Comscore Tracker

Wisata Nusa Penida Bali: Info Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Salah satu kepingan surga di Bali

Nusa Penida merupakan salah satu pulau eksotis di Bali. Ada tiga pulau Nusa yang populer, tetapi Nusa Penida merupakan pulau terbesar dari Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. 

Nusa Penida identik dengan wisata pantai yang cantik. Gak heran kalau Nusa Penida disebut salah satu 'kepingan surga' di Bali. Ada banyak spot menarik yang bisa kamu temukan di sana. 

Seakan jadi primadona baru wisata Bali, minat para wisatawan mengunjungi Nusa Penida tak pernah surut. Nah, buat kamu yang tertarik liburan ke tempat ini, simak dulu informasi wisata Nusa Penida berikut ini, ya.

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Wisata Nusa Penida Bali: Info Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsIlustrasi pantai di Nusa Penida (instagram.com/dansflavor)

Lokasi: Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. 

Jam operasional: 24 jam. 

Harga tiket: gratis. 

2. Rute menuju Nusa Penida

Wisata Nusa Penida Bali: Info Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsNusa Penida (instagram.com/liburanbali)

Rute yang paling banyak digunakan wisatawan adalah melalui Pelabuhan Sanur. Dari Sanur Beach Street Walk, kamu harus melewati Jalan Hang Tuah-Sanur Kaja. 

Sampai di Pelabuhan Sanur, kamu harus menyewa kapal cepat. Harganya pun bervariasi tergantung kapal yang digunakan. Harganya sekitar Rp85 ribu untuk anak-anak dan Rp100 ribu untuk dewasa. 

Kamu bisa membelinya di lokasi penyebrangan atau di agen perjalanan. Jadwal keberangkatan pun bervariasi, mulai dari pukul 07.30-17.30 WITA. 

3. Daya tarik Nusa Penida

Wisata Nusa Penida Bali: Info Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Kelingking, Nusa Penida (instagram.com/titaniaheap)

Nusa Penida terkenal dengan pantai-pantai berpasir putih. Selain itu, kamu akan menemukan pemandangan alam yang memukau. Mulai dari tebing-tebing tinggi hingga pemandangan bawah laut yang cantik. 

Salah satu pantai yang ikonik di Nusa Penida adalah Pantai Kelingking. Pantai ini memiliki tebing hijau seperti bentuk dinosaurus. Berpadu dengan air laut yang biru dan pasir putih yang menjadi pemandangan sempurna. 

Selain Pantai Kelingking, kamu juga bisa mengunjungi beberapa wisata yang populer di Nusa Penida. Mulai dari Broken Beach, Crystal Bay, Pantai Atuh, Angel Billabong, Bukit Teletubbies, Pura Dalem Ped, hingga Goa Giri Putri. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Nusa Lembongan Bali, Indah dan Wajib Kamu Kunjungi

4. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Wisata Nusa Penida Bali: Info Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsIlustrasi bermain ayunan di Nusa Penida (instagram.com/penidatime)

Selain menikmati pemandangan di Nusa Penida, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru lainnya. Aktivitas-aktivitas ini sering dilakukan wisatawan yang datang ke Nusa Penida. 

Kamu bisa berfoto di Rumah Pohon Molenteng. Ini merupakan penginapan yang hits di Nusa Penida. Penginapan ini memiliki latar belakang Raja Lima yang begitu indah. 

Selain itu, kamu bisa naik ayunan ekstrem di Pantai Atuh. Pemandangannya langsung menghadap laut dengan deburan ombak. Gak perlu khawatir, karena ayunan ini sudah dilengkapi pengaman. 

Kamu juga wajib berenang atau menyelam di beberapa pantai. Salah satunya di Angel Billabong. Ada ceruk dari batu karang yang membentuk kolam alami. Ini menjadi spot berenang para wisatawan. 

Kamu juga bisa mendaki Bukit Teletubbies yang diselimuti rumput hijau. Kamu bisa berfoto sekaligus menikmati suasana yang tenang di sana. 

Berkunjung ke pura juga bisa menjadi aktivitas yang seru. Kamu bisa mengenal budaya dan cara beribadah masyarakat Bali. Orang-orang di sana ramah, lho. 

5. Tips berkunjung ke Nusa Penida

Wisata Nusa Penida Bali: Info Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsNusa Penida (instagram.com/ourwanderlustory)

Supaya liburanmu di Nusa Penida Bali tetap seru dan nyaman, berikut beberapa tips berwisata yang bisa kamu lakukan.

  • Hindari datang di bulan Juni, karena ada arah angin dari Australia yang menerpa Bali, sehingga ombaknya sangat besar. 
  • Pastikan kondisi tubuh fit. 
  • Siapkan uang tunai.
  • Sewa pemandu wisata. 
  • Siapkan tiket kapal untuk penyebrangan.
  • Buat agenda perjalanan yang jelas supaya liburan bisa maksimal. 
  • Gunakan tas anti air.
  • Gunakan pakaian dan alasa kaki yang praktis, seperti celana dan sandal. 
  • Membawa tabir surya dan penutup kepala selama liburan di Nusa Penida. 

Itulah informasi wisata Nusa Penida, Bali. Liburanmu akan lebih menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman. Semoga bisa segera terealisasi, ya!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Nusa Penida yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya