Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata di Kota Bonn, Jerman yang Sayang Dilewatkan

Ada musuem yang didedikasikan untuk sejarah Jerman juga

Bonn dikenal sebagai ibu kota dari Jerman Barat sampai tahun 1990. Itu sebabnya, kota ini menjadi saksi sejarah Jerman dan juga menjadi salah satu kota penting di negara tersebut.

Soal pariwisata, kota ini juga punya beberapa tempat menarik yang bisa jadi destinasi liburanmu ketika berlibur di Jerman. Kira-kira apa saja destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi kala berada di Bonn? Berikut lima di antaranya.

1. Haus der Geschichte

5 Destinasi Wisata di Kota Bonn, Jerman yang Sayang DilewatkanHaus der Geschichte (instagram.com/geschichtswettbewerb)

Haus der Geschichte merupakan museum yang didedikasikan untuk sejarah Jerman, mulai dari era akhir Perang Dunia hingga saat ini. Kamu akan dibawa kembali ke tahun 1950-an dengan menonton sebuah film pada sebuah bioskop tua.

Selain itu, ada juga koleksi mobil Mercedes tua yang muncul saat era peperangan. Tak ketinggalan, Haus der Geschichte memiliki museum bawah tanah yang dibuat setelah ditemukannya reruntuhan bengkel Romawi dari abad ke-2, pada saat penggalian pada awal pembangunan museum ini.

2. Bonn Minster

5 Destinasi Wisata di Kota Bonn, Jerman yang Sayang DilewatkanBonn Minster (instagram.com/luv2.travel2)

Dibangun pada abad ke-11, Bonn Minster menjadi salah satu gereja tertua di negara ini. Gereja yang megah ini dibangun di atas bekas reruntuhan kuil yang berasal dari zaman Romawi. Arsitekturnya yang menawan membuat siapa pun akan berdecak kagum ketika melihatnya.

Namun, beberapa bagian dari Gereja ini rusak dan hanya sedikit yang direnovasi. Lima menara yang berdiri kokoh dan jendela melengkung setengah lingkaran menjadi ciri khas Romawi begitu melekat pada Bonn Minster. Interiornya sendiri memiliki gaya gotik dan sedikit sentuhan barok.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Magdeburg, Jerman yang Bikin Liburan Jadi Nyaman

3. Altes Rathaus

5 Destinasi Wisata di Kota Bonn, Jerman yang Sayang DilewatkanAltes Rathaus (instagram.com/lukaspohlmeyer)

Berlokasi di alun-alun utama Kota Bonn, Altes Rathaus adalah balai kota abad ke-18 yang hingga kini masih tetap digunakan sebagaimana fungsinya. Balai kota kini telah menjadi landmark yang paling utama dari Kota Bonn untuk menarik para wisatawan.

Tak seperti kebanyakan balai kota di Jerman yang mengusung tema rumit dan sangat megah, Altes Rathaus justru punya tampilan yang sangat sederhana. Dengan jendela di atap dan arsitektur rococo-nya, Altes Rathaus adalah bangunan bersejarah yang wajib dikunjungi.

4. Poppelsdorf Palace

5 Destinasi Wisata di Kota Bonn, Jerman yang Sayang DilewatkanPoppelsdorf Palace (instagram.com/18thcentury_life)

Poppelsdorf Palace kini telah menjadi bagian dari Universitas Bonn. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1715 di atas tanah bekas Kastil Poppelsdorf yang hancur akibat perang pada abad ke-16. Poppelsdorf Palace adalah salah satu peninggalan arsitektur Barok paling penting di Jerman, lho.

Fasad depan istana ini mengambil desain klasik ala Prancis. Jangan lupa juga untuk masuk ke dalamnya, di mana bagian tengah ruangan ini memiliki gaya Italia dengan denah yang melingkar.

5. Botanical Garden

5 Destinasi Wisata di Kota Bonn, Jerman yang Sayang DilewatkanBotanical Garden (instagram.com/flashaux)

Sama seperti kebanyakan kebun raya di Eropa, Kebun Raya Bonn atau Botanical Garden ini juga merupakan tempat observasi perguruan tinggi paling terkenal di kota tersebut, apalagi kalau bukan Universitas Bonn. Sekitar delapan ribu spesies tanaman kini menjadi pemandangan kebun raya saat ini, lho.

Tak hanya sampai di situ, Kebun Raya Bonn memiliki lima rumah kaca besar yang berisi tanaman pakis subtropis, spesies hutan hujan, tanaman Mediterania, hingga aneka kaktus. Botanical Garden bisa jadi destinasi edukasi yang menarik di Bonn, deh.

Lima wisata tersebut bisa jadi referensi kamu ketika berlibur ke Jerman, terutama di Kota Bonn suatu hari nanti. Jadi gak perlu bingung mau ke mana lagi, deh!

Baca Juga: 5 Biara Terindah di Jerman, Arsitekturnya Bikin Mata Terkesima

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya