Comscore Tracker

5 Objek Wisata di Varaždin-Kroasia, Buatmu Serasa Balik ke Masa Lalu

Gak boleh kelewatan kalau lagi di Kroasia

Kroasia mungkin bukan salah satu negara favorit tujuan wisatawan yang sedang berlibur di Eropa. Padahal negara ini punya banyak objek wisata seru dan menarik yang tersebar di setiap penjuru kotanya.

Salah satu kota yang layak dikunjungi di negara ini adalah Varaždin. Kota yang terletak di sebelah utara ibu kota Zagreb ini punya banyak objek wisata yang lekat dengan sejarah masa lalu. Apa saja? Berikut informasinya.

1. Stari Grad

5 Objek Wisata di Varaždin-Kroasia, Buatmu Serasa Balik ke Masa LaluStari Grad (instagram.com/the_nessielands)

Stari Gard adalah monumen budaya terpenting yang menjadi ikon dari kota Varaždin. Benteng bergaya Gotik Renaisans ini berasal dari abad ke-14, di mana sepanjang berdirinya sudah beberapa kali mengalami renovasi besar yang membuatnya mampu bertahan hingga sekarang.

Di dalamnya terdapat sebuah museum yang mengoleksi beberapa barang antik serta seni yang juga berasal dari peninggalan keluarga bangsawan Varaždin. Museum ini juga menampilkan beberapa senjata macam meriam yang dahulunya digunakan sebagai alat pertahanan.

2. Main Square

5 Objek Wisata di Varaždin-Kroasia, Buatmu Serasa Balik ke Masa LaluMain Square (instagram.com/dreamer4787)

Berkunjung ke alun-alun utama kota Varaždin adalah hal yang sangat menyenangkan. Kawasan yang sepenuhnya diperuntukkan untuk pejalan kaki ini memiliki banyak bangunan dan beberapa gereja bergaya Barok. Semuanya bisa dinikmati secara gratis.

Apalagi, di setiap sudut alun-alun berjajar banyak kafe-kafe dan restoran kecil yang menyediakan kopi serta beberapa makanan ringan. Itu tentunya bisa menemanimu menikmati keindahan alun-alun yang populer dengan menara jamnya ini.

3. Grgur Ninski Statue

5 Objek Wisata di Varaždin-Kroasia, Buatmu Serasa Balik ke Masa LaluGrgur Ninski Statue (instagram.com/markocone10)

Monumen yang dibangun untuk Grgur Ninski di pusat kota Varaždin mungkin bisa jadi alternatif destinasi wisatamu di kota ini. Monumen dengan tinggi sekitar 5 meter ini mungkin tak terlalu besar, namun monumen ini sangat dihormati oleh masyarakat sekitar.

Grgur Ninski sendiri merupakan seorang uskup yang memberikan kontribusi besar terhadap banyak urusan gereja di Kroasia. Ia juga menjadi tokoh penting di balik penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa Kroasia.

Baca Juga: 5 Wisata Sejarah di Rijeka-Kroasia, Bikin Liburanmu Tak Terlupakan

4. Cimitero Cittadino

5 Objek Wisata di Varaždin-Kroasia, Buatmu Serasa Balik ke Masa LaluCimitero Cittadino (instagram.com/valentinafabijancic)

Terletak tak terlalu jauh dari benteng Varaždin atau Stari Grad, Cimitero Cittadino yang merupakan sebuah pemakaman ini bisa dikatakan sangat populer di Kroasia. Hal itu karena beberapa batu nisan dilengkapi dengan prasasti ataupun gambar tertentu yang membuat tampilannya menarik.

Prasasti-prasasti yang ada di pemakaman tersebut dirancang oleh seorang arsitek asal Austria bernama Hermann Helmer pada 1905. Setiap harinya, pemakaman ini selalu ramai dengan peziarah yang datang.

5. Varaždin Cathedral

5 Objek Wisata di Varaždin-Kroasia, Buatmu Serasa Balik ke Masa LaluVaraždin Cathedral (instagram.com/croatiaweek)

Katedral Varaždin dibangun pertama kali pada 1642 dengan gaya Barok khas abad pertengahan. 34 tahun setelahnya, dibangun menara lonceng yang menjadikan katedral ini terlihat gagah seperti sekarang.

Katedral ini memiliki sejarah yang panjang dalam penggunaannya. Termasuk pernah dijadikan gudang senjata untuk keperluan militer pada 1788. Tak sedikit wisatawan yang datang untuk melihat kemegahannya karena memiliki arsitektur menawan.

Bangunan-bangunan bersejarah mendominasi wisata di Varaždin. Meskipun tak terlalu terkenal seperti kota-kota besar lainnya di Kroasia macam Zagreb, namun kota ini layak untuk jadi daftar tujuanmu ketika berada di negara tersebut. Siap bikin kamu seolah sedang traveling ke masa lalu, lho!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya