakjubkan. Selain itu, menyediakan zona-zona tematik yang menjadi salah satu daya tarik tempat ini.

Kebun raya ini berada di kaki Gunung Ciremai, sehingga dibuat untuk tempat observasi lingkungan.Tempat ini juga menjadi penyumbang besar ketersediaan udara bersih di sana, lho.

Lokasi: Jalan Perjuangan Nomor 66 Ancaran-Kuningan, Jawa Barat

4. Kebun Raya Purwodadi

7 Wisata Kebun Raya di Indonesia, Liburan Aman di Tengah Pandemikinstagram.com/maulanadaudrasyidin

Kebun Raya Purwodadi menjadi pusat konservasi yang menyimpan keanekaragaman tanaman. Di tempat ini, kamu bisa menemukan koleksi palem, tanaman obat, hingga aneka bambu. 

Tempat ini juga ramah anak, lho. Terdapat area kolam renang untuk anak-anak, area berkemah, hingga outbond. Suasananya yang asri dengan udara sejuk ini cocok pula sebagai tempat olahraga.

Lokasi: Jalan Raya Surabaya - Malang No.KM. 65, Sembung Lor, Parerejo, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur

Baca Juga: Wisata Taman Herbal Insani: Info Rute, Lokasi, Harga, dan Tips  

5. Kebun Raya Bali

7 Wisata Kebun Raya di Indonesia, Liburan Aman di Tengah Pandemikinstagram.com/adiwrtm_17

Gak hanya pantai, kamu juga bisa mengunjungi Kebun Raya Bali. Kebun Raya Bali memiliki koleksi anggrek terbesar di Pulau Dewata, lho.

Selain itu, terdapat pula hutan tropis yang menakjubkan, sekaligus menjadi rumah bagi aneka begonia hingga tanaman langka.

Kamu bisa mengunjungi Treetop Adventure Park yang menjadi daya tariknya. Kebun Raya Bali juga memiliki rumah kaca hingga berbagai spot menarik khas Bali.

Lokasi: Jalan Kebun Raya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

6. Kebun Raya Samosir

7 Wisata Kebun Raya di Indonesia, Liburan Aman di Tengah Pandemikinstagram.com/andres.bonafarco

Kebun Raya Samosir memiliki keindahan tersendiri berupa pemandangan Danau Toba. Tempat ini memiliki aneka tanaman yang berhubungan dengan budaya Batak. Bahkan, terdapat tanaman khusus yang digunakan untuk pewarna kain ulos.

Kebun Raya Samosir juga menjadi penghasil buah dan kayu, serta tanaman hias pegunungan. Selain bisa menikmati keindahan alam, kamu juga bisa mempelajari banyak hal baru di tempat ini. 

Lokasi: Pailit, Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara

7. Kebun Raya Baturraden

7 Wisata Kebun Raya di Indonesia, Liburan Aman di Tengah Pandemikinstagram.com/fadillakhnisaa_

Kebun raya ini berada di kaki Gunung Slamet, sehingga suasananya asri dan menenangkan. Tempat ini menjadi taman rekreasi, pelestarian tanaman, sekaligus sarana pendidikan.

Selain memiliki aneka jenis flora yang menarik, Kebun Raya Baturraden juga memiliki beberapa fauna yang hidup secara bebas. Kamu bisa melihat ayam hutan, babi hutan, elang jawa, hingga kijang yang menggemaskan. 

Lokasi: Jalan Pancurantujuh - Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Dusun III Berubahan, Kemutung Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Itulah tujuh wisata kebun raya yang bisa pilihan liburanmu di tengah pandemik. Selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku dan jaga kebersihan tempat wisata, ya! 

Baca Juga: 7 Taman Berkonsep Labirin Paling Estetik di Indonesia, Awas Tersesat!

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya