Comscore Tracker

Wisata Pantai Ngobaran Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Perpaduan unik antara wisata alam dan budaya

Kawasan Gunung Kidul terkenal dengan keindahan wisata alamnya. Salah satunya Pantai Ngobaran yang disebut mirip dengan Tanah Lot di Bali.

Pantai Ngobaran menjadi pantai unik di Yogyakarta. Selain pesona alamnya yang indah, pantai ini memiliki bangunan yang menjadi wisata budaya dan sejarah.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati sisi lain Pantai Ngobaran yang bikin liburan semakin berkesan. Yuk, telusuri lebih dalam mengenai Pantai Ngobaran berikut ini! Berikut informasi wisata Pantai Ngobaran untuk bekal liburanmu.

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Wisata Pantai Ngobaran Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsIlustrasi Pantai Ngobaran, Yogyakarta (instagram.com/lestariuwie)

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. 

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp5.000 per orang

2. Rute menuju Pantai Ngobaran

Wisata Pantai Ngobaran Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsSuasana di Pantai Ngobaran, Yogyakarta (instagram.com/irfanbayuaji)

Rute paling mudah adalah dari pusat Kota Yogyakarta. Kamu akan menghabiskan waktu sekitar satu jam 40 menit. Dari pusat kota, arahkan kendaraan ke timur melewati Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9.

Setelah bertemu perempatan, arahkan kendaraan ke selatan melewati Jalan Brigjen Katamso. Kemudian lanjutkan perjalanan mengikuti jalan lurus hingga bertemu perempatan, arahkan kendaraan ke timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono.

Setelah bertemu pertigaan, ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus mengikuti jalan menuju Jalan Imogiri Barat hingga bertemu pertigaan ke arah timur, melewati Jalan Bakulan Imogiri.

Sesampainya di pertigaan, lanjutkan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk. Ikuti jalan melewati Jalan Siluk Panggang, hingga di pertigaan ke arah timur ke Jalan Raya Panggang Wonosari.

Ikuti terus jalan hingga bertemu di pertigaan ke arah selatan mengikuti jalan yang ada, lanjutkan mengikuti arah jalan hingga bertemu Pantai Ngobaran.

3. Daya tarik Pantai Ngobaran

Wisata Pantai Ngobaran Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsSalah satu daya tarik di Pantai Ngobaran (instagram.com/annaz_achmad)

Meskipun gak begitu luas, Pantai Ngobaran memiliki daya tarik yang unik. Daya tarik utamanya adalah bangunan pura dan patung-patung. Di beberapa sudut, kamu akan menemukan sesaji bekas ritual sembahyang kejawen. 

Bangunan tersebut berada di atas tebing. Sehingga disebut Tanah Lot ala Yogyakarta. Kamu bisa menikmati suasana pantai secara leluasa, sekaligus berfoto di dekat arca. 

Bagi yang tertarik dengan budaya setempat, kamu bisa datang saat menjelang Hari Raya Nyepi. Biasanya ada upacara Melasti.

Sedangkan, ritual kejawen diselenggarakan setiap Selasa dan Jumat. Jika kamu berkunjung untuk pada waktu tersebut, jangan lupa tetap menghormati orang-orang yang sedang beribadah. 

Saat turun ke bawah tebing, kamu bisa merasakan lembutnya pasir pantai yang bersih. Selain itu, ada hamparan alga yang menempel di karang besar. Kamu juga bisa menemukan hewan-hewan laut di sela karang. 

Pantai Ngobaran dikelilingi tebing, dilengkapi dengan deburan ombak yang kencang. Hal itu menghasilkan pemandangan yang luar biasa. Suasana Pantai Ngobaran benar-benar bikin liburan semakin berkesan. 

Baca Juga: [QUIZ] Bias NCT Dream-mu Menentukan Aktivitas Pantai Favoritmu!

4. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Wisata Pantai Ngobaran Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsIlustrasi menikmati suasana Pantai Ngobaran, Yogyakarta (instagram.com/saskiaagst)

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Ngobaran. Bermain air dan pasir jadi hal yang menyenangkan di pantai ini. Bisa jadi momen relaksasi sambil menikmati suasana di sekitar pantai. 

Selain itu, kamu bisa berburu foto-foto keren. Terdapat berbagai spot foto yang disediakan di Pantai Ngobaran. Kamu juga bisa memanfaatkan setiap sudut pantai untuk mendapatkan foto terbaik. Pesona alamnya bak lukisan yang indah. 

Kamu juga bisa wisata budaya dengan mengunjungi bangunan pura. Pura tersebut menyimpan sejarah mengenai kerajaan Majapahit. Selain bisa menyaksikan ritual yang diselenggarakan pada hari-hari tertentu, kamu juga bisa berfoto di depan pura yang unik.

Menjelang malam hari, jangan lupa abadikan momen sunset dengan berfoto siluet. Bagi pencinta sunset, pemandangan langit sorenya sangat cantik. Memberikan kesan eksotis bagi wisatawan yang mengunjungi Pantai Ngobaran. Gak heran kalau banyak wisatawan yang ingin berburu sunset di sana. 

5. Tips berkunjung ke Pantai Ngobaran

Wisata Pantai Ngobaran Yogyakarta: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsIlustrasi Pantai Ngobaran, Yogyakarta (instagram.com/lestariuwie)

Supaya liburanmu di Pantai Ngobaran tetap seru dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  • Gunakan motor atau mobil kecil, karena akses jalan ke Pantai Ngobaran cukup sempit.
  • Jika kesulitan mencari lokasinya, jangan sungkan bertanya ke penduduk sekitar supaya gak tersesat. 
  • Nikmati suasana pantai dan bawa kamera terbaikmu untuk mengabadikan alam di sekitar pantai. 
  • Bawa uang tunai jika ingin berfoto di spot-spot yang disediakan. 
  • Hindari datang saat siang hari untuk menghindari panas yang menyengat.
  • Datanglah saat sore hari di hari kerja supaya gak padat pengunjung. 

Pantai Ngobaran menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika kamu ke Yogyakarta. Liburanmu jadi seru banget, deh!

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Info Wisata Pantai Ngrawe Yogyakarta: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya