Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Blitar Wajib Masuk dalam Itinerary, Indah dan Seru!

Kota kecil yang terkenal #IDNTimesTravel

"Blitar kutho cilik sing kawentar" sepenggal lirik lagu berjudul Blitar Kawentar yang berarti "Kota kecil yang terkenal". Ya, meskipun kecil, nyatanya Blitar tak jarang menjadi tujuan bagi para wisatawan dari seluruh nusantara maupun dunia.

Para wisatawan tersebut memiliki berbagai alasan tersendiri untuk menjadikan Jawa Timur, khususnya Blitar, sebagai tujuan liburan mereka. Nah, kamu juga bisa memasukkan Blitar ke dalam jadwal liburanmu karena berbagai alasan berikut.

1. Tempat dimakamkannya Presiden pertama RI

5 Alasan Mengapa Blitar Wajib Masuk dalam Itinerary, Indah dan Seru!potret Makam Bung Karno (instagram.com/blitarasyik)

Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno atau yang akrab di sapa Bung Karno, dimakamkan di Blitar tepat di samping makam Ibunya setelah adanya perintah dari Presiden Soeharto kala itu yang beranggapan bahwa Soekarno memiliki kedekatan dengan Ibunya semasa hidup.

Kini, setiap harinya, Makam Bung Karno selalu dikunjungi peziarah dari berbagai penjuru nusantara, apalagi jika musim pemilu datang, makam tersebut dipastikan ramai dengan peziarah atau khususnya politisi yang akan mencalonkan diri dalam pemilu.

2. Penuh dengan sejarah

5 Alasan Mengapa Blitar Wajib Masuk dalam Itinerary, Indah dan Seru!potret Candi Penataran (instagram.com/jelajahblitar)

Blitar dikenal sebagai daerah yang penuh akan sejarahnya, berbagai situs masa klasik hingga sejarah nasional ada di Blitar. Berbagai bangunan bersejarah tersebut juga memiliki latar belakang tersendiri yang membuat kita lebih penasaran untuk mengunjunginya.

Salah satu tempat bersejarah yang terkenal di Blitar adalah Candi Penataran, yang terletak di Kecamatan Nglegok, sebelah utara Kota Blitar. Memiliki nama asli Candi Palah, situs ini diperkirakan sudah dibangung sejak tahun 1200 M oleh Raja Srengga, dari Kerajaan Kadiri.

Baca Juga: 9 Aneka Olahan Tempe dari Jawa Timur, Bisa untuk Kudapan atau Lauk!

3. Banyak tempat wisata edukasi

5 Alasan Mengapa Blitar Wajib Masuk dalam Itinerary, Indah dan Seru!potret Kampung Coklat (instagram.com/shareblitar)

Selain memiliki berbagai macam destinasi wisata sejarah, Blitar juga memiliki berbagai tempat wisata edukasi yang cukup terkenal di kalangan anak-anak muda karena memiliki berbagai spot foto yang Instagramable, seperti Kampung Coklat, Kebun Kopi Karanganyar, Blitar Green Park, dan masih banyak lagi.

Salah satunya contohnya ialah Kampung Coklat. Selain dijadikan tujuan untuk berburu foto, kamu juga bisa belajar banyak macam informasi tentang coklat, mulai dari pembibitannya, pengolahan, hingga siap untuk dinikmati dalam berbagai macam produk yang ada. Bisa dibilang kalau Kampung Coklat merupakan surga bagi para pecinta coklat.

4. Keindahan alamnya luar biasa

5 Alasan Mengapa Blitar Wajib Masuk dalam Itinerary, Indah dan Seru!potret Pantai Peh Pulo (instagram.com/hendrik_ograd)

Blitar juga terkenal akan panorama alamnya yang luar biasa, terletak di sisi selatan Pulau Jawa, Blitar berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang membuatnya memiliki berbagai Pantai yang cukup cantik dan keren.

Beberapa pantai terkenal di Blitar adalah Pantai Jolosutro, Pantai Pangi, Pantai Tambakrejo, Pantai Serang, serta Pantai Peh Pulo yang terletak di Kecamatan Panggungrejo serta dikenal sebagai Raja Ampatnya Blitar, karena pulau-pulau kecil yang dimilikinya.

5. Berbagai macam destinasi kuliner

5 Alasan Mengapa Blitar Wajib Masuk dalam Itinerary, Indah dan Seru!Soto Daging Bok Ireng Blitar (instagram.com/anfibarokah)

Selain berbagai tempat wisata yang terkenal, Blitar juga merupakan surga bagi para pecinta kuliner. Ada beberapa menu kuliner khas Blitar yang terkenal akan rasanya yang nikmat, seperti Sambal Pecel khas Blitar, Soto Daging khas Blitar, dan Es Pleret yang menjadi minuman penutup andalan.

Selain nikmat, berbagai makanan serta minuman tersebut juga memiliki harga murah dan tidak akan membuatmu merogoh kocek yang begitu dalam. Rata-rata berbagai aneka menu kuliner tersebut dihargai Rp5.000 - Rp15.000 saja per porsinya.

Lima alasan tersebut cukup menguatkan kamu memasukkan Blitar ke daftar Itinerary-mu. Setelah Pandemi berakhir, jangan sungkan-sungkan untuk berkunjung ke Blitar, ya!

Baca Juga: 7 Aneka Kuliner Lontong Khas Jawa Timur, Dijamin Uenak Pol!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya